6 Siklus Batuan di Bumi dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Gambar Siklus Batuan

IndonesiaStudents.Com– Siklus batuan merupakan salah satu bahasan penting dalam lapisan listosfer. Siklus ini sebagai syarat utama di dalam pembentukan batuan yang berpengaruh besar dalam keadaan di dalam kerak bumi. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai siklus batuan di bumi dan penjelasannya.

Siklus Batuan Litosfer

Pembentukan batuan pada litosfer sangat banyak dipengaruhi proses di dalam dan permukaan Bumi sehingga mengakibatkan perbedaan jenis-jenis batuan yang ada. Batuan mempunyai karakteristik sesuai jenis dan proses pembentukannya serta dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang kehidupan yang dialami oleh manusia.

Siklus Batuan

Pengertian siklus batuan adalah penggambaran mengenai proses pembentukan batuan yang berlangsung secara kontinu (terus menerus) dari waktu ke waktu, siklus ini membentuk komponen-komponen yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya. Secara umum siklus batuan memiliki tahapan yang sangat penting untuk dilakukan kajian.

Tahapan Siklus Batuan

Adapun tahapan yang ada di di dalam siklus Batuan ini sendiri, antara lain adalah sebagai berikut;

Magma

Tahapan pertama dalam pembentukan siklus batuan adalah berupa magma, magma sendiri bisa di definisikan sebagai material cair yang sangat panas. Matrial ini berada di dalam kerak bumi, dan terus menerus menjadi sumber yang mampu membetuk batuan-batuan serta komponenannya secara kuat.

Proses Pendinginan Magma

Tahapan silus batuan yang kedua dimulai daripendingainan pada magma, pendinginan ini sendiri prosesnya berada di permukaan Bumi atau dalam saluran intrusi membentuk batuan beku, batuan beku yang kita kenal dan temukan di planet bumi ini dilalui pada tahapan proses pendinginan magma.

Proses Penghancuran dan Pengangkutan Bantuan Beku

Siklus batuan yang kedua dilakukan pada proses terjadinya penghacuran dan pengangkutan batuan beku yang ada di dalam bumi, proses ini tidak mengubah susunan kimiawi batuan asal (batuan beku), akan tetapi pada proses ini menyebabkan pembentukan batuan sedimen klastis.

Batuan Sedimen Akibat Proses Organis

Struktur susunan batuan selanjutnya adalah terbentuknya batuan sediman yang terjadi akbiat proses organis, proses ini mampu membentuk batuan sedimen organis yang terjadi setelah pembentukan pada batuan sedimen klatis.

Pengaruh Suhu Yang Tinggi

Pada tahapan sikuls batuan selanjutnya,  setelah terbentuk batuan sedimen organis maka karena pengaruh shu yang tinggi dan memiliki sifat yang panas, pada pada akhirnya proses ini akan membentuk batuan metamorf, bantuan metamorf pada dasarnya menjadi bagian ke 5 dari suklus batuan yang terbentuk.

Batuan yang Bersinggungan Menjadi Magma

Siklus batuan yang terjadi pada planet bumi, pada tahap akhirnya akan  kembali lagi menjadi magma, magma yang sifatnya panas akan mengalami perubahan bentuknya setelah terjadi menjadi batuan kembali, siklus ini di gambarkan sebagai siklus batuan yang akhirnya dari magma menjadi magma kembali.

Artikel Terkiat;

  1. 16 Jenis Batuan dan Pemanfaatan Serta Contohnya
  2. Teori Pembentukan Bumi Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Bumi, Struktur, dan Lapisannya

Demikianlah tulisan dan penjelasan mengenai siklus batuan di bumi dan penjelasannya, semoga dengan adanya tulisan ini sendiri bisa menjadi bahan literasi dan wawasan yang mendalam kepada setiap pembaca yang sedang mendalami materi tentang “Siklus Batuan”. Trimakasih,

6 Siklus Batuan di Bumi dan Penjelasannya Lengkap
3.7 (73.33%) 6 votes