7+ Cara Menghitung Persen dan Contohnya Lengkap

Posted on

Cara dan Contoh Menghitung Persen

Cara Menghitung Persen

indonesiastudents.com– Saat mata pelajaran matematika, hal yang paling di takuti oleh kebanyakan orang adalah saat menghitung, sehingga banyak sekali orang yang takut untuk mempelajari matematika. Karena dalam pikiran orang matematika merupakan suatu mata pelajaran yang sulit. Namun sebenarnya belajar matematika merupkan bukan suatu hal mata pelajaran yang sulit dipelajari apabila memang telah mengetahui konsepnya. Sehingga dalam hal ini mempelajari matematika merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan.

Namun dalam halini banyak orang yang masih juga kesulitan untuk menghitung sebuah presentasi. Padahal persen ini sudah di pelajari dari SD. Namun dalam hal ini banyak sekali orang yang masih kesulitan untuk mempelajarinya. Hal yang paling sering ditemukan adalah dalam menghitung diskon harga. Pada saat itu kita dapat mengetahui kemampuan matematika seseorang. Dalam menghitung diskon persen seringkali menemuka sebuah kesulitan.

Tips Menghitung Persen Diskon

Ada beberapa tips agar mudah dalam menghitung sebuah persen diantaranya adalah sebagai berikut:

Diskon yang didapat sebesar: 70%

Harga barang tersebut adalah : Rp,400.000

Penyelesaian :

70/100 x RP,400.000 = 280.000

2.400.000 – 280.000 = 120.000

Jadi, potongan harga yang akan diperoleh yaitu sebesar 200.000.

Maka dari cara tersebut dapat diketahui bahwa persen tersebut adalah selalu di bagi dengan 100. Jadi 70/100=0,7. Angka 1 ini adalah variabel dari yang akan dikalikan. Sedangkan pada cara yang kedua ini merupakan 400.000. sehingga perhitung annya menjadi 1- 0,7, 0,3 dari 400.000.

Contoh Menghitung Persen

Ada beberapa contoh lagi agar dapat menghitung persen dengan cepat dan mudah:

Misalkan: harga : Rp, 5.000.000 dan mengalami kenaikan sebesar 20%, maka cara menghitungnya adalah 1 + 0,2 x 5.000.000 = 6.240.000

Jadi hasil yang di peroleh untuk kenaikan harganya tersebut adalah sebesar 6.240.000.

Perlu diketahui bahwa cara menghitung persen adalah sebuah cara yang cukup mudah. Dalam hal ini menghitung persen atau biasa juga disebut dengan presentase dalam hal ini sebenarnya sangat mudah untuk menhitung persen tersebut.  Namun masih banyak saat ini orang yang masih bingung dalam menghitung persen tersebut, dalam hal ini baik anak sekolahan maupun masyarakat juga masih banyak yang kebingungan bagaimana menghitung persen tersebut. Walaupun pada era yang modern ini sudah banyak kalkulator.

Namun sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dengan mudah menghitung persen tanpa menggunakan alat bantu. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa dalam menghitung persen itu sendiri memiliki berbagai macam variasi dalam perhitungan, diantaranya adalah: dalam mencari sebuah diskon sebuah barang, atau dapat juga dengan cara mengetahui sebuah barang yang asli tersebut. Dalam hal ini ada beberapa contoh  soal agar dapat menghitung persen dengan mudah diantaranya yaitu:

Dalam menyelesaiakan soal persen adalah:

  1. Hal yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu berapa nilai yang akan dihitung dalam bentuk persen (%), misalkan angka 50%
  2. Kemudian ubah 50% tersebut menjadi 50/100 .
  3. Untuk yang selanjutnya, 50/100 ini dapat di alihkan dengan menjumlahkan dengan angka yang diinginkan, misalkan 50% dari 9000 sama dengan 9000/2=4500

Namun ternyata dalam hal ini ada sebuah masalah yang apabila nilainya terlampaui besar, misal angkanya sampai ratusan ribu, pasti hasilnya akan jutaan, maka hal ini lah yang akan membuat bingung apabila belum menemukan sebuah anggka yang tepat.

Cara cepat dalam menghitung Diskon dalam presentase

Setiap akhir tahun pasti banyak sekali mall yang menyediakan sebuah diskon besar-besaran disana, untuk menarik pelanggan. Sehingga dalam hal ini banyak diskon pakaian dan lain sebagainya. Seorang yang membeli baju dengan harga 250.000 mendapat diskon sebesar 10%. Berapakan jumlah diskon yang telah diberikan tersebut?

Diketahui : harga baju= 250.000

                      Diskon =10%

Ditanya: jumlah diskon yang diberikan?

Jawab: 250.000*10/100= 2.2500.000/100=25.000

Perlu diketahui bersama bahwa bentuk persen tersebut ada dalam ilmu matematika. Mata pelajaran matematika mempelajari berbagai macam operasi hitung. Sehinga operasi hitung dalam bentuk persen ini terdiri atas beberapa metode yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam proses perhitungan. Agar menghitung persen jauh lebih mudah dapat menghitung persen dengan menggunakan rumus diantaranya adalah sebagai berikut:

Rumus Menghitung Persen


Presentase (%) = (bagian/seluruh)*100

Dengan adanya rumus tersebut, maka menghitung persen akan jauh lebih mudah. Dalam hal ini kalian dapat mengubah bentuk persen menjadi pecahan atau pecahan dengan persen, atau dapat mengubah dari bentuk desimal menjadi pecahan, mengubahan bentuk pecahan campuran, dan bentuk-bentuk yang lainnya yang dapat diubh menjadi bentuk persen.

Sehingga jika akan menghitung pecahan yang akan menjadi presentase. Maka yang harus dilakukan adalah mengubah bentuk rasio atau pecahan dengan angka 100. Dalam hal ini maka akan menghasilkan dalam bentuk presentase. Dan rumus yang digunakan juga sama yaitu dengan menggunkan rumus Presentase (%) = (bagian/seluruh)*100.

Contoh soal misalnya adalah 40% dari 400 = 40/ 100×400= 160

Dalam hal ini ada beberapa contoh soal dalam menghitung persen diantaranya adalah:

  1. Sebuah gelas besar berisikan air 400 ml. Kemudian ditambahkan lagi air sebanyak 40ml. Berapakan presentase kenaikan volume setelah ditambahkan oleh air?

Jawab:

Diketahui :

A1= 400 ml

A2= 40ml

Ditanya : berapakan presentase volume air tersebut?

(40ml/400ml)x100% = 10%

Jadi presentase volume air adalah 10%.

  1. Rina membeli pakaian di sebuah Mall.Rina membeli baju seharga 80.000. rina mendapatkan diskon seharga 10%. Berapakan rina harus membayar bajunya tersebut?

Jawab :

Diketahui bahwa harga baju : Rp. 80.000

Diskon                                            :10%

Penyelesaian 1:

(10/100)x80.000=8000

Sehingga, uang yang harus dibayarkan rina untuk membeli bajunya adalah sebesar 80.000-8000= Rp.72.000

Telah diketahui bahwa rumus matematika ini telah dapat kita temukan pada saat sekolah SD dan SMP. Dalam hal ini seorang biasanya dalam menghitung persent ini apabila akan menghitung sebuah keuntungan sebuah penjualan ataupun nilai diskon dari sebuah pembelian barang. Sehingga dalam hal ini dapat diketahui bahwa nilai persen ini merupakan sebuah nilai rasio atau perbandingan dalam bentuk angka yang dinyatakan dalam bentuk pecahan baik itu puluhan ataupun ratusan.

Rumus matematika ini disimbolkan dalam bentuk %, sehingganya dalam hal ini rumus presentasi ini sering muncul di sekolah SD maupun sekolah SMP, namun biasanya juga akan keluar pada saat tes penerimaan pegawai. Maka dari itu untuk seorang yang memang belum begitu terlalu paham akan persen dapat mempelajarinya agar dalam proses penerimaan pegawai itu kalian dapat diterima di dalam sebuah pekerjaan tersebut. Dalam hal ini akan mempermudah seorang tersebut.

Ada beberapa cara menghitung persen dalam hal ini seorang yang menghitung diskon barang secara cepat dengan manual diantaranya adalah:

Perlu diketahui bahwa seseorang yang menghitung diskon cera cepat memang butuh latihan. Namun hal yang terpenting adalah saat berbelanja jangan berfikir cepat maka tidak perlu memerhatikan sesuatu hal yang detail. Namun dalam hal ini pembulatan diskon biasanya hanya mencapai sampai dengan 5%. Karena barang yang akan dibelinya tersebut biasanya tidak begitu terlalu signifikan. Sehingga dalam hal ini mengetahui bagaimana cara menghitung persen dengan cepat dan baik ini memang sangat diperlukan dan memang suatu hal yang sangat penting.

Ada beberapa contoh soal lagi yang dapat kamu ketahui tentang bagaimana cara menyelesaikan persen dengan cepat:

Seorang pengangguran mulai membuka sebuah usaha, dalam hal ini seorang tersebut dapat membuka usaha sebagai berikut:

 Seseorang sedang melihat sebuah buku yang telah di inginkannya sejak lama. Buku tersebut sangat diinginkan oleh seseorang tersebut sejak lama. Ternyata buku tersebut adalah sebuah buku yang ditulis oleh saudaranya sejak lama,  buku tersebut membahas mengenai cara cepat menghitung sebuah presentasi.maka buku tersebut dibeli oleh seseorang tersebut dan mendapatkan diskon sebesar 25%, hitunglah berapa potongan yang akan didapatakan oleh seseorang tersebut.

Jawab :

25%= 25/100

Dalam 25/100 ini di jumlahlahkan dengan harganya yaitu sebesar 8.000 maka akan menjadi 25/100×8.000= 200.000/100= 2.000

Jadi potongan yang didapatkan oleh seseorang tersebut adalah sebesar 2.000 rupiah.

Banyak sekali telah kita temukan cara yang mudah untuk menghitung persen dengan mudah, sehingga angka tersebut menjadi sebuah angka pecahan.

Demikianlah tulisan mengenai Cara Menghitung Persen dan Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya tulisan inilah dapat membantu para pembaca yang saat ini sedang mencari informasi atau tips di dalam menghitung persen. Trimakasih.

7+ Cara Menghitung Persen dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote