7 Contoh Abstrak Skripsi Kesehatan/Pendidikan/Bahasa/Hukum Lengkap

Posted on

Contoh abstrak skripsi

Contoh abstrak skripsi menjadi salah satu pembahasan yang sangat penting dilakukan. Bahasan ini tak luput dari banyaknya mahasiswa yang ingin lulus menjadi sarjana selalu di wajibkan membuat skripsi. Skripsi sampai saat ini menjadi prasyarat wajib untuk masyoritas kampus di Indonesia, oleh karena itulah pada tulisan ini akan membagikan beberapa contoh-contoh abstrak skripsi.

Abstrak Skripsi

Pengertian abtrak adalah gambaran mayoritas dari isi serta hasil penelitian yang dilakukan pada skripsi. Abtrak dibuat sebelum penelitian dilakukan setelah itu untuk menyempurnakannya abtrak direvisi lagi setelah skripsi jadi.
Dalam pembuatan abstrak skripsi baik menggunakan penelitian kualitatif ataupun menggunakan penelitian kuantitatif tak luput dari kesalahan dan kekuarangan yang di dapatkannya. Kesalahan itu wajar mengingkat tata cara penulis karya ilmiah setiap orang berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Penulisan abstrak skripsi yang baik ialah tidak lebih daripada 1 halaman, dengan menyertakan keyword utama yang juga tidak boleh lebih dari 3 kata. Kata kunci atau keyword ini berhubungan erat dengan intisari pembahasan yang dimunculkan, misalnya saja mengenai pokok-pokok bahasan serta pokok materi yang disampaikan.

Pada saat ini semua skripsi mempergunakan abstrak, hal ini lantaran berupaya mendorong kemampuan seseorang untuk menjadi pedoman dalam skripsi yang dibuatnya. Gambaran beberapa contoh yang ada di dalam abstrak skripsi ini akan mempermudah pembaca mengetahui serta memahami lebih dalam terhadap abstrak skripsi, baik pembaca yang berasal dari jurusan teknik, kesehatan, pendidikan, bahasa, manajemen, akuntansi, sosial, hukum, atau jurusan perkuliahan lainnya.

Artikel Terkait;

  1. Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Terbaik (Skripsi+Makalah+Esai)
  2. Contoh Daftar Isi Karya Tulis Ilmiah Yang Baik (Skrispi+Esai+Makalah)
  3. 12 Cara Penulisan Daftar Pustaka Beserta Contohnya

Contoh Abstrak Skripsi

Contoh abstrak skripsi yang ada di dalam tulisan ini bisa menjadi podoman dasar bagimana memahami abstrak skripsi yang baik, contoh-contoh ini juga bisa dilakukan penjabaran lagi, dari pembukaan sampai akhiran kata kunci di dalam pembuatan abstrak skripsi. Berikut beberapa pilihan abtstrak terbaik dari skripsi.

Contoh Abstrak Skripsi Teknik

Contoh pertama adalah contoh mengenai abstrak skripsi jurusan teknik, jurusan teknik ini lebih spesifik pada jurusan teknik sipil yang biasanya judul-judul dengan sajian berupa bentuk bangunan, seperti pembentukan jembatan, gedung, dan lain sebagainya.

Abstrak

Beton sebagai bahan dasar dalam pembuatan gedung bertingkat dan juga perkuatan pada struktur gedung. Selain itu bahan penyusun beton yang mudah didapatkan yaitu semen, agregat halus dan kasar yang terjadi di air.

Tetapi penggunaan semen sudah menimbulkan masalah karena adanya gas karbon dioksida yang dilepaskan ke udara saat produksi semen. Hal ini menyebabkan pemanasan global. Untuk menguranginya maka dibuatlah agregat atau geopolimer yang dapat menggurangi bahaya kesehatan serta mengurangi keramaan lingkungan.

Kata Kunci: abu serabut kelapa, beton

Contoh Abstrak Skripsi Pendidikan

Contoh yang akan disajikan ke-2, ialah contoh dalam pembuatan abtrak skripsi pendidikan. Contoh ini begitu penting mengingat jurusan pendidikan pada saat ini banyak tersedia di seluruh kampus negri dan swasta di Indonesia, baik untuk jurusan pendidikan IPS ataupun jurudan pendidikan IPA, misalnya saja pendidikan fisika, pendidikan kimia, ataupun yang lainnya.

Abstrak

Pendidikan adalah faktor terpenting dalam pembangunan berkelanjutan suatu negara. Mengingat pendidikan juga menjadi sebuah unsur penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan itu, pendidikan menjadi salah satu fokus utama pembangunan suatu bangsa.

Sedangkan, Indonesia dengan keadaan alamnya yang beragam dan pembangunan yang terpusat di beberapa tempat membuat kesenjangan pendidikan menjadi keniscayaan yang terjadi saat ini. Alam yang beragam bentuknya menjadikan pendidikan di daerah-daerah yang kurang aksesibel terhadap kemajuan yang dalam penelitian ini kami pusatkan pada Daerah 3t (terdepan, tertinggal, terluar) yang mana tentunya memiliki keterbatasan akses, sumber daya manusia yang berkualitas, dan infrastruktur pendidikan dengan demikian, kualitas pendidikan di Daerah 3t kurang memadai. Hal tersebut memengaruhi hasrat masyarakat menempuh pendidikan semakin berkurang dan lingkaran kemiskinan di Daerah 3t, menjadi sesuatu yang mustahil untuk diatasi.

Berbagai hal telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan kualitas pendidikan di Daerah 3t namun belum cukup memadai. Pemerintah belum mampu memperbaiki kualitas pendidikan di Daerah 3t. Maka dari itu, perlunya solusi baru untuk mengatasi permasalahan pendidikan di Daerah 3t. Penelitian ini membahas sebuah gagasan demi menjawab permasalahan kualitas pendidikan di Daerah 3t yang kami namakan sate (Sekolah Terpadu).

Sekolah Terpadu merupakan kesatuan sistem pembelajaran yang di dalamnya telah dilengkapi dengan sekolah, tempat tinggal untuk siswa, guru, dan instrumen penunjang pendidikan lainnya. Di dalam sistem pembelajaran tersebut juga terdapat akses informasi yang efisien untuk siswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.

Terakhir adalah program keterampilan yang menyesuaikan daerah setempat yang merupakan penyempurna dari tiga komponen sebelumnya. Sekolah terpadu mempunyai empat komponen utama yaitu sarana dan prasarana, guru, informasi yang aksesibel, dan keterampilan yang mandiri.

Kombinasi empat komponen yang disebutkan sebelumnya, sekolah terpadu menjadi sistem pendidikan yang ideal dalam rencana pembangunan pendidikan Daerah 3t kedepannya. Sistem pendidikan ini akan membuat masyarakat di Daerah 3t menjadi terbuka pemikirannya. Bukan hanya itu saja, kehadiran gagasan ini juga memberikan dampak di masa depan yang signifikan mengingat pembangunan berkelanjutan dimulai dari pendidikan yang maju.

Kata kunci: pendidikan, kesenjangan, daerah 3t, inovasi.

Contoh Abtrak Skripsi Kesehatan

Dalam contoh yang ke-3 untuk skripsi jurusan kesehatan kamu dapat mengambilnya dalam artikel ini. Contoh ini sendiri bisa dijabar luaskan sebagai pedoman bagi kalian para mahasiswa yang pada saat ini sedang mengambil kosentrasi kesehatan, baik untuk kedokteran, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, farmasi, bidan, dan lain sebagainya.

Abstrak

Bambu (Gigantochloa apus kurz) adalah tanaman jenis rumput-rumputan dari famili Poaceae dengan rongga dan ruas di batangnya. Daun bambu kering merupakan daun yang sudah lama gugur dari pohonnya dan tidak memiliki kadar air didalamnya.

Pemanfaatan daun bambu kering dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Dan daun bambu kering tersebut dapat menjadi kerajinan yang nantinya bernilai seni dan ekonomi. Pemanfaatan daun bambu kering menjadi bunga hias yang sangat mudah dapat dilakukan oleh semua kalangan. Dan kini pemanfaatan daun bambu kering mulai diminati di Indonesia.

Pemberdayaan ini bertujuan untuk : (1) Mengurangi limbah daun bambu kering di sekitar rumah (2) Meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam bidang kerajinan serta menambah nilai seni dan ekonomi. Dan hipotesis yang diajukan adalah : (1) Masyarakat mulai sadar serta peduli akan lingkungan sekitar dan mulai mengurangi limbah daun bambu kering dengan memanfaatkan daun bambu kering yang berserakan (2) Daun bambu kering dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan yang berguna, bahkan memiliki harga jual tinggi dan sekaligus membantu membersihkan sampah guna mengurangi limbah daun bambu kering.

Hasil pemberdayaan ini menunjukkan bahwa : (1) Masyarakat sadar akan pentingnya alam sekitar serta menjaga kebersihan lingkungan guna mengurangi limbah daun bambu kering di tempat tinggalnya. Dari percobaan yang telah kami lakukan yaitu mengubah daun bambu kering menjadi bunga hias, hasil karya tersebut mulai diminati masyarakat yang sadar akan lingkungan dan memanfaatkan daun bambu kering sebagai kerajinan tangan yang bernilai jual. (2) Dapat di ketahui bahwa pemanfaatan daun bambu kering sebagai bunga hias dapat mengurangi limbah daun bambu kering serta meningkatkan kreatifitas masyarakat terutama ibu rumah tangga untuk menambah kegiatan di rumah sehari-hari bahkan kaum muda untuk menambah penghasilan guna mencukupi kebutuhan materialis.

Kata Kunci: Daun Bambu, Pencemaran, Kreatifitas

Contoh Abstrak Skripsi Hukum

Contoh lannya yang berkaitan dengan abtrak skripsi, ialah Jurusan Ilmu Hukum yang biasanya berada di Fakutas Hukum (FH) jurusan ini sendiri pokok bahasan yang biasanya diambil tentang perlindungan, pengembangan, pemberdayaan, dan bahasan lainnya.

Abstrak

Keanekaragaman ekosistem yang melambangkan ciri khas suatu wilayah, tak terlepas dari pihak-pihak yang berkontribusi berupaya melestarikan ciri khas tersebut. Ciri khas yang bisa bernilai menguntungkan bagi masyarakat setempat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, perkembangan kehidupan sosial dan budaya masyarakat tersebut. Yang paling dirasakan secara nyata dari keanekaragaman yang dimanfaatkan masyarakat adalah berdampak pada sektor Pariwisata.

Di Provinsi Lampung sendiri, Kabupaten Lampung Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan menarik. Baik pariwisata yang pengelolaannya ditangani oleh pemerintah pusat maupun yang dikelola oleh pemerintah daerah, seperti Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang di dalamnya ada Kuala Kambas, Danau Way Jepara, Penangkaran Badak Sumatera, Bumi Perkemahan, dan lain-lain.

Kawasan pariwisata yang terdapat di Kabupaten Lampung Timur memiliki banyak kendala, yaitu akses yang jauh dan para wisataan yang datang maka perlu transportasi berganda, dan fasilitas penunjang seperti tempat makan yang tidak memadhi sehingga wisatawan harus membawa sendiri bekal yang diperlukan.

Maka perlu dilakukan pengembangan dan keikutsertaan dari masyarakat terkhusus pemuda untuk mengembangankan TNWK. Model yang harus dilakukan untuk pengembangan dengan keikutsertaan pemuda yaitu, pengelolaan transportasi masuk dikawasan tersebut dengan pemberdayaan pemuda sebagai pemandu dengan mobil khusus di area TNWK.

Serta dengan menciptakan usaha makanan yang ada di sana, pengelolaan oleholeh dan suvenir khas dari TNWK yang perlu diciptakan dengan dibantu Pemerintah daerah, dan yeng terpenting pengembangan dan pengelolaan didalam kawasan TNWK, Terutama dengan menambah wisata didalam seperti menciptakan kesenian tari, drama yang dikelola pemuda setempat, dan pengembangan wisata bukan hanya penampilan atraksi gajah.

Diera perkembangan globalisasi yang terus mempengaruhi segala aspek kehidupan, maka harus tanggap dalam menyesuaikan keadaannya yang mengikuti selera wisatawan, sehingga wisatawan merasa puas akan daerah pariwisata yang dikelola dengan baik yang memperhatikan fasilitas, akses tempat yang tidak sulit, dan pemanfaatan yang berwawasan pembangunan berkelanjutan.

Kata Kunci : Pengembangan, Pariwisata, Model

Contoh Abtrak Skripsi Manajemen

Contoh lainnya, yang berkiatan dengan bentuk skripsi ialah abstrak mengeai ekonomi atau manajamen, contoh ini juga bisa dilakukan pengembangan dalam untuk jurusan teknik informatika. Beberapa penjelasan dan pembahasan dalam contoh ini penting untuk dilakukan kajian lebih mendalam.

Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS,2010), penduduk Indonesia mencapai 237.641.326 juta jiwa dengan kepadatan 4,58% dan 26,67 persen diantaranya adalah remaja.Data dari BPS tahun 2013 ekonomi kreatif atau industri kreatif menyumbang peningkatan produk domestik bruto sebesar 7,05 % dari total PDB Rp. 9.109.129 triliun.

Hal ini terlihat dari berbagai media yang memuat berita tentang banyaknya inventor-inventor muda Indonesia yang mendapat penghargaan di luar negeri atas penemuan mereka. Akan tetapi banyak ide-ide brilian tersebut yang hanya berhenti begitu saja dan kalah bersaing dari perusahaan asing karena keterbatasan dari segi finansial dan sumber daya manusia.

Para inventor ini mengalami kendala dalam mencari dana dan orang-orang berbakat untuk dijadikan tim, serta terbatasnya ruang lingkup pemasaran hasil karya mereka. Solusi untuk menghadapi tantangan ini yaitu dengan membuat website yang bertujuan untuk menjaring orang-orang berbakat untuk menjadi sebuah tim serta tempat penggalangan dana sehingga ide sang inventor dapat terwujud.

Website ini juga bertujuan untuk memasarkan hasil karya mereka agar mencangkup ruang lingkup yang lebih besar. Website dipilih karena berdasarkan lembaga riset pasar e-Marketer, populasi pengguna internet di Indonesia mencapai 83.7 juta orang pada tahun 2014, dan diperkirakan pada tahun 2017 angka tersebut akan bertambah mencapai 112 juta orang, sehingga produk yang dihasilkan dapat menjangkau area yang lebih luas. Website KreatifKita merupakan sebuah website yang membantu para inventor untuk merealisasikan idenya. Website ini mengintegrasikan 3 sistem, yaitu e-reqruitment, crowdfunding, dan e-commerce.

Seseorang yang telah mendaftar di website ini dapat bertindak sebagai inventor (penggagas ide), freelencer maupun penyandang dana. Inventor yang sedang mencari tim untuk merealisasikan proyeknya cukup membuat tulisan dan video yang berisi tentang penjelasan terperinci dari ide proyek, kebutuhan tenaga ahli, serta biaya yang dibutuhkan untuk selanjutnya di-publish di website KreatifKita.

Postingan ini akan membantu mempertemukan inventor dengan freelancer sehingga proses rekruitmen anggota tim akan lebih mudah.Proses penggalangan dana juga akan menjadi lebih mudah karena melalui website ini inventor dipertemukan dengan donatur atau investor yang membantu mendanai proyek.

Pemasaran produk juga akan lebih luas dengan memanfaatkan ecommerce KreatifKita. Dengan demikian, seorang yang mempunyai ide telah siap untuk merealisasikan idenya dan industri kreatif di Indonesia menjadi lebih berkermbang dan siap menghadapi Indonesia Emas 2045.

Kata Kunci : Industri Kreatif, Website, e-commerce, crowdfunding

Contoh Abtrak Skripsi Bahasa

Contoh yang ada dalam abstrak skripsi bahasa ini biasa dipergunakan dalam untuk jurusan pendidikan, menyikapi hal ini banyak mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ataun Pendidikan Bahasa Inggris mengambil budaya sebagai sub tema pilihannya, contoh berikut inilah dari abtrak skripsi.

Abstrak

Pendidikan pada saat ini memegang peranan yang sangat penting apalagi di Indonesia yang pada saat ii mengalami keterpurukan dalam pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia perlu diperbaiki agar mampu melahirkan generasi yang unggul di berbagai bidang aspek kehidupan serta mampu bersaing secara global dan kompetetif. Derasnya arus globalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia nampaknya tidak seimbang dengan pemahaman tentang karakter dan budaya bangsa.

Berkaitan dengan hal tersebut, diusulkan ide dan gagasan agar masalah dalam dunia pendidikan dapat ditanggulangi. Ide dan gagasan tersebut berupa model Cyber School Cultural, sebagai wujud dalam pemanfaatan teknologi dan informasi di era globalisasi.

Cyber School Cultural merupakan inovasi teknologi pendidikan yang dirancang untuk dapat membantu memecahkan permasalahan pendidikan, sehingga mampu memberikan dampak positif dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya di Indonesia.

Dengan pemanfaatan teknologi pembelajaran, diharapkan pesan pendidikan dapat dikemas lebih inovatif yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang maupun waktu, sehingga dapat diterima oleh peserta didik dengan baik, mudah, menyenangkan, fleksibel serta mampu mengembangkan potensi peserta didik. Sejalan dengan perkembangan teknologi tersebut, berimplikasi pada proses belajar mengajar (PBM).

Salah satu model PBM adalah Cyber School Cultural yang merupakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi dan informasi dilengkapi dengan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Penerapan Cyber School Cultural diharapkan mampu mengembangkan pendidikan karakter peserta didik dan menuntut para pendidik untuk dapat menguasai keterampilan teknologi informasi, memiliki ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung seperti media elektronik yang dilengkapi dengan aplikasi terprogram yang terhubung dengan jaringan internet.

Kata kunci : teknologi pendidikan, cyber school cultural, kearifan lokal

Dari berbagai contoh yang diuliskan di atas, penting bagi tulisan ini untuk dapat memberikan pedoman dalam pembuatan abstrak skripsi. Pedoman yang haruslah dilakukan ialah dengan menarik dasar pemikirand ari umum ke khusus, atau bisa dengan mudah dilakukan dengan menyampaikan alasan, solusi, serta yang terkhir ialah menyampikan hasil penelitian yang terjadi.

Baca Juga8+ Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Demikianlah tulisan dan pembahasan mengenai Contoh Abstrak Skripsi dari berbagai jurusan yang bisa dimabil dengan mudah. Contoh-contoh ini begitu penting untuk dilakukan kajian dan pengembangan lebih lanjut, sumber dalam contoh ini beberaa kami revisi dari internat dan buku yang ada di dalam tulisan contoh abstrak. Trimakasih,

7 Contoh Abstrak Skripsi Kesehatan/Pendidikan/Bahasa/Hukum Lengkap
Rate this post