12 Contoh Artikel Ilmiah Populer Terbaru Lengkap

Posted on

Contoh Artikel Ilmiah Lengkap

Artikel ilmiah menjadi salah satu pokok bahasan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, artikel ilmiah ini sendiri berkaiatn erat dengan karya tulis ilmiah. Untuk tata cara penulis karya tulis ilmiah serta artikel ilmiah ini ada sejumlah kesamaan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, kesamaan tersebut ialah adanya 3 langkah pembutannya yakni harus disajikan dalam studi pustaka atau penelitian ilmiah berdasarkan sumber-sumber yang dapat dipercaya. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan membagikan beberapa contoh artikel ilmiah.

Artikel Ilmiah

Artikel selalu berkaiatan dengan ilmiah, lantaran dalam artikel ini disajikan sejumlah data serta fakta berdasarkan pada studi litertur yang disampaikan. Fokus pembicaraan yang diutarakan dalam artikel biasa lebih singkat dibandingkan dengan karya tulis ilmiah, selain itu juga untuk pembentukan latar belakang dalam artikel bisa dicampurkan dengan isi artikel asalkan sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.

Adapun pengertian artikel adalah karya tulis yang disajikan secara sistematis dan empiris sesuai dengan pedoman dalam penulisan karya ilmiah. Artikel ilmiah ini sendiri bisa diterbikan secara online, atau ofline seperti pada surat kabar cetak. Bahkan banyak artikel ilmiah yang kemudian diterbitkan menjadi jurnal ilmiah.

Bentuk Artikel Ilmiah

Berdasrkan pada jenis atau macamnya, dalam artikel ilmiah ini sendiri terbagi beberapa jenis. Antara lain adalah sebagai berikut;

Artikel Ilmiah Penelitian

Macam pertama adalah artikel ilmiah penelitian yang dilakukan seseorang berdasarkan penelitian yang telah dikaji lebih dalam, baik menggunakan metode penelitian kualitataif ataupun menggunakan metode penelitian kuantitatif. Artikel penelitian ini berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut, misalnya saja potensi dijaikan sebagai jurnal internasional. Selengkapnya, baca; Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya

Artikel Ilmiah Konseptual

Jenis kedua dalam artikel ilmiah ini ialah artikel konseptual yang dilakukan kajian berdasarkan gagasan penulis serta opini yang dilakukan penulis itu sendiri. Gagas serta opini yang disampikan dalam artikel ilmiah ini tentusaja masih di landasi pada teori-teori serta studi pustaka, lantaran teori dan studi pustaka tersebutlah menjadi salah satu bentuk perbedaan artikel dan opini. Selengkapnya, baca;

Artikel Ilmiah Populer

Jenis yang ketiga dalam artikel ilmiah ialah artikel ilmiah populer yang dapat diberi pengertian sebagai tulisan ilmiah berdasarkan pada kajian yang sedang dialami oleh masyarakat. Kejadian ini sendiri dipengaruhi dengan ruang dan waktu terbas. Misalnya saja untuk contoh dalam artikel ilmiah populer ialah adanya Pemilihan Presiden dengan adanya fakta Pilpres tersebut banyak tulisan bersatndar ilmiah bermunculan yang gunannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Artikel Terkait;

  1. Contoh Judul PKM AI (Artikel Ilmiah) yang Didanai Oleh Dikti
  2. Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Kriteria, Contoh, dan Manfaatnya
  3. 11 Contoh Abstrak-Abstrak

Contoh Artikel Ilmiah

Selain bentuk atau jenis dalam artikel ilmiah seperti yang disampaikan di atas, dalam tulisan ini lebih jauh lagi akan membagikan beberapa contoh mengenai artikel ilmiah, contoh-contoh ini sendiri berkaiatan dengan artikel ilmiah kesehatan, pendidikan, teknik, pertanian, sosial, hukum, dan lain sebaginya. Yang kesemuanya bisa kamu jadikan landasan dasar di dalam pembuatan artikel ilmiah yang baik.

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Contoh yang pertama dalam tulisan ini akan membagikan tulisan mengenai artikel ilmiah yang bisa dipergunakan untuk jurusan-jurusan kesehatan, misalnya saja jurusan kedokteran, bidan, farmasi, perawat, dan juga jurusan kesehatan yang lainnya.

Artikel Ilmiah Kesehatan

Sosialisasi Kesehatan dan Pengajaran Obat Tradisional (Sikat Jarban)

Gatal-gatal adalah penyakit kulit yang umum terjadi di pondok pesantren, bahkan istilah penyakit ini dikenal dengan sebutan Jarban (bahasa arab) yang artinya cobaan sedangkan dalam dunia kedokteran disebut Scabies. Umumnya orang yang tinggal di pondok pesantren terkena 1-3 kali bahkan ada yang selama tinggal dipesantren terserang penyakit gatal-gatal terus menerus tiada henti.

Penyebab penyakit gatal-gatal tersebut beraneka ragam mulai dari faktor kurang menjaga kebersihan, tempat tidur yang kurang diatur, bergantian pakaian dengan sesama teman, bergantian handuk, bahkan sampai dengan keadaan air yang kurang bersih.

Oleh karena itu, masalah penyakit gatal-gatal di pondok pesantren yang menular dari teman satu keteman yang lain harus segera diatasi. Caranya dengan melakukan sosialisasi kesehatan dan pengajaran obat tradisional (Sikat Jarban) di pondok pesantren sebagai pengabdian yang khususnya mendidik (educating), mencerahkan (enlightening), memberdayakan (empowering) tentang manfaat daun sirih merah yang selama ini masih jarang diketahui oleh khalayak umum termasuk para santri yang tinggal di pondok pesantren.

Sehingga pemanfataan daun sirih merah yang memilki kadungan minyak sebanyak atsiri 1−4,2%, air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, yodium, gula, anti bakteri dan pati (Ajizah, 2004) diharapkan akan mampu untuk menuntasakan masalah gatal-gatal. Harapannya dengan sosialisasi dan pengajaran obat tradisional ini akan tercipta pesantren yang sehat serta dapat memberikan kenyamanan bagi setiap santri.

Apalagi kelebihan lainnya daun sirih merah mengandung minyak atsiri sebanyak 1−4,2% yang menurut Ajizah (2014) berperan sebagai anti bakteri dengan cara mengganggu proses terbentuknya membran atau dinding sel sehingga tidak terbentuk atau terbentuk tidak sempurna.

Pemanfaatan daun sirih tersebut terasa lebih mudah jikalau mempergunakan daun sirih merah yang mudah diperoleh atau bahkan dalam penanaman karena daun sirih merah dapat tumbuh subur pada daerah yang dingin, teduh, dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari dengan ketinggian 300−1000 m. Tanaman sirih merah sangat baik pertumbuhannya apabila mendapatkan sekitar 60−75% cahaya matahari (Sudewo, 2010).

Daftar Pustaka: Diahindahpratiwi,2013.http://Diahindahpratiwi,2013.blogspot.co.id/2013/05/manfaat-daun-sirih-dan-cara-membuat-.html diakses 19 september 2018 pukul 19;18 WIB.

Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Artikel ilmiah pendidikan sangat diperlukan dalam kajian dan teorinya. Artikel ini berkaitan dengan sistem pendidikan, pengelolaan pendidikan, serta metode efektif yang bisa dipergunakan dalam memajukan pendidikan, baik di Indonesia ataupun diseluruh dunia.

Baca Juga;

  1. Pegertian Pendidikan Menurut Para Ahli
  2. Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli dan Tujuannya
  3. 7 Contoh Abstrak Skripsi Kesehatan/Pendidikan/Bahasa/Hukum

Artikel Ilmiah Pendidikan

Sistem Sekolah BATIK (Berkarakter, Aktif, Kreatif, Kompetitif) Untuk Membentuk Generasi Indonesia yang Unggul

Karya; Andri Kosiret, dan Chindy Listia Utami

Pendidikan menjadi salah satu sarana yang berpengaruh besar dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas. Melalui pendidikan, dapat tercipta generasi berkarakter yang mampu mengaktualisasikan diri menjadi ujung tombak kemajuan peradaban.

Sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, tujuan nasional pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang pada akhirnya akan menopang kesejahteraan rakyat. Bila ditinjau ke dalam realita pendidikan Indonesia saat ini, indikator keberhasilan dari tujuan tersebut masih sangatlah jauh dari kata tercapai. Belum bangkitnya pendidikan Indonesia dari keterpurukan sejatinya menimbulkan satu masalah besar, akan dibawa kemana peradaban negeri ini kelak?

Hasil PISA (Programme for International Student Assessement) yang menguji pelajar sedunia dalam keterampilan membaca, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika menempatkan Indonesia di posisi ke-64 dari 65 negara partisipan.

Bergeser sedikit ke lingkup sosial, maraknya pemberitaan media masa tentang tindak kriminal hingga asusila ternyata kerap dilakukan oleh kalangan remaja yang notabene adalah pelajar. Dua kondisi yang tampak di atas menggambarkan bahwa pendidikan Indonesia berada dalam masa yang amat kritis, baik dari segi kompetensi bidang maupun segi karakter dan perilaku peserta didik.

Kondisi para pelajar Indonesia ini masih sangat jauh dari harapan sebagai generasi yang cerdas dan mampu bersaing di kancah internasional. Jika ditarik garis beberapa tahun kebelakang, dapat disaksikan bersama bahwa Indonesia terkenal dengan jati diri bangsa yang berkaraker dan berbudi luhur.

Terbentuknya asas dasar Negara Indonesia melalui kondisi bangsa yang penuh kearifan serta religiusitas masyarakatnya sangat tinggi secara tidak langsung membuktikan telah adanya benih karakter yang tertanam pada diri individu masyarakat Indonesia, begitu pula dengan siswa-siswi Indonesia.

Hal ini menjadi ciri khas yang membedakan siswa Indonesia dengan siswa bangsa lain. Berpadu dengan wawasan intelektual pemuda yang luas harusnya dapat menjadi modal tambah bagi para pelajar Indonesia untuk lebih unggul.

Berbagai kebijakan pendidikan dibuat pemerintah dengan harapan dapat mengarahkan para siswa menjadi unggul dalam segala bidang, baik dari segi kompetensi, karakter, serta jiwa kompetitif sebagai bekal bersaing dengan pelajarpelajar dari negara lain. Salah satu kebijakan pendidikan tersebut adalah perubahan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 menjadi Kurikulum 2013. Akan tetapi kebijakan tersebut hingga kini belum juga membuahkan generasi unggul yang mampu bersaing di kancah internasional seperti yang telah lama dinanti-nantikan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, adanya inovasi baru dalam kebijakan pendidikan untuk mengatasi permasalahan pendidikan dan membentuk generasi unggul, yakni generasi muda berkarakter, aktif, kreatif, dan kompetitif merupakan hal yang sangat penting. Solusi yang tepat untuk hal ini adalah Sistem Sekolah BATIK (Berkarakter, Aktif, Kreatif, dan Kompetitif), yakni inovasi sistem pendidikan yang mengedepankan adanya perubahan dalam tiga hal pokok, antara lain metode pembelajaran, kalangan pengajar, dan kuantitas siswa di tiap kelas.

Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi

Selanjutnya, dalam tulisan ini akan menyajikan bentuk-bentuk artikel ilmiah tentang ekonomi, yang bisa kalian kembangkan dalam bentuk kewirausahaan, sistem akuntansi, manajement, ekonomi pembangunan dalam masyarakat. Dan bentuk yang lainya.

Baca Juga;

  1. Artikel Koperasi Pariwisata
  2. Contoh Artikel Ekonomi

Artikel Ilmiah Ekonomi

Pembuatan Casing Handphone Berbahan Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Karya: Sinta Puspitasari, Khaula, Isma Farikha LN

Limbah plastik telah menjadi salah satu permasalahan limbah yang sampai saat ini membutuhkan penanganan lebih dikarenakan sifatnya yang membutuhkan waktu lama dan sulit untuk terurai. Berbagai tindakan oleh pemerintah telah dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah plastik seperti pengurangan kadar plastik dalam suatu produk, kantong plastik belanja yang berbayar, penggunaan plastik yang lebih ramah lingkungan dan lain sebagainya.

Penggalakkan mengenai pengurangan penggunaan plastik pada kehidupan sehari-hari juga telah dilakukan, namun jumlah limbah plastik masih terbilang cukup banyak, tak terkecuali di Kota Malang. Dari data DKP Kota Malang tahun 2013 menyebutkan bahwa di Kota Malang limbah plastik menjadi penyumbang limbah terbanyak kedua setelah limbah organik yakni sebesar 115,36 ton setiap harinya (UNESCAP, 2014).

Selain itu, limbah plastik juga menimbulkan permasalahan lain terhadap lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah akibat dari kandungan plastik tersebut; dan pencemaran udara yang diakibatkan pembakaran plastik yang juga dapat meningkatkan Global Warming. Hal tersebut juga berdampak pada kesehatan, seperti munculnya penyakit kulit, infeksi pernapasan dan masalah pencernaan akibat lingkungan yang sudah tercemar oleh limbah plastik. Jangka panjang selanjutnya, dapat menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

Di sisi lain kehadiran MEA di Indonesia sejak Desember 2015 telah membuka babak baru dalam bidang perekonomian antar Negara ASEAN, termasuk Indonesia. MEA menerapkan sistem pasar bebas dimana terdapat kemudahan dalam arus perdagangan di Negara ASEAN. MEA bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN serta diharapkan mampu mengatasi masalah – masalah di bidang ekonomi antar Negara ASEAN (CRMSIndonesia, 2014 ).

Dengan demikian produk lokal Indonesia memiliki peluang untuk bersaing dalam pasar yang lebih luas pada pasar ASEAN. Begitu juga sebaliknya, produk ASEAN juga memiliki potensi untuk bersaing didalamnya. Melihat kondisi tersebut, produk lokal Indonesia harus diinovasi agar dapat bersaing di kancah Internasional.

Melalui berbagai permasalahan tersebut, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah produk lokal berbahan limbah plastik untuk meningkatkan kualitas produk lokal, khususnya di Kota Malang agar dapat bersaing di pasar Internasional melalui program MEA.

Produk tersebut berupa Casing Handphone yang disertai ukiran timbul Topeng Malangan. Pemanfaatan limbah plastik menjadi Casing Handphone ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan Casing Handphone di Indonesia.

Berdasarkan data yang dimuat didapat menyebutkan bahwa Nurlita, pebisnis Casing Handphone dapat meraih keuntungan berkisar 50 – 100 juta setiap bulannya dengan produksi 30 – 50 casing handphone setiap harinya (Detik-Finance, 2016). Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan Casing Handphone di Indonesia telah menjadi sebuah tren tersendiri. Casing Handphone ini akan dibuat dari limbah plastik dengan berbagai macam ukuran dan merek handphone sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sebagai inovasi dari produk ini, yaitu berupa penambahan ukiran timbul berupa topeng Malangan. Ukiran timbul ini merupakan permukaan timbul yang tidak datar pada bagian hidung, mulut, maupun mata seperti bentuk topeng pada umumnya dan nantinya akan dilukis sesuai karakter yang ada pada Topeng Malangan.

Pemanfaatan desain topeng malangan ini merupakan salah satu inovasi produk Casing Handphone berciri khas budaya Malang sehingga dapat bersaing secara global. Diharapkan dengan adanya Casing Handphone dengan ukiran timbul Topeng Malangan ini dapat menjadi produk lokal khas Malang yang dapat bersaing di pasar Internasional, salah satunya melalui MEA sekaligus dapat memperkenalkan budaya tradisional Malang melalui ciri khas Topeng Malangan tersebut.

Selain itu juga diharapkan mengurangi jumlah limbah plastik, meningkatkan harga jual limbah plastik di Kota Malang dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Malang karena pembuatan produk ini menggunakan biaya yang sedikit namun menghasilkan profit yang maksimal.

Contoh Artikel Ilmiah Pertanian

Konsep dasar dalam kajian pertanian pada saat ini sangatlah penting dilakukan pengemabangan lebih lanjut, dari sistem pertanian tradisional menjadi sistem pertanian modern. Dalam upaya tersebut banyak artikel pertanian yang bertebaran.

Baca Juga;

  1. Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli
  2. Manfaat Sistem Pertanian Agroforestri

Artikel Ilmiah Pertanian

“SMART AGRO VILLAGE SYSTEM” Inovasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly Melalui Usaha Modern Agro-Complex

Karya: Sulthan Alfathir, Trisa Oktavianti,

Kesenjangan sosial menjadi salah satu masalah yang mulai mencuat di era modern perkotaan yang berpotensi memicu pengaruh negatif lingkungan dan tindak kriminal. Dalam mengatasi hal tersebut Pemerintah daerah mengambil kebijakan preventif untuk menertibkan tempat-tempat negatif dan non-kondusif yang berpotensi memicu tindak kriminal dan citra buruk daerah.

Pemerintah Kota Surabaya adalah salah satu pelopor tindakan tertib dan positif dalam bermasyarakat dan bernegara melalui penutupan Dolly. Berdasarkan data Dinas Sosial Surabaya tercatat sekitar 1.400 WTS, 311 mucikari, puluhan tukang parkir, pedagang, pengelolah penginapan, cleaning service, tukang becak, dan pekerja lainnya yang menggantungkan pekerjaan di kawasan Dolly kehilangan mata pencaharian mereka dan merasa kesulitan akibat penutupan Dolly.

Persepsi negatif masyarakat terhadap mantan penghuni eks lokalisasi Dolly menambah kompleks masalah yang ada, keadaan ini membuat mantan penghuni eks lokalisasi tidak percaya diri dan mematikan daya kreatifitas yang ada pada diri mereka. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2015 jumlah penduduk Surabaya sebesar 2.806.306 jiwa dan terus meningkat setiap tahunnya. Semakin meningkatnya jumlah populasi di kota Surabaya, maka akan semakin banyak sumber daya alam yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup penduduk. Pada akhirnya area persawahan, area lindung, serta lahan kosong menurun dan berubah fungsi menjadi area permukiman.

Bidang agrokompleks merupakan sektor bisnis yang mulai diminati oleh para profesional di era ini. Fakta ini didukung dari tingginya permintaan pasar terhadap hasil pertanian segar, komoditas ikan air tawar, pupuk, dan produk yang berpotensi ekspor lainnya. Di daerah Surabaya permintaan pasar dalam konsumsi jamur tiram mencapai dua ton per hari untuk satu area, usaha agrokompleks memang menjadi salah satu potensi di wilayah Surabaya. (Distan Surabaya, 2015).

Dari pengalaman lapang dan kondisi yang ada kami sebagai mahasiswa merasa bertanggung jawab untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang ada melalui program “Smart Agro Village System”. Sebuah Program pemberdayaan mantan penghuni eks lokalisasi Dolly dalam melakukan kreativitas usaha ke arah yang lebih positif dan progressive melalui usaha pengelolaan modern agro-complex yang berorientasi pada system zero waste dan high profit.

Contoh Artikel Ilmiah Sistem Informatika

Perekmbangan ilmu komputer pada saat ini bisa menjadi salah satu topik artikel yang menarik untuk dikaji lebih lanjut, penjelasan imenganai komputer berhubungan erat dengan sistem informatika. Oleh karena itulah pada contoh selanjutnya akan memberikan pengulasan contoh artikel terhadap sistem informatika.

Artikel Sistem Informatika

TtM (Trip to Malang) : Aplikasi Berbasis Android Sebagai Sistem Informasi Pariwisata di Wilayah Malang Raya

Karya: Selvy Andy Wijaya, Anida Wahyu Dewanty, Tifani R. Destianty

Pariwisata merupakan bidang yang penting bagi suatu daerah sehingga dapat menunjang sektor lain, khususnya sektor ekonomi. Pada tahun 2013, pariwisata menyumbang devisa sebesar 10,05 Milliar dolar AS dari 8,8 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Namun, di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sekarang ini, bidang pariwisata kurang berkontribusi dalam sektor ekonomi.

Hal ini disebabkan sektor telekomunikasi dan sektor teknologi yang berkembang pesat tidak dimanfaatkan secara maksimal pada bidang pariwisata. Akibatnya, bidang pariwisata tidak dapat bersaing di dunia internasional dan tidak diketahui oleh wisatawan asing bahkan wisatawan lokal itu sendiri.

Wilayah Malang Raya berada di provinsi Jawa Timur yang merupakan gabungan dari tiga wilayah yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dengan total luas wilayah Malang Raya 3.984,047 km2 diantaranya luas Kota Malang adalah 252,10 km2 , luas Kabupaten Malang adalah 3.534,86 km2, dan luas Kota Batu adalah 197,087 km2. Kota Malang adalah pusat wilayah Malang Raya dimana Kota Batu terletak di sebelah barat laut Kota Malang, sedangkan Kabupaten Malang terletak di sebelah timur, barat, selatan dan utara Kota Malang serta sebelah timur, barat dan selatan Kota Batu.

Wilayah Malang Raya memiliki potensi yang baik di bidang pariwisata. Terbagi menjadi wisata agro, wisata air, wisata edukasi, wisata gunung, wisata religi, wisata pantai, dan wisata sejarah untuk dikunjungi, namun tempat-tempat tersebut belum banyak diketahui oleh wisatawan khususnya wisatawan asing.

Menurut data Malang Kompas, jumlah wisatawan mancanegara di Kota Malang pada tahun 2013 sebanyak 5.498 orang sedangkan pada tahun 2015 jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 5.952 orang. Dalam jangka waktu dua tahun wisatawan mancanegara meningkat sebanyak 454 orang.

Peningkatan ini masih tergolong rendah, dan jauh dari target yang diharapkan. Di Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Malang sudah mendata ada 23 pantai yang tercatat di Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, dan masih banyak pantai yang belum terdata. Sedangkan, di Kota Batu menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu jumlah wisatawan asing yang ke Kota Batu rata-rata hanya 10.000 orang per tahun padahal target yang diharapkan 18.000 orang pertahun.

Seiring dengan berkembangnya sektor telekomunikasi, dan sektor teknologi, kebutuhan akan informasi yang dapat diakses dengan mudah, dan cepat semakin meningkat. Smartphone merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan oleh pengguna android untuk mengakses informasi yang dibutuhkan. Penyampaian informasi yang lengkap, dan penggunaan yang simple dapat memudahkan wisatawan untuk mengetahui lebih detail mengenai lokasi wisata yang akan dituju.

Berdasarkan masalah dia atas maka diperlukan aplikasi android yang bernama “TtM (Trip to Malang)”. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur seperti rute menuju lokasi,medan yang akan ditempuh selama perjalanan, info mengenai titik-titik rawan, dan info lain mengenai destinasi wisata yang akan dituju.

Aplikasi ini juga di desain sedemikian rupa sehingga menarik saat dilihat dan mudah diakses untuk berbagai kalangan usia. Bahasa tampilan yang digunakan dalam aplikasi ini tentunya bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris agar wisatawan asing memahami setiap informasi yang didapat serta Bahasa Indonesia sebagai bahasa induk Negara Indonesia. Hasil dari pembuatan aplikasi ini dapat membantu pengguna aplikasi dalam berwisata yang aman dan nyaman, serta memperkenalkan pariwisata yang ada di wilayah Malang Raya secara Internasional.

Contoh Artikel Ilmiah Populer Singkat Remaja

Jenis artikel populer untuk remaja selanjutnya yang bisa kamu pergunakan dalam tugas sekolah adalah jenis artikel ilmiah ini, yang menindikasikan tentang kenakalan remaja secara singkat dan upaya dalam mengatasi kenakalan remaja tersebut.

Baca Juga;

  1. “Kenakalan Remaja” Pengertian dan Contohnya
  2. Pengertian Remaja Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Usia Muda (Remaja) Menurut Para Ahli

Artikel Ilmiah Populer Remaja

Belajar Berpikir Damai Melalui Pitutur Markesot Untuk Meminimalisir Perilaku Agresi Remaja

Karya: Anugrah Tri Waluyo, Shoofii Syammari, Lina Esti Suryani

Di indonesia akhir-akhir ini sedang di guncang krisis moral, di mana pola pikir masyarakat Indonesia telah berubah. Orang Indonesia saat ini menyelesaikan masalah dengan menggunakan kekerasan, banyak kekerasan yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia, sifat kekerasan itu awal mula yang dahulu di lakukan oleh sebagian orang dewasa saat remaja pun juga melakukan hal seperti itu tanpa pernah memikir dampak dan akibat. Mungkin tidak dapat kita jumpai lagi anak-anak bermain, bercanda dan tidak ada lagi perdamaian bahkan mungkin dapat terjadi tidak ada kontak antar manusia.

Dapat kita lihat fenomena-fenomena yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat kita saat ini, remaja di dalam lingkungan sekolah yang masih menempuh pendidikan saja belum mampu mengontrol emosi mereka, di kota-kota besar sering terjadi tawuran antara sekolah, sampai menelan korban jiwa, dapat kita lihat di kota-kota besar yang tergolong maju dan masyarakatnya sangat berpengalaman serta tingkat pendidikan yang tinggi masih bersifat agresif membuktikan bahwa masyarakat kota belum dapat berpikir damai, beda lagi dengan masyarakat desa yang tergolong ekonomi rendah, yang terjadi di dalam masyarakat desa atau perdesaan saat ini adalah menghancurkan diri sendiri dengan mengkonsumsi alkohol, dan narkotika dapat kita simpulkan bahwa di dalam masyarakat Indonesia dari lapisan yang paling atas sampai lapisan paling bawah belum dapat memiliki pikiran damai

Menurut pemberitaan Wijaya (2016) menyebutkan bahwa pasukan Israel kemarin menghancurkan sebuah masjid warga Palestina di desa Rakhma di kawasan Gurun Negev, sebelah utara Israel (http://www.merdeka.com, diakses 9 Februari 2017). Pemberitaan lain, menurut Maryati (2015) menyebutkan bahwa selama 2014, menurut OCHA, Israel dan Hamas bertempur dalam peperangan dahsyat di Gaza yang membunuh hampir 2.200 orang sementara kekerasan intens di Jerusalem Timur dan Tepi Barat membunuh puluhan warga Palestina dan hanya beberapa warga Israel. Selain di Palestina, konflik yang berdampak pada hilangnya banyak nyawa adalah di Suriah.

Subekti (2014) memberitakan bahwa jumlah anak Suriah yang terkena dampak perang saudara menjadi 5,5 juta anak. Satu juta anak-anak sekarang terjebak di wilayah Suriah yang terkepung atau yang sulit dijangkau dengan bantuan kemanusiaan.

Selanjutnya, sekitar dua juta anak-anak membutuhkan dukungan atau perawatan secara psikologis (http://www.satuharapan.com, diakses 9 Februari 2016). Beberapa berita di atas menunjukkan bahwa kondisi perdamaian di dunia internasional sedang mengalami permasalahan sekarang ini.

Kondisi kedamaian internasional yang terjadi di dunia internasional tidak menutup kemungkinan juga berpotensi terjadi di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu bangsa yang memiliki beragam budaya (Goodwin & Giles, 2003). Budaya yang beraham tersebut di satu sisi menjadi salah satu daya tarik internasional terhadap pariwisata Indonesia, akan tetapi, di sisi lain akan memicu terjadinya permasalahan nasional yang serius.

Warga Indonesia tentu tidak melupakan konflik yang terjadi di Sampit. Ruslikan (2001) menjelaskan bahwa hubungan antara etnik Dayak dengan Madura ada kecenderungan memperlihatkan sesuatu yang lain yang berbeda dibandingkan dengan hubungan antara etnik Dayak dengan etnik-etnik lainnya.

Dengan kata lain, antara kedua etnik (Dayak-Madura) menyimpan stereotip etnik/ budaya yang justru cenderung saling merenggangkan hubungan sosial antara keduanya. Konflik antar etnik ini juga berdampak pada banyaknya jumlah korban yang kehilangan nyawa (Alexander, 2005).

Selain, konflik yang melibatkan perbedaan budaya, di Indonesia juga mengalami permasalahan serangan oknum terorisme yang juga berdampak pada hilangnya banyak nyawa tidak bersalah. Baru baru ini masih hangat di telinga warga Indonesia terjadi serangan terorisme yang menewaskan beberapa warga di Sarinah Jakarta.

Arjawinangun (2016) menyebutkan bahwa dari 34 total korban aksi terorisme di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 26 masih dalam perawatan di rumah sakit. Sedangkan delapan korban lainnya diketahui meninggal dunia (http://metro.sindonews.com, diakses 9 Februari 2016).

Kedamaian berada dalam pikiran setiap manusia (Anand, 2014) yang perlu dikembangkan oleh setiap manusia. Salah satu tokoh yang dapat di jadikan contoh atau teladan adalah Markesot. Markesot adalah penjelmaan dari sahabat Emha Ainun Nadjib dan Emha Ainun Nadjib itu sendiri.

Markesot merupakan sosok lugu nan cerdas dan misterius. Markesot banyak memperbincangkan masalah yang sering terjadi di masyarakat. Kehidupan Markesot dapat membawa kita menamkan pemikiran damai para remaja saat ini.

Contoh Artikel Ilmiah Hukum

Hukum menjadi salah satu fokus kajian yang penting dilakukan dalam pembuatan karya ilmiah, wawasan dan pengetuan ilmu hukum ini cangkupannya cukup luas. Bisa melihat dalam sisi keluarga, masyarakat, dan juga seseorang yang berkebutuhan khusus. Oleh karenannya untuk contoh artikel hukum kamu bisa baca pada artikel ini.

Artikel Ilmiah Hukum

Studi Pemanfaatan Teknologi Berbasis Internet of Things Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Transportasi Publik Untuk Penyandang Tunanetra.

Karya: Aswin Tresna Nugraha, Kresna Devara, Irvan Arif

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam kondisi yang berbeda-beda. Ada perbedaan warna kulit, suku, atau ras,serta perbedaan warna dan bentuk rambut. Namun, ada pula perbedaan yang mengakibatkan orang memiliki kebutuhan khusus. Mereka adalah para penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas dapat dikategorikan menjadi tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, penyandang autistik, bahkan orang-orang dengan disabilitasa ganda serta multi disabilitas misalnya tunanetra dan tunarungu, tuna daksa serta tunarungu.Menurut data terbaru (Juli 2012), banyaknya penyandang tunanetra di Indonesia 1.749.981 jiwa[1].Untuk membaca para tunantera membutuhkan buku Braille ataupun buku audiodan untuk berjalan para tunanetra membutuhkan bantuan tongkat.

Pelayanan transportasi publik di indonesia masih belum mengakomodir akses bagi seluruh masyarakat. Penyandang tunanetra di Indonesia kurang mendapatkan hak dalam aspek perlindungan dan menghormati sesama pengguna, ini dikarenakan kebijakan Undang Undang Nomor 71 Tahun 1999 tentang Aksesibilitas bagi Penyandang Cacat dan Orang Sakit pada Sarana dan Prasarana Perhubungan belum terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Sementara itu menurut UUD 1945 pasal 28 f yang berisi, “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan dan mengolah informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”. Pasal ini menjamin adanya hak kebebasan dalam pengaksesan informasi bagi setiap orang. Namun demikian, saat ini bagi penyandang tunanetra informasi terkait transportasi publik masih kurang.Contohnya pada jurusan bus TransJakarta, informasi mengenai tujuan, kondisi bus, ataupun bus pengalihan koridortidak memberikan informasi dalam bentuk suara. Hal ini menyulitkan bagi penyandang tunanetra dalam bepergian.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern sudah semakin pesat. Disisi lain, teknologi saat ini sudah berdampak pada hamper seluruh lapisan masyarakat. Teknologi telah meningkatkan kualitas hidup manusia dalam berbagai bidang. Diantaranya adalah Internet of Things.Internet of Things merupakan suatu sistem yang memungkinkan benda-benda dihubungkan dengan internet untuk memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara efisien. Sistem ini bekerja dengan menanamkan perangkat keras pada benda-benda yang diinginkan agar dapat terhubung dengan internet.

Internet of Things telah merambah di berbagai bidang, namun manfaatnya belum dirasakan oleh penyandang tunanetra. Termotivasi oleh kondisi tersebut, penulis dalam makalah ini akan membahas tentang kemungkinan pemanfaatan Internet of Things untuk melihat permasalahan yang dialami penyandang tunanetra, diharapkan dapat mengurangi terjadinya kesulitan dalam mengidentifikasi transportasi publik di Indonesia, dengan membuat perangkat keras yang dapat memberikan informasi transportasi publik yang sedang berada di sekitar penyandang tunanetra. Perangkat tersebut akan diintegrasikan dengan perangkat GPS, receiver dan transmitter.

Contoh Artikel Ilmiah Agama

Agama menjadi salah satu topik bagian yang menarik untuk dilakukan kajian mendalam melalui sebuah karya ilmiah, yaitu artikel ilmiah. Oleh karena itulah bahasan ini akan memberikan penjelasan mengenai contoh artikel ilmiah agama.

Baca Juga;

  1. Contoh Konflik Antar Agama di Indonesia dan Dunia
  2. Sejarah Sosiologi Agama dari Masa ke Masa
  3. Pengertian Islam Radikal Beserta Cirinya

Artikel Ilmiah Agama

Rekonsiliasi Media Islami Dengan Peningkatan Diskusi Kepemudaan: Tinjauan Dari Perspekif Sosiologi

Peran media massa dalam kehidupan memang sudah tidak bisa dibantahkan lagi, begitupula dengan agama sebagai aspek dasar kehidupan manusia juga mendapat pengaruh sangat besar. Kenyataanya saat ini telah banyak opini publik yang terbentuk dan mengkristal serta menyebar melalui bentuk media massa baik opini yang menyudutkan salah satu pihak atau menguntungkan pihak lainya.

Seperti contoh lebel gerakan radikalime Islam di dunia yang membuat bangsa barat dan sekutu-sekutunya dengan sengaja dijadikan komoditi politik menghancurkan citra Agama Islam sebagai agama rohmatallil’alamin. Terlebih-lebih pasca hancurnya gedung WTC New York yang dituduhkan dilakukan oleh kelompok Islam garis keras (al-Qaeda dan Tahliban) seolah semakin menjadikan tren radikalime Islam menjadi wacana menggelobal sehingga berimplikasi pada sikap kecurigaan masyarakat dunia, terutama nagara-negara barat sekaligus Amerika Serikat terhadap gerakan Islam (Bahri Samsul: 2004)

Begitupula di Indonesia gerakan keagamaan yang bersifat radikal meruapakan fenomonea penting mewarnai citra Islam kontemporer, Jamhari dan Jajang Jahroni (2004) memberikan tiga contoh gerakan radikalime Islam di Indonesia. Pertama adalah gerakan Front Pembela Islam (FPI) bergerak untuk menutup tempat-tempat yang dianggap maksiat pada bulan Romadhon, untuk menunjukan sikap penolakan meraka tanpa mengindahkan hukum konstitusi Indonesia yang ada. Kedua, munculnya gerakan kelompok Lascar Jihad Ahlussunnah Wal Jama’ah di Jogjakarta yang dengan cepat mempu mengumpulkan ribuan jama’ah untuk siap berperang dalam konflik horizontal bernuansa agama di Ambon. Ketiga, dalam urusan politik kelompok Islam radikal lain seperti KSDI juga berdomonstrasi menyuarakan aspirasi-aspirasi mereka terhadap penerapan syareat Islam di Indonesia.

Lebih jauh lagi Jamhari dan Jajang Jahroni juga mengungkapkan bahwa kelompok radikal mempunyai ikatan kelompok yang kuat dengan menampilkan ciri-ciri penampilan diri dan ritual mereka sehingga kelompok Islam radikal seringkali bergerak secara bergerilya walapun banyak juga yang terang terangan, demi untuk eksistensi sekaligus menjadi salah satunya caranya merekrut anggota dengan memainkan peran media massa yang dinilai mempunyai nilai penting didalam menyalurkan idiologi-ideoli perjuangan.

Oleh karena itu negara Indonesia yang mayoritas berpenduduk Islam tentu sangat cepat terpengaruh sehingga dikhawatirkan mengikutinya. Baru-baru ini pemerintah Indonesia bahkan memangkas habis media Islam on-line melalui BNPT dengan memblokir situs-situs Islam yang dianggap radikal dengan cara tegas namun tidak referentif dan konfensional, sejatinya dalam pemblokiran situs itu bertujuan sangat baik yaitu ingin menyelematkan masyarakat terutama generasi muda agar tidak terpengaruh dengan gerakan-gerakan Islam yang radikal namun sayangnya upaya dilakukan pemerintah mendapat kecaman karena ada beberapa pemilik situs diblokir tidak mendapatkan surat peringatan yang dinggap sebagai tindakan kesewenang-wenangan .

Adapun didalam menyikapi upaya pemerintah tersebut setidaknya dapat mengataui bahwa ada rasa kekhawatiran kepada masyarakat Islam di Indonesia yang ditakutkan terpengaruh isu global dengan berpartisipasi dalam gerakan islam radikal akibat doktrin media massa terlebih yang bumming menjadi ancaman adalah gerakan the Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Menyikapi hal tersebut setidaknya yang harus diterapkan adalah pencegahan dengan cara referentif dan bergerak secara masif dengan penganjurkan kepada genarasi muda Islam agar sekiranya meningkatkan wacana diskusi tentang isu agama dengan penerapan rekonsiliasi media islami, sehingga secara tidak langsung pemuda akan mempunyai filter dalam memilah dan memilih mana gerakan Islam radikal yang didalamnya ingin memecah belah umat dan mana gerakan Islam konterporer yang tetep berpegang teguh terhadap syareat agama Islam yang sebanarnya. Sehingga nantinya Agama Islam benar-benar sebagai rohmatallil’alamin yang dipegang teguh oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dan agama.

Contoh Artikel Ilmiah Penelitian

Artikel ilmiah mengenai penelitian biasanya dipergunakan sebagai penjelasan secara singkat atau rangkupan dalam penelitian yang dibuat. Artikel ini sendiri berhubungan erat dengan keadaan di dalam masyarakat yang menarik untuk dilakukan telaah lebih lanjut.

Baca Juga;

  1. Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli dan Syarat Penulisannya
  2. Cara Menentukan Topik Penelitian dan Merumuskan Pertanyaanya
  3. Pengertian Televisi dan Hasil Penelitian Para Ahli

Artikel Ilmiah Penelitian

Mekanisme Pelepasan Hak Atas Tanah Dalam Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

Wacana pembangunan akhir-akhir ini gencar dibicarakan. Pemerintah Republik Indonesia memusatkan perhatiannya pada proyek pembangunan guna memperbaiki kondisi perekonomian negara saat ini. Sistem perencanaan pembangunan harus diselenggarakan berdasarkan asas demokrasi dan didukung dengan prinsip-prinsip kebersamaan, keadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan dan kemandirian. Adanya pembangunan yang merata disetiap provinsi yang ada di Indonesia dapat menjaga kesatuan nasional (UU Nomor 25 Tahun 2004).

Pembangunan secara garis besar terdiri dari pembangunan non fisik dan fisik. Menurut Wresniwiro pembangunan non fisik adalah jenis pembangunan yang tercipta oleh dorongan masyarakat setempat dan memiliki jangka waktu yang lama. Lain halnya dengan pembangunan fisik adalah pembanguan yang dapat di rasakan langsung oleh masyarakat atau pembangunan yang tampak oleh mata. Pembangunan fisik misalnya berupa infrastruktur, bangunan, fasilitas umum(dalam Misiyanti, 2014:5).

Saat ini salah satu pembangunan fisik yang sedang dijalankan adalah proyek jalan Tol Trans Sumatera yang telah mulai dibangun dari Provinsi Lampung dengan perkiraan sepanjang 140,41 kilometer. Proyek Pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung dimulai dari Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan hingga Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah (Antara, 2015).

Penyelenggaraan jalan tol sendiri dimaksudkan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan menjaga keseimbangan dalam pengembangan wilayah dengan memperhatikan keadilan, yang dapat dicapai dengan membina jaringan jalan yang dananya berasal dari pengguna jalan. Sedangkan tujuan dari jalan tol yakni untuk meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi guna menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi terutama di wilayah yang sudah tinggi tingkat perkembangannya (Perpres Nomor 15 Tahun 2005).

Permasalahan yang sering timbul dalam proses penyelenggaraan jalan tol adalah tentang pertahanan tanah yang dilakukan masyarakat. Pemerintah harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk dapat membebaskan lahan masyarakat pada proyek pembangunan lainnya. Peristiwa konflik pertanahan yang sering ditemukan seperti kasus-kasus pada umumnya, tidak di temukan pada proses pembangunan jalan Tol Trans Sumatera di Lampung, khususnya di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Umumnya masyarakat Desa Sabah Balau sangat mendukung pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Berdasarkan hasil pra riset peneliti, dalam proses pelepasan hak atas tanah di Desa Sabah balau ini tidak ditemukan masalah yang serius.

Masyarakat Desa Sabah Balau yang tanahnya harus direlakan demi kepentingan umum ini sangat proaktif dalam proses pelepasan hak atas tanah. Masyarakat Desa Sabah Balau telah memahami bahwa tanah yang berada dalam kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini adalah seutuhnya milik Indonesia (Pasal 1 UU Nomor 5 Tahun 1960). Tidak ada protes atau penolakkan dari pihak masyarakat dalam proses pembebasan lahan tersebut. Masyarakat Desa Sabah Balau juga memiliki pengetahuan dan kesadaran terhadap hukum pengadaan tanah ini, sehingga mereka mengikuti seluruh prosedur yang telah ditetapkan.

Dari sejumlah penjelasan dan juga contoh kumpulan artikel ilmiah berbahasa Indonesia di atas, penting bagi pembaca untuk memahami struktur dan sistemasiasi pembuatan penelitian, yang harus di dalamnya ada latar belakang, pembahasan, dan kesimpulan yang di dapatkan.

Pembuatan dalam artikel ilmiah juga setidaknya mengandung ciri khas atau karakteristik artikel itu sendiri. Ciri dalam pembuatan artikel ilmiah yang baik, antara lain adalah memperlihatkan sisi akademisnya dengan menyebutkan sumber pusataka yang relevan dalam pembuatan artikel ilmiah.

Demikianlah tulisan yang dapat kami uraikan dalam memperjelasan mengenai contoh artikel ilmiah populer terbaru lengkap. Semoga dengan uraikan yang kami sajikan dalam membantu dan bisa menjadi pedoman bagi siapa saja yang sedang membutuhkan materi tentang “Contoh Artikel”. Trimakasih,

12 Contoh Artikel Ilmiah Populer Terbaru Lengkap
Rate this post