8 Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah Terlengkap

Posted on

kata pengantar karya ilmiah

Kata pengantar merupakan bagian sub pendahuluan dalam karya tulis ilmiah, baik esai, karya tulis untuk penelitian atau perlombaan, skripsi, desertasi, tesis, atau yang lainnya. Kata pengantar biasanya ditulis untuk mengungkapkan terima kasih dari penulis kepada setiap orang yang ikut berperan serta menyelelesaikan laporannya ilmiahnya. Adapun sebagai penjelas mengenai kata pengatar tersebut, berikut indonesiastudents.com merangkup sejumlah contoh kata pengantar karya ilmiah yang umumnya seringkali dipergunakan oleh pelajar, mahasiswa, atau masyarakat.

Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata pengantar karya ilmiah adalah bagian dari sub bab pendahuan dan bukan isi akan tetapi menyertakan kata pengantar disetiap karya ilmiah itu harus dilakukan karena menyangkut etika seorang penulis dalam penyampaikan suatu bentuk laporan ilmiah yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kata pengentar ini biasanya berada di halaman depan, di dalam cara membuat karya tulis ilmiah. Oleh karenannya bagian ini menjadi bagian pembuka agar karay ilmiah yang dibuat sesuai dengan panduan serta cara penulisan yang sudah di sahkan.

Artikel Terkait;

  1. Contoh dan Cara Membuat Pendahuluan Karya Tulis Ilmiah
  2. 10 Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Kriteria, Contoh, dan Manfaatnya Menurut Ahli
  3. 8+ Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah


Ada 8 contoh kata pengantar karya tulis ilmiah yang bisa dijadikan panduan bagi yang membutuhkan, diantaranya;


Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Bismillah, Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT dan Baginda Rasulullah SAW yang telah memberikan rakhmat dan karunia-Nya, sehingga tim dapat menyelesaikan karya tulis dengan judul “Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia melalui Kebijakan Education Mix System Ind-Mal di Era Asean Economic Community)” yang diikutkan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah – Online UKM Penelitian Universitas Lampung 2014.

Tim menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan, dan keberhasilan dalam penyusunan karya tulis ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak baik langsung maupun tidak langsung. Dalam kesempatan ini, Tim ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Bapak Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd. Selaku Pembantu Rektor III Universitas Negeri Padang
  3. Orang Tua dan orang-orang yang selalu mendoakan disetiap langkah kami
  4. Teman-teman di Universitas Negeri Padang yang telah memberikan doa, dukungan dan masukkan yang berguna untuk penuliasan karya ini.

Semoga segala kebaikan dan pertolongan dari semua pihak mendapatkan berkah dari Allah SWT. Akhir kata Tim mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam penulisan karya ilmiah ini, dan semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Aamin.

Padang, Desember 2014

(Penulis)

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini tepat pada waktunya. Karya tulis ini disusun dalam rangka mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Online (LKTIN-Online) Klaster Mahasiswa Tahun 2014 yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Lampung.

Dalam penyusunan karya tulis ini, kami mengangkat judul mengenai Teknologi Mikroenkapsulasi Ekstrak Daun Pandan (Pandanus Amaryllifolius) Untuk Terapi Suportif Diabetes Mellitus Tipe II dengan Uji In Vivo Histopatologis Pankreas. Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia dan berbagai pihak yang telah membantu dalam tercetusnya ide dan penyusunan karya tulis ini.

Kami menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca. Harapan kami semoga ide dalam penulisan karya tulis ini dapat menginspirasi bagi para pembaca dan bermakna bagi perkembangan dunia kesehatan Indonesia khususnya farmasi.

Depok, Desember 2014

Tim Penulis

Contoh Penulisan Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Cahaya ilmu tidak lelah menerangi kehidupan dengan sinarnya. Sebongkah berlian pengetahuan dari Tuhan Yang Maha Kuasa agar manusia mampu memimpin dunia ini. Atas karunia dan rahmat-Nya pula Penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah dengan judul “Minyak Hilal (Hidrokarbon dari Hidrolisis.Alang-Alang)”: Produksi Etanol dari Alang-Alang berbasis Hidrolisis Asitik Ikatan β -1,4 Glikosidik dan Destilasi Fraksional (Rekayasa Peningkatan Efisiensi Produksi Etanol dengan Tinjauan Waktu dan Konsentrasi) guna mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Online (LKTIN-Online) UKM Penelitian Universitas Lampung 2014.

Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan, terutama Ibu Emi Sukiyah selaku pembimbing dalam penulisan karya tulis ilmiah ini. Tidak lupa Penulis ucapan terimakasih kepada Bapak, Ibu, kakak, adik, serta teman-teman yang telah memberi dukungan dalam terselesainya karya tulis ilmiah ini. Penulis menyadari bahwa penyusunan karya tulis ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan.

Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat Penulis butuhkan guna perbaikan karya tulis ilmiah selankjutnya. Semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Jatinangor, 16 Desember 2014

Penulis

Contoh-Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Syukur alhamdulillah Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang berjudul “LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) dengan Ekstraksi Kulit Langsat” ini dapat kami selesaikan sesuai dengan yang diharapkan dan mampu tepat waktu. Karya Tulis Ilmiah ini dibuat dalam rangka menciptakan inovasi baru dibidang kesehatan serta untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Online (LKTIN-Online) Klaster Mahasiswa Tahun 2014 dari Universitas Lampung.

Proses pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini tidak akan mampu terselesaikan tanpa bantuan orang-orang terdekat kami dan karunia dari Allah SWT. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada:  orang tua kami yang selalu memberikan doa dan semangat, dosen Universitas Airlangga  dan, rekan mahasiswa Universitas Airlangga Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari karya tulis ilmiah ini, baik dari materi maupun tekhnik penyajiannya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat Kami harapkan.

Demikian karya ini kami buat semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Banyuwangi, 10 Desember 2014

Penyusun

Contoh Kata Pedoman Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis dengan judul “TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) : Konsep Tambak Rumput Laut Berbasis Hybrid Energy System sebagai Solusi Kelangkaan Supply Energi bagi Masyarakat Pesisir Pantai” tepat pada waktunya.

Karya tulis ini dapat tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, khususnya kepada :

  1. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., selaku Pejabat Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Didik Hariyanto, M.T, selaku pembimbing dalam penulisan karya tulis.
  4. Orangtua, keluarga, dan teman-teman yang selalu memberi dukungan pada kepada kami.
  5. Semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya penulisan karya tulis ini, yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu.

Kami sangat menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan sangat jauh dari sempurna. Seperti kata pepatah “ Tiada Gading yang Tak Retak ”. Akhirnya kami mohon kritik, saran, dan masukan yang membangun sebagai pedoman kami dalam melangkah ke arah yang lebih baik lagi. Semoga karya tulis ini dapat berguna bagi kita semua. Amin.

Yogyakarta, 10 Desember 2014

Penulis

Contoh Panduan Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan pertolongan-Nya karya tulis dengan judul“EL SALVADOR (Electric Solar Wind Destilator) : Rekayasa Teknologi Destilasi Berbasis Renewable Energy Matahari dan Angin dengan Sensor Combination untuk Produksi Air Bersih dari Air Laut dapat diselesaikan dengan baik. Karya tulis ini disusun dengan maksud utama yaitu untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Online (LKTI-Online) Klaster Mahasiswa yang diselenggarakan oleh UKM Penelitian Universitas Lampung dan juga memberikan inovasi tentang sistem destilasi air laut menggunakan energy terbarukan untuk mengatasi krisis air bersih.

Alhamdulillah, penulisan karya tulis ini bias selesai tepat waktu berkat dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada :

  1. Bapak Feby Agung Pamuji, ST.,MT. yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam membimbing, member masukan dalam penyelesaian karya tulis ini.
  2. Keluarga yang telah memberikan doa dan motivasi.
  3. Pihak – pihak yang mendukung dan membantu terealisasikannya penulisan karya tulis ini, baik berupa dukungan, doa dan materi.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih terdapat kekurangan, baik dari aspek materi, sistematika penulisan, maupun dari aspek bahasa yang digunakan. Oleh karena itu, semua saran perbaikan dan pembangunan untuk karya tulis ini penulis terima dengan senang hati. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Surabaya, 17 Desember 2014

Penulis

Contoh Penulisan Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat serta HidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis dengan judul “Ular Tangga Hidup Sehat ala Al-Qur‟an (UGAHISAN): Media Pembelajaran “Fun Learning” untuk Memahami Gaya Hidup Sehat Berbasis Pendidikan Al-Qur‟an bagi Anak Usia Sekolah Dasar”.

Karya tulis ini disusun untuk mengikuti seleksi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Online Universitas Lampung 2014. Karya tulis ini dilatarbelakangi atas dasar keprihatinan penulis terhadap penggunaan plastik pada pembungkus makanan yang sangat membahayakan kesehatan manusia.

Karya tulis ini dapat tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada:

  1. Prof.Dr.Rochmat Wahab, M.Pd, M.A, selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Dr.Sumaryanto,M.Kes,selaku Wakil Rektor II Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Suhandoyo,M.S, selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Dr. Marzuki, M. Ag, selaku dosen pembimbing dalam pembuatan karya tulis ini.
  5. Orang tua dan seluruh rekan-rekan yang turut membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu. Kami menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan, sehingga kami mengharapkan kritik dan saran, agar kedepannya kami lebih baik lagi.

Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Yogyakarta, 16 Desember 2014

Penulis

Contoh Kata Pengantar Penulisan Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Sintesis dan Karakterisasi Kitosan-Alginat dengan Ekstraksi Daun Kelor sebagai Aplikasi Penutup Luka”. Karya tulis ini disusun untuk mengikuti lomba LKTIN-Online klaster mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Lampung.

Penyusun menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih banyak kekurangan, maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca dan seluruh masyarakat Indonesia.

Surabaya, Desember 2014

Penyusun

Contoh Kata Pengantar dalam Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas perkenan-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya tulis ilmiah dengan judul “ E-SEPTICTANK: SOLUSI TERBARU PERMASALAHAN ENERGI LISTRIK DIINDONESIA”. Karya tulis disusun dalam rangka mengikuti LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ONLINE (LKTI- ONLINE) KLASTER MAHASISWA DI UNIVERSITAS LAMPUNG Karya tulis ini didasarkan pada pustaka-pustaka yang telah ada sebelumnya yang memuat hasil penelitian para ahli.

Penulis ingin memaparkan E-Septitank yang dijadikan sebagai inovasi baru yang berbasis Microbial Fuel Cell. Inovasi ini diharapkan menjadi salah satu solusi permasalahan krisis listrik di Indonesia Selama proses penyusunan karya tulis, penulis mendapatkan banyak bantuan dari pihak lain yang tidak dapat dituliskan satu per satu. Penulis berterimakasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dan membantu penyusunan karya ilmiah ini.

Penulis menyadari ada banyak kekurangan dalam penyusunan karya tulis ini, karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Kuasa.Diharapkan masukan dan saran dari semua pihak untuk melengkapi kekurangan karya tulis kami.Akhir kata semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Semarang, 11 Desember 2014

Tim Penyusun

Demikianlah tulisan mengenai 8 contoh kata pengantar karya tulis yang bisa dengan mudah para pembaca ambil, baik sebagian ataupun secara keseluruhan. Akan tetapi sebagai catatan penting untuk menulis kata pengatar sebaiknya di dalamnya ada kata ucapan syukur, judul karya tulis, ucapan trimakasih, kerendahan hati, dan waktu penulisan beserta tempat penulisannya. Trimakasih,

8 Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah Terlengkap
5 (100%) 1 vote