16 Jenis Batuan dan Pemanfaatan Serta Contohnya Lengkap

Posted on

Jenis Batuan dan Pemanfaatan

IndonesiaStudents.Com– Batuan menjadi salah satu bahasan yang sangat penting di dalam kajian ilmu geografi. Kajian terhadap batuan ini mengindikasikan bahwa ilmu kebumian merupakan aspek pengetahuan yang tidak terbatas adanya, mulai dari biosfer, atmosfer, dan litosfer. Sebagai penjelasan lebih lanjut, di dalam artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai jenis batuan dan pemanfaatannya.

Batuan

Batuan adalah benda padat yang menjadi bagian daripada lapisan litosfer yang berada di karak bumi yang paling dalam. Batuan ini tersusun atas magma dan akan menjadi magma kembali, hal ini sebagimana yang dijelaskan di dalam 6 siklus batuan di bumi.

Jenis Batuan

Jenis atau karakteristik batuan yang berada pada susunan kerak dan juga pemanfaatannya dapat dibedakan menjasi 3 jenis, adapun jenis daripada bantuan tersebut antara lain sebagai berikut;

  1. Batuan Beku
  2. Batuan Sedimen
  3. Batuan Metamorf

Jenis bantuan yang ada di dalam bumi memiliki fungsi yang berbeda dari satu batuan ke bantuan lainnya. Hal ini banyak di latar belakangi dari susunan terbentuknya batuan yang berbahan dasar tidak serupa. Oleh karena itulah penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut;

Jenis-Jenis Batuan dan Pemanfaatannya

Macam bantuan dan pemanfaatnya, diantarnya;

Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk sebagai akibat pembekuan magma di permukaan Bumi (dalam batolit), pipa magma atau kawah, dan di atas permukaan Bumi berupa lelehan. Contoh yang menjadi bagian daripada batuan beku ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Obsidian digunakan sebagai bahan baku pembuatan pisau dan perhiasan.
  2. Basalt dan andesit, sebagai bahan dasar bantuan yang difungsikan untuk pembangunan jalan dan bahan campuran beton, hal ini lantaran batuan ini memiliki kekuatan yang paling tinggi di bandiangkan dengan jenis batuan yang lainnya.
  3. Granit, adalah batuan yang seringkai dipergunakan untuk bahan baku dalam susunan pembuatan jembatan, ubin, atau difungsikan sebagai bangunan dalam bendungan.
  4. Batu apung, adalah jenis batuan beku yang dipergunakan sebagai alat penggosok atau ampelas.
  5. Diorit, adalah jenis batuan yang banyak difungsikan sebagai ornamen dinding-dinding dalam rumah, pembangunan lantai, dan fondasi pada rumah atau gedung.

Batuan Sedimen

Jenis batuan yang kedua dan fungsinya, adalah batuan sedimen yang pada umumnya batuan ini berasal dan perombakan batuan beku yang mengendap dan memadat. Batuan sedimen mempunyai ciri berlapis sebagai akibat terjadinya perulangan pengendapan. Contoh, jenis batuan sedimen sebagai berikut;

  1. Batu pasir, breksi, dan konglomerat adalah jenis batuan sedimen yang banyak difungsikan untuk bahan baku bangunan, gedung, sekolah, dan bahan bangunan lainnya.
  2. Gamping, adalah jenis batuan yang difungskan sebagai bahan campuran bangunan, industri karet dan ban, kertas, baja, gelas, serta industri pada pembuatan semen.
  3. Gipsum, adalah jenis batuan sedimen yang banyak digunakan untuk bahan perekat, pupuk, penambah kekerasan bahan bangunan, dan bahan baku kapur tulis.
  4. Batu serpih, adalah jenis batuan sedimen yang digunakan untuk bahan perabotan rumah tangga, bahkan ibu rumah tangga seringkali mempergunakan batuan serpih ini untuk keperluan memasak seperti halnya dipergunakan dalam pembuatan cobek.

Batuan Metamorf

Jenis batuan yang terkhir adalah batuan beku atau batuan sedimen yang mengalami perubahan akibat tekanan dan suhu sangat tinggi akan membentuk batuan metamort. Perubahan dari bauan sedimen ke metamorf ini sendiri dapat terjadi secara fisik dan kimia. Contoh yang tergolong sebagai batuan metamorf ini misalnya saja adalah;

  1. Batu sabak, adalah jenis batuan metamorf yang banyak digunakan sebagai campuran semen dan panel instrumen listrik.
  2. Pualam, adalah jenis batuan metamorf yang banyak dimanfaatkan untuk membuat meja, asbak, guci, dan hiasan dinding.
  3. Marmer, adalah jenis batuan metamorf yang banyak difungsikan sebagai bahan Iantai, dan dinding kamar mandi dan ruangan di dalam rumah.
  4. Kuarsa, adalah jenis bantuan metamorf yang difungsikan sebagai bahan pembuatan kaca, keramik, dan batu perhiasan yang pernah menjadi familiar di Indonesia.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai jenis batuan dan pemanfaatan serta contohnya, semoga dengan adanya penjelasan inilah bisa menjadikan referensi dan juga menjadi sumber pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang “Jenis Batuan”. Trimakasih,

16 Jenis Batuan dan Pemanfaatan Serta Contohnya Lengkap
Rate this post