3 Lapisan Litosfer dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Lapisan Litosfer dan Penjelasannya

IndonesiaStudents.Com– Litosfer menjadi salah satu bagian daripada penjelasan dalam konsep geografi yang memberikan kosep mengenai fenoman-fenomana di planet bumi. Sebagai struktur litosfer memiliki banyak lapisan-lapisan yang saling mempengaruhi satu sama lain, oleh karena itulah di dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai 3 lapisan litosfer.

Litosfer

Litosfer pada dasarnya berasal dari Bahasa Latin “lithos” yang memiliki arti batuan sedangkan “sphere” artinya adalah lapisan. Sehingga secara singkat definisi litosfer adalah lapisan yang ada di dalam kerak bumi yang memiliki ketebalasan sedalam 1200 Km, bagian paling bawah di dalam bumi ini memiliki struktur yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Pengertain Lapisan Litosfer

Pengertuan lapisan litosfer adalah lapisan kulit Bumi yang terletak pada bagian paling luar. Dengan bahan utama pembentuk batuan dari litosfer ini sendiri adalah magma (sebagai bahan kimia yang memiiki tingkat kepasan tinggi). Unsur-unsur bercampurnya batuan serta magma tersebut membentuk kulit Bumi paling luar dengan ketebalan sekira 70 KM, bahkan ada yang mengetakan bahwa ketebalan dalam listifer ini sendiri adalah 1200 KM.

Struktur Lapisan Litosfer

Adapun yang menjadi bagian daripada struktur yang ada di lapisan litosfer, ini antara lain adalah sebagai berikut;

Lapisan Kerak

Kulit Bumi yang memiliki sifat paling keras dinamakan kerak. Kerak terbagi atas lempeng benua (continental crust), selain itu juga ada lempeng samudra (oceanic crust). Kedua lempeng mi memiliki karakteristik berbeda, akan tetapi dalam kepastiannya ada persamaan yang tidak bisa dipisahkan.

Lempeng Benua (Continental Crust)

Bagian lapisan litosfer adalah , kerak benua yang membentuk daratan benua. Tebal lapisan yang ada di dalam kerak benua sekira 20 sampai dengan 70 KM. Bagian atas yang ad di kerak benua tersusun atas batuan granit ringan. Bagian bawah tersusun atas batuan basal yang bersifat rapat.

Lempeng Sam udra (Oceanic Crust)

Kerak samudra mengalami pembaruan secara terus-menerus karena adanya aktivitas vulkanis di sepanjang pematang tengah samudra. Aktivitas tersebut men yebabkan ketebalan kerak samudra di bagian tengah yang dalam penelitian imiah kedalaman yang dimiliki lempeng samudara ini mencapai 130 KM.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Bumi, Struktur, dan Lapisannya
  2. 16 Jenis Batuan dan Pemanfaatan Serta Contohnya
  3. Teori Pembentukan Bumi Menurut Para Ahli

Adapun untuk kerak samudra ini sendiri tersusun atas beberapa bahan-bahan yang terdapat dalam lapisan litosfer. Bahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Sedimen laut
  2. Batuan vulkanik
  3. Batuan beku gabro
  4. Peridotit

Dari penjelasan mengenai pengertian struktur lapisan litosfer di atas, dapat disimpulkan bahwa di dalam lapisan litosfer ini menjadi lapisan paling bawah yang ada di kerak bumi. Sebagai lapisan paling bawah karektristik yang ada di dalam litosfer ini di dominasi oleh magma.

Demikianlah tulisan dan penjelasan mengenai struktur lapisan litosfer dan penjelasannya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi para pembaca yang sedang mendalami materi tentang “litosfer”. Trimakasih,

3 Lapisan Litosfer dan Penjelasannya Lengkap
Rate this post