5 Logo-Logo Pramuka Terlengkap

Posted on

Pramuka merupakan salah satu organisiasi yang bergerak pada pendidikan dengan bersifat non formal. Pramuka ini ada di seluruh dunia termasuk juga ada di Indonesia, banyak hal yang bisa dipelajari dari Gerakan Pramuka Indonesia, mulai dari kepekaan dengan masalah-masalah sosial, kepedulian dengan lingkungan, serta sikap pantang menyarah dalam menghadapi masalah. Dalam pramuka wajib bagi siapapun mengentahui logo pramuka sebab dengan dasar mengetahui itulah bisa mengenal lebih dekat dengan pramuka ini. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membagikan tentang Logo-Logo Pramuka yang bisa dengan mudah kamu dapatkan arti serta gambar lambangnya.

Pramuka

Pramuka secara harfiah memiliki arti sebagai gerakan pemuda (baca, pengertian pemuda) yang suka berkarya. Arti ini sendiri di dapatkan dari kepanjangan Pramuka yaitu Praja Muda Karana. Dengan tingkatan-tingkatan yang dimilikinya sesuai dengan usia serta kemampuannya.

Tingkatan dalam Pramuka

Adapun tingkatan dalam Pramuka, antara lain adalah sebagai berikut;

Pramuka Siaga

Tingkatan pertama dalam pramuka adalah pramuka siaga, tingkatan ini biasanya dilakukan oleh yang pelajar SD (Sekolah Dasar) yang berada di kelas 1 sampai 3 SD. Dengan usia tetapnya minimal 7 tahun dan maksimalnya adalah 10 Tahun.

Pramuka Penggalang

Kedua, pramuka penggalang degan syarat mengikuti pramuka penggalang ini ialah usia miniaml 10 Tahun dan maksilnya 15 Tahun. Dalam usia ini biasanya dilalui oleh pelajar yang duduk pada jenjang pendidikan SD sampai SMP. Selengkapnya, baca; Pengertian Pramuka Penggalang dan Kode Kehormatannya

Pramuka Penegak

Pramuka pada tinggkatan yang ke-3 adalah penegak dengan batas minimal usia dalam pramuka penegak ini ialah 16 tahun dan maksimal batas uisanya 20 tahun. Pramuka penegak dilakukan pelajar dari tingkatan SMA hingga ia menjadi Mahasiswa. Selengkapnya, baca; Pengertian Pramuka Penegak, Tingkatan dan Istilah Kata Lainnya

Pramuka Pandega

Tingkatan terkhir dalam organisasi pramuka ini sendiri ialah pramuka pandega dengan batas minimal 20 tahun dan maksimlanya 25 tahun. Tingkatan pramuka tertinggi ini memiliki tugas serta fungsi mengakmodir jalannya pengurusan pramuka yang tergabung di dalam dewan kerja.

 Logo Pramuka

Setelah memberikan penjelasan secara singkat mengenai pengertian pramuka penting bagi tulisan ini untuk memberikan contoh logo pramuka atau lambang pramuka. Penjelasan ini sendiri dimaksudkan agar tidak melupakan kejian sejarah penting yang ada dalam indetitas pramuka.

Sejarah Logo Pramuka

Sejarah dalam gambar logo pramuka ialah siluet tunas kelapa dengan pencipta logo ini sendiri ialah Soenardjo Atmodipurwo yang lahir pada tahun 1909 san wafat pada tahun 1979. Logo pramuka atau lambang pramuka ini pertamakali dipergunan serta difungsikan pada  14 Agustus 1961 yang pada saat ini setiap Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka.

Penetapan dalam Lambang Pramuka ini resmi berdasarkan pada Keputusan Kwarnas No. 06/KN/72. Yang isinya menetapkan secara utuh bahwasanya tunas pohon kelapa atau nyiur simbul gerakan pramuka Indonesia. Alasan menggunakan tunas pohon kelapa atau nyiur sebagai logo pramuka antara lain memiiki filosofi yang bagus, yaitu;

Arti Tunas Pohon Kelapa Sebagai Logo Pramuka

Berikut ini filosofi atau arti daripada logo pramuka atau lambang pramuka, diantaranya;

  1. Buah nyiur yang digambar dalam keadaan tumbuh menagndung makna sebgai sebuah inti kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa) dengan nama inilah buah nyiur dalam tunas kelapa disebut dengan cikal.
  2. Buah nyiur atau cikal sebagai logo pramuka diprediksi akan tahan lama, oleh karena itulah logo pramuka ini mengandung intisasri bahwa jasmani dan rohani para pengikut pramuka akan kuat dan ulet.
  3. Filosofi buah kelapa atau Nyiur yang dapat tumbuh di berbagai jenis tekstur tanah mengdiksikan bahwa seseorang yang mengikuti pramuka dianggap serta di dorong mampu untuk beradaptasi dalam segala kondisi, baik suka ataupun duka.
  4. Arti buah nyiur sebagai logo pramuka yang tumbuh menjulang tinggi mengindikasikan bahwa pramuka memiliki cinta-cita yang tinggi untuk kehidupan bangsa dan negara.
  5. Filosofi yang terakhir dari logo pramuka ini ialah akar nyiur atau cikal yang kuat, dengan artian bahwasanya pramuka berpegang pola dasar kehidupan yang kuat, selain itu juga cikal memiliki arti bahwa serbaguna dan berfilosofi bahwa seseorang yang mengikuti pramuka akan berguna bagi bangsa, agama, dan negara, khususnya di Indonesia.

Baca, juga; Lambang Pramuka (Dunia +Indonesia): Pengertian dan Penjelasanya

Gambar Logo Pramuka

Beberapa gambar yang terdapat dalam logo Pramuka sangat mudah kita temukan. Baik dalam bentuk PNG, JPG, ataupun dalam bentuk vektor. Logo ini sendiri dipergunakan dan dampak kamu download secara gratis tanpa perlu meminta izin sekalipun, asalkan tidak menyalahi aturan-aturan yang berlaku.

Logo Pramuka Tunas Kelapa

logo pramuka tunas kelapa

 

Logo pramuka tunas kelapa adalah lambang pramuka di Indonesia yang telah di sahkan dan dipergunakan di berbagai pihak atau lembaga pendidikan. Hampir keseluruhan bagi kalian yang ingin membuat logo pramuka haruslah wajib mencantumkan tunas kelapa sebagai simbul bahwa kalian ialah pramuka Indonesia.

Logo Pramuka Lambang Pelantikan

logo pramuka pelantikan

Logo pramuka kedua ialah logo pramuka yang biasa dipergunakan sebagai tanda pelatikan pada jenjang pendidikan di Pramuka, baik penegak penggalang, pandega, atau tingkatan pramuka yang lainnya. Elemen tanda penting dalam logo pramuka ini memiliki arti atau filosofi sebagai berikut;

  1. Gambar padi yang ada dalam lembaga di dalam logo pramuka pelantikan mengindikasikan makna pangan.
  2. Gambar kapas dalam logo pramuka di atas memberi arti sandang yang menjadi salah satu kebutuhan primer mahluk hidup.
  3. 10 roda dari logo pramuka di atas, memiliki arti Dasa Darma Pramuka, yakni mengenai 10 hal yang harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan Pramuka.
  4. Tulisan yang termuat dalam Gerakan Pramuka di atas, secara langsung melambangkan bahwasanya gerakan pramuka ini sebagai gerakan tunggal yang menjadi wadah pendidikan mengenai kepanduan di Indonesia.
  5. Tunas Kelapa, yang biasa disebut sebagai kitri memiiki arti bahwa lambang Gerakan Pramuka yang diatas ada bintang ialah memiliki cita-cita yang tinggi.
  6. Terdapat ada 5 bintang pada gambar di bawah tunas kelapa ialah arti Pancasila.
  7. Dua warna yang terdapat pada lambang pramuka, yaitu kuning dan cokelat mengartikan kekuatan dan keagungan (kuning), serta tanah sebagai sumber kehidupan (coklat).

Logo Pramuka Keren

logo pramuka keren

Selain kedua logo pramuka di atas, kamu juga bisa melakukan pengeditan dengan bentuk yang keratif serta inovatif. Sehingga logo pramuka akan lebih dinilai sebagai logo yang keren, akan tetapi pembentukan logo in jangan sampai mengurangi arti serta makna yang ada dalam lambang pramuka. Contoh gambar logo pramuka yang keren seperti terdapat dalam gambar di atas.

Logo Pramuka di Baju

logo pramuka di baju

Logo pramuka di baju seringkali ditemukan dalam kehidupan pelajar sekolah. Logo pramuka di baju ini sebagai simbul kebanggaan. Contoh gambar di atas, ialah logo pramuka yang memiliki arti tersendiri, lambang pramuka ini biasa dipergunakan untuk tingkatan penggalang di Kota Depan, Provinsi Jawa Barat.

Logo Pramuka Dunia

logo pramuka dunia

Logo Pramuka selanjutnya ialah logo pramuka dunia, yang di ciptakan oleh Bapak Pandu Dunia. Sebagai mantan Militer Bapak pandu dunia, yaitu Lord Robert Baden Powell Of Gilwel atau sering kita sebut “Baden Powell”. Logo ini secara khusus di diciptakan untuk logo kepanduan di seluruh dunia. Selengkapnya, baca; Biografi Bapak Pandu Dunia

Dari penjelasan mengenai logo pramuka di atas, penting setidaknya diketahui bahwasanya penggunaan logo dilakukan pada Panji, Papan Nama Satuan/Kwatir, Pada Bendera, alat administrasi, serta Tanda Pengenal. Pada logo pramuka dipergunakan dengan tujuan sebagai media pendidikan serta pengenalan lebih dalam terhadap logo pramuka dan grakan pramuka secara umum.

Artikel Terkait;

  1. Bapak Pramuka Indonesia Beserta Biografinya
  2. Bapak Pandu Indonesia Beserta Biografinya

Demikianlah penjelasan dan pembahasan secara singkat mengenai logo pramuka. Semoga dengan adanya tulisan ini serta gambar dalam logo pramuka ini bisa memberikan wawasan serta memberi contoh gambar-gambar logo pramuka yang perlu dipergunakan. Trimakasih,

5 Logo-Logo Pramuka Terlengkap
5 (99.81%) 104 votes