3 Pengertian Vandalisme Menurut Para Ahli dan 2 Contohnya

Diposting pada

Vandalisme telah menjadi wabah di Indonesia. Sadar atau tidak disadari di setiap harinya prilaku vandalisme selalu kita lakukan. Dari sekedar corat-coret tembok hingga melakukan beragam tindakan dalam proses perusakan lingkungan.

Adapun sebagai penejasan lebih lanjut menganai vadalisme, berikut akan memberikan arti vandalisme dan contoh vandalisme.

Daftar Isi

Vandalisme

Diakui ataupun tidak. Pada dasarnya perilaku vandalisme ini seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Alasannya karena istilah vandalisme tidak hanya mengacu mengacu pada perilaku pelaku, tetapi juga mencakup motivasi dari masing-masing pelaku.

Ccontoh kasusnya seperti adanya vandalisme seperti perilaku seperti membuang sampah sembarangan, mencoret-coret ruang publik, atau mencoret cagar budaya.

Pengertian Vandalisme

Vandalisme adalah bagian daripada perilaku yang membahayakan karena dapat merusak keindahan alam dan lingkungan. Vandalisme ini tidak hanya mengacu pada suatu bentuk perilaku pelaku, akan tetapi tetapi juga mencakup motivasi dari masing-masing pelaku.

Pengertian Vandalisme Menurut Para Ahli

Adapun definisi vandalisme menurut para ahli, antara lain;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Vandalisme/van-dal-is-me/n adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya), atau vandalisme diartikan sebagai perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.

  1. Haryadi dan Setiawan (1995)

Vandalisme adalah segala macam perilaku yang menyebabkan kerusakan atau penghancuran benda pribadi atau publik. Tidak ada definisi yang jelas tentang vandalisme secara khusus.

  1. Goldstein (1996)

Vandalisme adalah bagian daripada perilaku yang dilakukan secara sengaja dengan maksud merusak atau menghancurkan suatu objek yang menjadi layanan publik ataupun miliki bersama sehingga merusak keindahan yang ada.

Contoh Vadalisme

Berikut contoh vandalisme yang terjadi di Indonesia. Misalnya saja;

  1. Vandalisme di Cagar Budaya.

Seperti yang terjadi di Museum Lampung. Pemandangan hasil “kreatif” tangan tangan jahil seperti itu bisa ditemui di bangunan sejarah Lamban Pesagi di Kawasan Museum Ruwa Jurai Provinsi Lampung. Beragam coretan memenuhi bangunan rumah adat masyarakat Lampung yang jadi ikon Museum Lampung. Mulai dari tiang pancang bangunan, dinding, tangga, hingga lumbung padi yang berada di bagian belakang, tidak luput dari aksi vandalisme yang mayoritas berisi pesan cinta (Prasetyo, 2014).

  1. Vandalisme yang Dilakukan Pendaki Gunung

Para pendaki yang seharusnya menjaga keindahan alam justru melakukan tindakan Vandalisme dengan melakukan aksi corat-coret, seperti yang terjadi di gunung Lawu (Anonim, 2011).


Dampak dari Perilaku Vandalisme

  1. Perusakan Terhadap lingkungan
  2. Mengganggu Ketertiban
  3. Mengganggu Keindahan/Kenyamanan Orang Lain

Demikianlah ulasan mengenai pengertian vandalisme menurut para ahli dan contoh kegiatan vandalisme yang sering dilakukan oleh peserta didik, para remaja, orang-orang dewasa, atau yang lainnya. Oleh karenanya dengan adanya definisi vandalisme ini semoga dapat menjauhkan kita dari prilaku-prilaku vandalisme.

5/5 - (1 vote)