6 Pengertian Habitat Menurut Para Ahli dan 2 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Habitat Menurut Para Ahli

Habitat diakui ataupun tidak, pada hakikatnya menjadi istilah yang wajib dipelajari bagi setiap orang di jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, ataupun Perguruan Tinggi. Apalagi bagi peminat disiplin ilmu biologi, khusunya ilmu ekologi wajib rasanya untuk mengatahui pengertian habitat ini.

Oleh karena itulah, sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel inilah akan memberikan ulasan mengenai pengertian habitat dan contoh habitat.

Daftar Isi

Habitat

Habitat adalah bagian daripada tempat atau ruang bagi makhluk hidup untuk tinggal atau berkembang biak secara  optimal. Tempat yang dimaksud disini ialah tempat dalam melakukan serangkaian bentuk perkawinan, peristrirahatan, bertelur, dan yang lainnya.

Oleh karena itulah, tempat ini juga terdiri dari lingkungan yang ada disekeliling populasi sehinga bisa memengaruhi dan juga dimanfaatkan.

Pengertian Habitat Menurut Para Ahli

Beberapa definisi habitat menurut para ahli, diantaranya;

  1. Ngamel (1988)

Menurutnya, habitat adalah suatu ruang organisme untuk melakukan segala kegiatan atau aktivitas  dalam kehidupan sehingga hal itu dapat tercermin dalam daerah jelajahnya.

  1. Qdum (1993)

Definisi habitat adalah semua temapat yang ditinggali oleh mahluk hidup untu berkembangbiak dalam jangka waktu tertentu.

  1. Clements dan Shelford (1939)

Menjelaskan bahwa arti habitat adalah segala bentuk bagian daripada lingkungan fisik yang ada di dalam spesies atau komunitas tertentu.

  1. Ilmu Ekologi

Dalam Ilmu Ekonologi habitat diartikan sebagai tempat yang ditinggali oleh sekelompok spesies yang sama sehingga membentuk jaringan-jaraingan kehidupan yang ada.

  1. Budiharsanto (2006)

Memberikan makna habitat sebagai ruang untuk koeksistensi yang tidak antar kehidupan mahluk hidupp sehingga mampu menunjukan kesesuai, antara karaketristik dan kebutuhan mahluk hidup tersebut.

  1. Kramadibrata (dalam Budiharsanto, 2006)

Mengatakan jika habitat adalah bagian daripada sistem pengaruh mikro habitat terhadap keseusian keanekaragaman jenis.

Contoh Habitat

Banyak contoh yang dapat diberikan menganai “habitat” meskipun begitu untuk contoh kongritnya antara lain;

  1. Habitat air tawar

Habitat yang ada di dalam air tawar. Antara lain;

  1. Ikan gabus
  2. Ikan lele
  3. Ikan gurame
  4. Ikan hias
  1. Habitat air laut

Contoh habitat lainnya, misalnya saja dalam hal ini kehidupan yang ada dalam ikan paus, lumba-lumba adalah habitat air laut. Begitulah seterusnya contoh yang bisa diambil dari habitat yang tidak sejnis akan tetapi hidup dalam runga lingkup yang sama.

Kesimpulan

Dari penjelasan tersebut dapatlah disimpulkan bahwa habitat adalah tempat mahhluk hidup tingga dengan spesies sejis, arti ini tentunya banyak yang menyebutkan sama dengan populasi, meskipun sebenarnya arti habitat dan populasi memiliki banyak perbedaan.

Perbedaannya jika habitat bisa dihuni oleh banyak spesies atau jenis mahluk hidup akan tetapi jika populasi hanya satu jenis.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian habitat menurut para ahli dan contohnya dalam kehidupan. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawsan bagi setiap pembaca yang saat ini sedang mencari makna atau arti habitat. Trimakasih,

Rate this post