6 Pengertian Modal Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Modal Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Modal Sosial Menurut Para Ahli

Modal sosial diakui ataupun tidak, sampai saat ini merupakan sumberdaya sosial yang dipandang sebagai investasi untuk mendapatkan sumberdaya baru yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itulah adanya modal sosial diyakini sebagai salah satu komponen utama dalam mengembangan berbagai pembangunan yang dicanangkan.

Disisi lainnya, dalam modal sosial sendiri pada dasarnya terkandung nilai-nilai sosial kebersamaan, mobilitas ide, saling kepercayaan dan saling menguntungkan untuk mencapai kemajuan bersama. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai “Modal Sosial” akan mengulas tentang pengertian modal sosial dan contohnya.

Daftar Isi

Modal Sosial

Modal sosial adalah bagian daripada adanya sumberdaya sosial yang tidak terlihat secara dzohir namun berpengaruh besar dalam kesuksesan terjadinya pembangunan di masyarakat. Sehingga prihal ini hubungan modal sosial untuk objek kajian sosiologi sendiri biasanya dikaitan dengan norma sosial dan jaringan sosial dalam mewujudkan adanya pembangunan.

Pengertian Modal Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi modal sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Bourdieu (2013)

Arti modal sosial adalah sumber daya aktual dan potensial yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari jaringan sosial yang terlembaga serta berlangsung secara terus menerus dalam bentuk pengakuan dan perkenalan timbal balik yang memberikan kepada anggotanya berbagai benuk dukungan kolektif.

  1. Mariana (2006)

Menurutnya, definisi modal sosial akan selalu mengarah pada terbentuknya tiga level modal sosial, yakni pada level nilai, institusi, dan mekanisme.

  1. Francis Fukuyama (2002)

Modal sosial adalah serangkaian ari nilai dan norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok yang memungkinkan terjalinnya kerja sama di antara mereka. Apabila anggota kelompok mengharapkan anggota-anggotanya berperilaku jujur dan terpercaya.

  1. Damsar (2013)

Menurutnya, arti modal sosial adalah segala unsur-unsur jaringan sosial, nilai sosial, dan akhirnya mampu untuk menciptakan kepercayaan antar sesama.

  1. James Coleman

Mmodal sosial adalah segala sesuatu yang memiliki dua ciri, yaitu merupakan aspek dari struktur sosial serta memfasilitasi tindakan individu dalam struktur sosial tersebut. Dalam pengertian yang dikemukakan oleh James ini tentunya mengidentifikasikan bahwa bentuk modal sosial berupa kewajiban, harapan, potensi informasi, norma, sanksi yang efektif, hubungan otoritas, yang bisa digunakan secara tepat dan melahirkan kontrak sosial.

  1. Masik (2005)

Modal sosial adalah bagian daripada salah satu dari lima modal yang ada dalam masyarakat disamping  financial capital, physical capital, human capital, cultural capital. Sehingga dalam penerapannya diharapkan mendorong adanya proses pemberdayaan masyarakat.

Contoh Modal Sosial

Contoh atas adanya perwujutan dalam modal sosial di masyarakat, antara lain;

  1. Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan

Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, yang secara sosiologis dibutuhkan modal sosial (social capital) seluruh pemangku kepentingan. Dalam hal ini setidaknya modal sosial ini diharapkan akan meningkatkan rasa saling percaya (mutual trust) baik secara internal sesama pemangku kepentingan sektor wisata maupun secara eksternal terhadap turis yang datang.

Bila turis memiliki rasa saling percaya dengan pemangku kepentingan pengelola wisata di kawasan ini, maka para wisatawan akan merasa nyaman dalam menghabiskan masa libur mereka.

Disisi lainnya, pentingnya modal sosial dalam pariwisata telah memunculkan paradigm baru dalam pengembangan pariwisata yakni paradigma berkualitas, berkelanjutan dan berkerakyatan yang di dalamnya menuntut adanya modal sosial. Berangkat dari pendapat bahwa modal sosial memiliki peran penting dalam pengembangan pariwisata maka penelitian ini mencoba melihat bagaimana pemanfaatan modal sosial dalam pengembangan pariwisata.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian modal sosial menurut para ahli dan contohnya lengkap. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai modal sosial.

1.7/5 - (9 votes)