2 Pengertian Seni Ukir Menurut Para Ahli dan 3 Contohnya

Diposting pada

Seni ukir merupakan istilah yang familir di Indonesia, dimana untuk seni ukir biasanya berupa gambar hiasan dengan bagian cekung/kruwikan, cembung/buledan, yang akhirnya tersusun menjadi gambar yang elegan. Sehingga kerapkali difungsikan sebagai hiasan.

Dsefinisi secara sederhana tersebut, akhir berkembang hingga menjadi terkenal dengan sitilah “seni ukir”. Adapun secara bahasanya istilah “Seni Ukir” berasal dari dua kata, yakni ukir dan seni. Ukir iyalah juru atau orang yang pandai-tukang membuat kreatifitas. Sedangkan orang yang berprofesi sebagai seni ukir disebut dengan tukang ukir, yang identik pekerjaan yang dilakukan mengukir, menorah, menggores, memahat, dan lain sebagainya.

Daftar Isi

Seni Ukir

Kamus Besar Bahasa Indonesia ukir berarti bercacah (memahat atau menggores), yaitu mencacah (menoreh, memahat, dan sebagainya) untuk membuat lukisan (gambar dan sebagainya) pada kayu (batu, logam, dan sebagainya). Sedangkan kata seni berarti keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan lain sebagainya).

Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa seni ukir adalah karya seni yang terbuat dari batang pohon yang dicacah dengan cara dipahat atau digores sehingga menghasilkan sebuah benda yang bernilai seni.

Pengertian Seni Ukir Menurut Para Ahli

Adapun definisi seni ukir menurut para ahli, antara lain;

  1. Tiara (2017), Menurutnya, definisi seni ukir adalah suatu bentuk karya seni terbuat dari kayu yang biasanya digunakan untuk aneka hiasan rumah, toko, dan lain sebaginya.
  2. Fun-Fun (2017), Pengertian seni ukir adalah seni yang dilakukan dan terbuat di atas media kayu. Dimana pada saat ini, seni ukir, khususunya kayu telah berkembang diberbagai wilayah Indonesia, sampai daerah-daerah terpencil sekalipun. Bahkan, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri pada hasil ukir.

Contoh Seni Ukir

Adapun perwujutan daripada seni ukir yang ada di Indonesia. Antara lain;

  1. Seni Ukir Kayu dari jepara

contoh seni ukir jepara
Seni Ukir Kayu dari jepara
  1. Seni ukir dari suku asmat di Papua

contoh seni ukir suku asmat
Seni ukir dari suku asmat di Papua
  1. Seni ukir dari suku toraja di Sulawesi

contoh seni ukir toraja
Seni ukir dari suku toraja di Sulawesi

Demikianlan ulasan mengenai pengertian seni ukir menurut para ahli dan contoh seni ukir dari berbegai daerah yang ada di Indonesia, semoga pengertian ini dapat memberikan pemahaman bagi para pembaca yang sedang mencari referensi apa “Seni Ukir”.

Rate this post