2 Pengertian Crowdfunding Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Crowdfunding Menurut Para Ahli
Pengertian Crowdfunding Menurut Para Ahli

Setidaknya yang perlu dipahami bahwa dalam kasus crowdfunding ini sendiri memiliki konsep tujuan dalam mendapatkan dana.

Namun yang pastinya, crowdfunding memiliki perbedaan dengan dengan crowdsourcing dimana crodsourcing mengharapkan umpan balik, ide-ide dan saran untuk kepentingan proyeknya sementara crowdfunding dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana demi terlaksananya suatu proyek yang arti inovatif. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan memberikan ulasan mengenai pengertian crowdfundin menurut para ahli

Daftar Isi

Crowdfunding

Definisi mengenai crowdfunding pertama kali dijelaskan oleh Sullivan pada tahun 2006, namun istilah dan konsep crowdfunding menurut Hemer (2011), diambil dari istilah serupa yang sudah lebih dulu dikenal luas, yaitu crowdsourcing.

Sehingga pada akhirnya istilah crowdfunding merupakan turunan dari istilah yang lebih popular yaitu crowdsourcing, yang menggambarkan proses alih daya (outsource) suatu pekerjaan kepada sejumlah individu, sekeruunan orang (komunitas intenet) dan mengandalkan pada aset, sumber daya, pengetahuan atau keahlian mereka.

Pengertian Crowdfunding Menurut Para Ahli

Adapun definisi crowdfunding menurut para ahli, antara lain;

  1. Hemer (2011)

Crowdfundin adalah bagian daripada upaya untuk melibatkan panggilan atau penawaran terbuka yang sebagaian besar dilakukan melalui Internet. Adapun untuk penyediaan sumber daya keuangan baik dalam bentuk sumbangan atau pertukran untuk produk masa depan (pembelian inden) atau bentuk penghargaan tertentu dan/atau hak jajak suara.

  1. Sullivan (2006)

Pengertian crowdfunding adalah bagian daripada adanya sebuah kerjasama dari khalayak untuk berusaha dalam mengumpulkan dana bersama-sama untuk semua tujuan dan biasanya akses sosial yang dipergunakan ialah dengan internet.

Contoh Crowdfunding

Adapun untuk adanya contoh crowdfunding yang bisa mudah kita temukan dalam keseharian ialah;

  1. Quirky

Quirky diakui ataupun tidak adanya bagian daripada   tempat untuk berkolaborasi dan mendapatkan proses pendanaan berbasis sumbangan. Dimana untuk para pengunjung sekaligus pembuat dalam situs Quirky membantu membawa sebuah penemuan atau produk untuk hidup dan sehingga memungkinkan partisipasi masyarakat dalam proses.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang crowdfundin tersebut dapatlah dijelaskan bahwa seseorang yang menggunakan sistem crowdfunding dapat menarik investor di Indonesia terutama investor akan lebih mudah mendapatkan dana untuk merealisasikan ide-ide kreatif yang dikeluarkan oleh sebagian orang.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian crowdfundin menurut para ahli beserta penjelasannya lengkap. Semoga ulasan kali ini dapat membantu bagi siapapun yang sedang mencarai referensi tentang “crowdfundin” trimakasih.

Rate this post