Pengertian Termoelektrik dan 3 Sifatnya

Diposting pada
Pengertian Termoelektrik
Pengertian Termoelektrik

Fenomena termoelektrik yang saat ini sedang berkembang bisa dikatakan sebagai istilah gabungan atas penemuan dari Thomas Johann Seebeck (1821) dan Jean Charles Peltier (1934). Thomas Johann Seebeck menemukan fenomena ini lewat hubungan tembaga dan besi yang diantaranya diletakkan jarum kompas, kemudian sisi logam dipanaskan dan menggerakkan jarum kompas.

Dari hal ini, beliau menemukan aliran listrik yang berubah menjadi medan magnet. Sementara Jean Charles Peltier melakukan dengan hal yang sebaliknya, yakni dengan mengalirkan listrik pada 2 logam yang disatukan dan diberikan aliran listrik, kemudian pada kedua sisi logam lainnya terjadi pemanasan pada satu sisi dan pelepasan panas pada sisi lainnya.

Adapun pada penjelasan kali ini akan memberikan ulasan mengenai pengertian termoelektrik dan penjelasan termoelektrik.

Daftar Isi

Pengertian Termoelektrik

Termoelektrik adalah suatu alat teknologi yang dapat mengkonversi energy panas menjadi energi listrik secara langsung, atau sebaliknya, yakni dari energi listrik menjadi dingin (pendingin). Sistem kerja termoelektrik sendiri bekerja berdasarkan efek seebeck.

Dalam penggunaan termoelektrik, bahan yang dipakai umumnya bersifat semi konduktor. Semi konduktor merupakan bahan yang dapat menghantarkan arus listrik namun tidak sempurna.

Dalam hal ini, bahan yang digunakan pada termoelektrik adalah tipe n dan tipe p dan merupakan bahan semikonduktor ekstrinsik.

Sifat Termoelektrik

Ada 3 sifat yang sangat penting dalam termoelektrik, yakni :

  1. Koefisien Seebeck (s)
  2. Konduktifitas panas (k)
  3. Resistivitas (ρ)

Ketiga hal diatas sangat berperan penting dalam menentukan termoelektrik yang dipakai. Material yang biasanya dipakai adalah : Bi2 Te3, PbTe, dan SiGe. Di beberapa negara, banyak sekali pemanfaatan yang telah dilakukan dengan menggunakan termoelektrik, seperti halnya pemanfaatan perbedaan panas di dasar laut dan darat, seperti suatu sistim hybrid pada kendaraan motor yang memanfaatkan kondisi motor listrik dan juga mesin pembakaran.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian termoelektrik dan jenis sifat yang dimilikinya. Semoga ulasan ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti, defenisi, makan dari “termoelektrik

Rate this post