12 Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Karakter Menurut Para Ahli
Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Karakter barangkali menjadi aspek terpenting dalam pehamaman atas pertanyaan “Apa sih itu karakter?”. Meskipun penulis akui dalam mendefinisikan karakter ini sulit untuk dipahami, oleh karena itulah melalui beberapa pengertian karakter menurut para ahli dibawah ini akan mempermudah kita dalam memahami tentang karakter.

Alasannya karena setiap individu dan kelompok memiliki karakter yang berbeda. Bahkan untuk menjalankan interaksi sosial maupun hubungan sosialnya juga tidaklah sama.

Daftar Isi

Karakter

Karakter pada hakikatnya tidaklah tumbuh dengan sendirinya, melainkan karakter harus tumbuh bahkan dikembangkan secara sadar dan sengaja. Dengan di wujudkan melalui nilai-nilai moral yang di tanamkan yang akan mempengaruhi arti sikap dan prilaku.

Penanaman karakter dan etika yang baik sejak dini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak hingga ia dewasa. Jika sejak kecil anak-anak tersebut tidak diberi asupan karakter dan etika yang baik maka bisa jadi hal-hal buruk akan dilakukan bila ia sudah dewasa nanti.

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Adapun definisi karakter menurut para ahli, antara lain;

  1. Soemarno Soedarsono

Karakter adalah suatu nilai yang terpatri dalam diri kita melalui pendidikan, pengalaman, percobaan, pengorbanan dan pengaruh lingkung, di padukan dengan nilai nilai dalam diri manusia menjadi semacam nilai intrinsik yang wujud dalam sistem daya juang melandasi pemikiran, sikap, dan prilaku.

  1. Imam Al-Ghajali

Definisi karakter atau yang dikenal dalam pendidikan islam sebagai akhlak adalah sifat yang tertanam menghujam di dalam jiwa dan sifat itu seseorang akan secara spontan dapat dengan mudah memancarkan sikap, tindakan, serta perbuatan .

  1. Drs. Hanna Djumhana Bastaman, M.Psi

Arti karakter merupakan aktualisasi diri dalam dan internalisasi nilai nilai moral dari luar menjadi bagian kepribadiannya

  1. Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab

Karakter adalah himpunan pengalama tentang pendidikan, sejarah yang dapat mendorong suatu kemampuan di dalam diri, sehingga bisa menjadi alat ukur atau sisi seorang manusia dalam mewujudkannya, baik dalam pemikiran, sikap, dan prilaku termasuk karakter atau akhlak mulia dan budi pekerti.

  1. Kemedikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional)

Menurut Kemdnikbud (dalam Ditjen Mandikdasmen), pengertian karakter adalah suatu bentuk cara berpikir dan juga berperilaku seseorang yang kemudian menjadi ciri khasnya.

  1. W.B. Saunders (1977)

Menurutnya, karakter adalah sifat individu yang nyata dan berbeda dari orang lain, yang biasanya sikap tersebut ditunjukkan melalui atribut, prilaku, kegiatan, yang dapat diamati pada oleh orang lain.

  1. Gulo W (1982)

Menurutnya, karakter adalah serangkaian penggambaran atas kepribadian seseorang yang ditinjau dari moral yang dilakukannya,

  1. Kamisa (1997)

Menurutnya, karakter berkaitan erat dengan sifat kejiwaan yang biasa dikenal akhlak atau budi pekerti sehingga menjadi tabiat atau watak.

  1. Wyne

Menurutnya, karakter adalah kepribadian yang dilakukan oleh seseorang secara terus menerus sehingga berimplikasi pada tindakan yang dilakukannya.

  1. Alwisol

Menurutnya, karakter adalah tingkah laku yang menonjolkan kebaikan dan keburukan sehingga dapat dinilai oleh lingkungan yang bersangkutan.

  1. Maxwell

Karakter adalah bagian daripada tingkah laku, perkataan,, dan tindakan yang sesuai pilihan dan dilakukan secara terus menerus.

  1. Doni Kusuma

Arti karakter yang bisa dilihat dari seseorang dapat dilakukan dengan merekam segala gaya, sifat, atau tindakannya yang dilakukan secara terus menerus (konsisten).

Demikianlah penjelasan dan pemahaman terkait dengan pengertian karakter menurut para ahli, semoga dengan adanya pengertian ini dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “Karakter”.

Rate this post