6 Pengertian Alat Kontrasepsi Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Alat Kontrasepsi Menurut Para Ahli
Pengertian Alat Kontrasepsi Menurut Para Ahli

Salah satu cara untuk menekan tingginya jumlah penduduk di setiap daerah yang ada di Indonesia adalah dengan meningkatkan pengguna alat kontrasepsi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Alat kontrasepsi ini sendiri dapat digunakan sementara, akan tetapi dapat pula bersifat permanen tergantung daripada kebutuhan yang diperlukan oleh setia inidvidu dalam masyarakat.

Meskipun demikian tak jarang banyak diantara masih merasa kebingunan dengan istilah alat kontrasepsi. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan memberikan penjelasan atas pengertian alat kontrasepsi.

Daftar Isi

Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan oleh masyarakat untuk menyusun dan mensukseskan program keluarga berencana. Alat ini resmi dan diakui oleh pemerintah sebab tujuan penggunaan alat kontrasepsi ialah menekan tingginya jumlah kelahiran.

Pengertian Alat Kontrasepsi Menurut Para Ahli

Adapun definisi alat kontrasepsi menurut para ahli. Antara lain;

  1. Tukiran (1996)

Menurutnya, alat kontrasepsi adalah suatu usaha untuk mencegah atau melawan kehamilan akbiat pertemuan sel telur yang matang dengan sel sperma tersebut. Definisi ini diambil setelah memangkas dua kata yang berbeda, yakni kontra (melawan/mencegah) dan konsepsi pertemuan sel telur dan sel sperma yang manjadi akbiat kehamilan.

  1. BKKBN (2012)

Definisi alat kontrasepsi menurut BKKBN adalah alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan, adapun alat tersebut yang legal rneliputi pil, suntik, alat kontrasepsi dalam rahim, alat kontrasepsi bawah kulit atau imiplant, spiral atau kondom yang diantaranya ada yang mengandung hormone estrogen yaitu jenis suntik, sedangkan yang mengandung horrnon campuran estrogen dan progesteron adalah pil, dan inplant

  1. Prawirohardjo (2006)

Arti kontrasepsi  adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk untuk mencegah  terjadinya  kehamilan sehingga berpengaruh besar terhadap fertilitas (angka kelahiran).

  1. Mochtar (1998)

Menurutnya, kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan melalui media peralatan atau atau obat -obatan. Yang tujuannya ialah menjarangkan jumlah kehamilan.

  1. Hanafi (2003)

Alat kontrasepsi adalah salah satu upaya untuk menciptakan keluarga berencana melalui objek  tertentu sehingga mampu mengontrol kelahiran dalam jangka umur.

  1. Hanifa dan Manuaba (2008)

Menurutnya, kontrasepsi ialah salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya  kehamilan, baik menunda atau menjarangkan jarak kelahiran.

Dari pengertian alat kontrasepsi menurut para ahli diatas, dapat dsimpilkan bahwa alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk mencegah proses kehamilan, tujuan penggunaan alat ini salah satunya menak jumlah kelahiran yang terus meningkat setiap tahunnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian alat kontrasepsi, semoga dengan adanya pengertian ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai alat kontrasepsi.

Rate this post