4 Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli
Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli

Istilah game edukasi pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris, yakni game (Permainan) dan edukasi (Pendidikan). Kolaborasi atas kedua kata inilah pada akhirnya iharapkan mampu memberikan wawasan kepada penggunanya untuk belajar secara efektif dan persuasif.

Disisi lainnya, game edukasi biasanya dihasilkan dari serangkaian kreativitas yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan  data, informasi atau unsur-unsur yang ada. Oleh karena itulah hasil game edukasi yang diciptakan tidak selalu baru melainkan dapat berupa gabungan atau kombinasi.

Daftar Isi

Game Edukasi

Diakui ataupun tidak, game edukasi ini termasuk dalam salah media pembelajaran, dimana dalam fungsi media pembelajaran ini terdapat teknik dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan agar proses sosial dan interaksi sosial terkait komunikasi edukasi berlangsung secara tepat atau dikatakan efektif dan efisien. Sehingga pada akhirnya dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi game edukasi menurut para ahli, diantaranya;

  1. Handriyantini (2009)

Game edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan dalam  memberikan pengajaran yang berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik.

Pengertian ini tentusaja mengidentifikasikan bahwa aame edukasi bertujuan untuk menunjang proses belajar mengajar dengan kegiatan yang menyenangkan dan lebih kreatif.

  1. Marc Prensky (2012)

Definisi game edukasi adalah suatu bentuk permainan (game) yang  senantisa di buat dan di desain untuk  tujuan belajar, akan tetetap dalam game edukasi biasanya menawarkan bermain untuk bersenang-senang.

  1. Novia Desta (2016)

Arti game edukasi adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharpakan bisa menambah wawasan pengetahuan.

  1. Alya (2016)

Game edukasi adalah bagian daripada bentuk permaianan yang tujuan utamanya untuk mengejarakan, belajar, dan juga menghibur.

Contoh Game Edukasi

Adapun untuk contoh game edukasi yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kimia

Game edukasi dalam kimia, misalnya saja penggunakaan kimia sintetis dan kima alam. Kimia sintetis dan kimia alam merupakan penggolongan bahan kimia berdasarkan asalnya. Kimia alam adalah bahan kimia yang terdapat di alam serta sifatnya sama dengan aslinya atau tidak mengalami perubahan seperti air, udara.

Biasanya pemakaian kimia alam ini tidak menimbulkan dampak negatif bagi manusia dan lingkungan sekitar. Sedangkan kimia sintetis adalah bahan kimia yang dibuat di pabrik atau tidak tersedia langsung di alam serta sifatnya yang mengalami perubahan dari aslinya seperti sabun, pemutih, pewarna, dan plastik.

Penggunaan kimia sintetis ini jika berlebihan  dapat menimbulkan dampak negatif bagi manusia terutama bagi kesehatan, selain itu juga dapat mencemari lingkungan. Sehingga melalui mekanisme tersebut dalam dibuat suatu game edukasi yang menarik.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian game edukasi menurut para ahli dan contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi “Game Edukasi dan Contohnya”.

5/5 - (1 vote)