2 Pengertian Pestisida Nabati Menurut Para Ahli

Diposting pada

pengertian pestisida nabati

Pestisida nabati sejatinya bisa dikatakan sebagai suatu bentuk pestisida yang ramah lingkungan, karena umumnya pestisida ini memiliki sifat yang mudah terurai di alam (bio degradable), sekaligus aman terhadap perkembangan manusia dan hewan peliharaan.

Penggunaan pestisida alami bagi berbagai tanaman di Indonesia bisa dikatakan eferktif, salah satunya jika diterapkan dalam tanaman padi. Oleh karena itulah pada pembahasan kali ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian pestisida nabati.

Daftar Isi

Pestisida Nabati

Diakui ataupun tidak, dalam catatan sejarahnya nenek moyang Bangsa Indonesia menggunakan pestisida nabati, biasanya atas dasar kebutuhan praktis yang kemudian dipersiapkan secara tradisional. Misalnya seperti penggunaan jamu empon-empon pada masyarakat yang bersuku Jawa. Meskipun tradisi penggunaan pestisida nabati ini hilang karena desakan teknologi yang tidak ramah lingkungan.

Pengertian Pestisida Nabati

Pestisida nabati adalah suatu bentuk pestisida yang bahan dasar untuk proses pembentukan dan pembuatan berasal dari tumbuhan. Sehingga pestisida jenis ini telah lama digunakan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia dalam melindungi tanaman mereka dari serangan pengganggu secara alamiah.

Pengertian Pestisida Nabati Menurut Para Ahli

Adapun definisi pestisida nabati menurut oara ahli, antara lain;

  1. FAO dan US EPA (2002)

Pestisida nabati adalah bagian daripada kelompok pestisida biokimia karena didalamnya mengandung biotoksin. Pestisida biokimia adalah bahan yang terjadi secara alami dapat mengendalikan hama dengan mekanisme non toksik.

  1. Grainge et al., 1984 dalam Sastrosiswojo (2002)

Dalam penelitiannya melaporkan jika ada 1800 berbagai jenis tanaman yang mengandung pestisida nabati yang dapat atau sudah digunakan untuk pengendalian hama. Sedangkan untuk di Indonesia menurut Kardinan (1999) diperkirakan ada sekitar 2400 jenis tanaman yang termasuk ke dalam 235 famili. Menurut MoralloRijesus (1986) dalam Sastrosiswojo (2002), jenis tanaman dari family Asteraceae, Fabaceae dan Euphorbiaceae, dilaporkan paling banyak mengandung bahan insektisida nabati.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pestisida nabati dan penjelasannya menurut para ahli. Semoga dengan adanya artikel inilah senantisa dapat membantu para pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Pestisida Nabati”.

5/5 - (2 votes)