8 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
pengertian komunitas menurut para ahli
Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Istilah komunitas pada dasarnya berasal dari Bahasa Latin “communitas” yang memiliki suatu arti adanya proses kesamaan, kemudian pengertian tersebut diturunkan dari communis yang artinya “sama, dibagi semua, dan publik (umum)”

Oleh karena itulah, sangatlah pntas jikalau adanya komunitas menjadi salah satu pelajaran penting yang harus diketahui oleh setiap orang, alasannya dengan berkomunitas seseorang dapat belajar bersosialisasi, menerima keanekaragaman, belajar tentang nilai sosial, norma sosial, dan lain sebagainya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan memberikan definisi atau pengertian komunitas.

Daftar Isi

Komunitas

Komunitas adalah bagian daripada adanya sekelompok atau kumpulan orang yang saling berinteraksi ditempat yang sama dan mempunyai tujuan, harapan, dan cita-cita yang sama.  Sedangkan menurut Crow dan Allan, secara sistematis komunitas terbagi menjadi 3 uraian, yakni berdasarkan lokasi, minat, dan komuni (ide dasar yang melandasi terbentuknya komunitas).

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi komunitas menurut para ahli, antara lain;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian komunitas adalah kelompok orang dan sebagainya yang hidup dan saling berinteraksi dalam tempat tertentu.

  1. Wikipedia

Dalam Wikipedia, komunitas adalah bentuk asprirasi yang terlahir karena adanya  organisme dari berbagi bentuk lingkungan. Pada umunya komunitas memiliki habitat dan ketertarikan yang sama.

  1. George Hillery Jr

Arti komunitas adalah kumpulan dari setiap inividu yang tinggal di suatu daerah dan memiliki sejumlah hubungan untuk apat berinteraksi hingga membentuk jaringan sosial.

  1. Christensson dan Robinson

Pengertian komunitas ialah inividu yang tinggal secara bersama untuk berkomunikasi hingga memiliki sejumlah ikatan di dalamnya.

  1. Fairi

Menurutnya, pengertian komunitas adalah pertemuan setiap indiviu dalam masyarakat yang membentuk kelompok untuk dapat mengasirasikan berbagai kebutuhan di dalamnya.

  1. Soenarno (2002)

Definisi komunitas adalah  identifikasi  dari sejumlah proses interaksi sosial yang didapatkan dari berbagai kebutuhan yang bersifat fungsional.

  1. Kertajaya Hermawan (2008)

Makna komunitas adalah sekumpulan individu yang membentuk kelompok karena adanya persamaan dan persepsi padangan.

  1. Martin H. Neumeyer dan Loren O. Osbarn (1984)

Komunitas adalah lingkungan yang berada dalam diri seseorang, di luar keluarga.

Contoh Komunitas

Adapun untuk contoh adanya komunitas di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Komunitas Generasi Peduli Sampah

Pembentukan adanya komunitas Generasi Peduli Sampah (GPS) yang berusaha untuk membentuk kekolompok orang yang berinteraksi  di tempat yang sama dengan tujuan mencapai tujuan yang sama. GPS ini bisa dilakukan di Sekolah Dasar (SD) yang mempunyai rasa peduli terhadap lingkungan terutama terhadap pengolahan sampah.

Dimana untuk adanya kepedulian siswa Sekolah Dasar (SD) sebagai generasi Indonesia terhadap lingkungan akan berdampak positif seperti dapat berpartisipasi secara aktif menciptakan lingkungan sehat.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat dikatakan jika komunitas adalah sekumpulan individu yang memiliki persamaan, baik tujuan atau harapan yang dinginkan. Melalui pembentukan komunitas yang ada dalam masyarakat diharapkan dapat mengubah kebiasaan kesalahan dan membenarkan apa yang seharusnya di benarkan.

Demikianlah ulasan atas pengertian komunitas menurut para ahli dan contohnya lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang akan membentuk atau berusaha melahirkan suatu “Komunitas”.

Rate this post