5 Pengertian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Menurut Para Ahli

Diposting pada
Kegiatan Belajar Mengajar Menurut Para Ahli
Kegiatan Belajar Mengajar Menurut Para Ahli

Kegiatan Belajar Mengajar yang disingkat dengan KBM seringkali menjadi istilah yang familir bagi setiap kalangan, terutama kalangan pendidikan. Kegiatan ini bahkan menjadi rutinitas yang harus dilakukan bagi guru, ust, kyai, dan lain sebagainya. Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita tidak mengerti dan memahi arti atau pengertian Kegiatan belajar mengajar.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan memberikan ulasan mengenai pengertian kegiatan belajar mengajar.

Daftar Isi

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Kegiatan belajar mengajar adalah serangkaian proses penyampain ilmu atau tranformasi ilmu yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Proses tersebut dapat dilakukan secara formal ataupun non formal, disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada.

Pengertian Kegiatan Belajar Mengajar Menurut Para Ahli

Adapun definisi kegiatan belajar mengajar menurut para ahli, antara lain;

  1. Adams dan Decey

Kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah bentuk terselenggarakan kegiatan yang dipandu oleh tenaga pendidik (guru) sebagai pengajar, pempinan kelas, pengatur lingkungan, pembimbing, partisipan, perencana, suvervisor, evaluator, dan konselor.

  1. Lukman (2003)

Pengertian kegiatan belajar mengajar adalah suatu bentuk kegiatan yang dialkukan di dalam kelas dengan memerlukan konsentrasi yang tinggi dan perhatian yang penuh.

  1. Usman (1990)

Definisi kegiatan belajar mengajar adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan antara guru dan  murid dengan pola tertentu, sehingga dapat mencapai suatu tujuan media pembelajaran.

  1. Purba (2005)

Menurutnya, arti kegiatan belajar mengajar adalah kegiatan yang memiliki sifat searah. Kegiatan belajar adalah kegiatan primer yang terus mengacu pada kegiatan siswa, sedangkan kegiatan mengajar adalah kegiatan sekunder yang mengacu pada kegiatan guru.

  1. Rusman (2011)

Pengertian kegiatan belajar mengajar adalah suatu aktivitas belajar yang menggunakan seluruh potensi individu sehingga mendorong terjadinya perubahan terhadap perilaku tertentu.

Kesimpulan

Dari penjelasan kegiatan belajar mengajar atau yang lebih dikenal dengan KBM tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar diperlukan aktivitas (partisipasi aktif) aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi efektif.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian kegiatan belajar mengajar menurut para ahli, semoga dengan adanya hal ini dapat memberikan pemahaman dan oengetahuan para pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)”

Rate this post