5 Pengertian UMKM Menurut Para Ahli

Diposting pada
pengertian UMKM Menurut Para Ahli
Pengertian UMKM Menurut Para Ahli

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mempunyai peranan yang bisa dibilang strategis dalam pembangunan ekonomi secara nasional, hal ini karena selain berperan mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga penyerapan tenaga kerja, keberadaan UMKM ditengah-tengah masyarakat juga memberikan peran terhadap pendistribusian segala bentuk pembangunan.

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai UMKM, berikut akan memberikan beberapa pengertian UMKM secara umum yang dikemukakan oleh para ahli.

Daftar Isi

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

UMKM adalah bagian daripada jenis usaha yang relatif dinilai kecil sehingga usaha ini kerapkali dikenal dengan usaha untuk mengembangkan sistem perekonomian kerakyatan yang notabene banyak dilakukan oleh masyarakat dalam membangun perekonomiannya.

Pengertian UMKM Menurut Para Ahli

Adapun definisi UMKM Menurut Para Ahli, antara lain;

  1. Undang Undang Nomor 20 Thn 2008

Pengertian usaha mikro adalah suatu usaha yang dinilai produktif yang mana usaha tersebut dimiliki perorangan (inidvidu) atau badan usaha dari perorangan.

  1. Depnaker (Departemen Tenaga Kerja)

Usaha mikro atau usaha kecil adalah suatu bentuk usaha yang memiliki dari dari 5 tenaga kerja

  1. Akifa P. Nayla (2014)

UMKM adalah jenis bagian bentuk usaha yang didirikan secara pribdi dan memiliki jumlah kekayaannya sebanyak 200 Jt, jumlah tersebut belum termasuk tanah atau bangunan.

  1. Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998

Dalam keputusan Presiden, pengertian Usaha Kecil adalah usaha dengan landasan perekonomian kerakyatan yang berskala sehingga perlu adanya upaya perlindungan untuk mencegah segala bentuk persaingan yang tidak sehat.

  1. Wikipedia

Definisi UMKM adalah jenis usaha kecil (mikro) yang memiliki jumlah kekayaan murni 200 Jt, kakayaan murni yang dimaksudkan karena kekayaan tersebut belum termasuk bangunan dan tempat usaha.

Faktor Penghambat UMKM

Sedangkan berdasarkan beberapa yang telah dilakukan para ahi, ada faktor yang menghambat perkembangan UMKM, yaitu :

  1. Lemahnya Produk UMKM terhadap akses pasar
  2. PPn pertanian dan perkebunan
  3. Tarif import barang baku dan penolong yang mahal
  4. Disharmonisasi tarif import
  5. Kurangnya instensif investasi

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian UMKM menurut para ahli dan penghambat UMKM lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan tentang “UMKM” dapat memberikan pengetahuan sekaligus wawasan kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “UMKM”.

Rate this post