2 Pengertian Kongres Menurut Para Ahli dan 5 Contohnya

Diposting pada
Pengertian Kongres Menurut Para Ahli
Pengertian Kongres Menurut Para Ahli

Istilah kongres seringkali dipergunakan untuk organisasi sosial, ataupun untuk kegiatan masyarakat lainnya. Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang memahmi atau mengerti definisi dan pengertian kongsres itu sendiri. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan menjabarkan tentang pengertian kongres dan contoh kongres.

Daftar Isi

Kongres

Kongres pada hakikatnya dilakukan secara formal untuk memilih dan mensikusikan masalah beserta solusi yang di tawarkan. Tentu saja, hal tersebut lumrah terjadi pada kongres misalnya saja pemilihan ketua, atau tim prematur dan lain sebagainya.

Bahkan akhir-akhi ini dalam lembaga perpolitikan juga dimunculkan konfres luar biasa dikenal dengan KLB. Dimana proses ini biasanya terlah terjadi arti konflik dalam organisasi politik tersebut. Contohnya saja pada Tahaun 2021 dimana ditemukannya Kongres Luar Biasa di Medan, khususnya pada kasus Partai demokrat.

Pengertian Kongres

Kongres adalah suatu bentuk acara yang dilakukan oleh beberapa ataupun sekelompok orang secara formal untuk untuk berusaha dalam membicarakan, mendiskusikan, dan mengambil keputusan mengenai apa yang ada di dalam persekutunnya.

Pengertian Kongres Menurut Para Ahli

Adapun definisi kongres menurut para ahli, antara lain;

  1. Yonlitama (2014), definisi kongres adalah pertemuan yang dilakukan sekelompok orang secara formal untuk memilih serta mendiskusikan masalah dengan cermat dan teliti.
  2. Wikipedia (2022), Kongres adalah bagian daripada sistematika pertemuan dalam skala besar yang dilakukan para wakil organisasi atau pihak berkepentingan untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan.

Contoh Kongres

Sebagai penjelasan lebih lanjut, untuk contoh kongres di Indonesia dan mudah ditemukan. Misalnya saja;

  1. Kongres PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul’Ulama)
  2. Kongres PB PMII (Pengurus Besar Mahasiswa Islam Indonesia)
  3. Kongres PB HMI (Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia)
  4. Kongres DPP KNPI (Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia)
  5. Kongres Luar Biasa yang dilakukan oleh Partai Demokrat

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kongres menurut para ahli dan contoh kongres yang terjadia di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang sedang mencari jawaban mengenai “Apa itu Kongres?”.

4/5 - (2 votes)