7 Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian pengendalian sosial yang dikenal dalam objek kajian sosiologi dengan social control barangkali menjadi salah satu materi pelajaran penting dalam Ilmu Sosial. Meskipun begitu tak jarang banyak diantarnya kita masih kebingunungan memahami serta memberikan pengertian, apa itu pengendalian sosial?. Oleh karenanya pada artikel ini akan memberikan pembahasan tentang pengendalian sosial.

Daftar Isi

Pengedalian Sosial

Pengendalian sosial diakui ataupun tidak menjadi segala bentuk upaya dan tindakan yang dilakukan seseorang untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan mengarahkan anggota masyarakat agar bertindak menurut norma sosial dan nilai sosial.

Pengertian Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial adalah bagian daripada serangkaian upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam mengontrol atau mengkondisikan kehidupan, sehingga proses terjadinya kehidupan yang dijalani tidak terancama ataupun tergangunggu.

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi pengendalian sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Peter L. Berger

Menurutnya, pengendalian sosial adalah suatu cara yang dipergunakan masyarakat untuk dapat menertibkan anggota-anggotanya yang membangkang

  1. Roucek

Pengendalian sosial adalah proses terencana yang menganjurkan, membujuk, atau memaksa bagi setiap individu untuk menyesuaikan diri pada kebiasaan dan juga nilai hidup suatu kelompok

  1. Bruce J. Cohen

Pengendalian sosial ialah berbagai cara yang digunakan oleh masyarakat atau individu untuk mendorong individu lainnya untuk dapat berperilaku sesuai kehendak lingkungan dalam masyarakat tertentu dan yang sesuai dengan aturan dan tingkah laku yang berkembangan.

  1. Soetandyo Wignyo Subroto

Definisi pengendalian sosial adalah penerapan sanksi, yang menjadi suatu bentuk penderitaan telah disediakan oleh masyarakat untuk menjaga kesembangan kehidupan di dalamnya.

  1. Astrid S. Susanto

Pengendalian sosial adalah upaya yang dilakukan untuk mengontrol psikologis atau non-fisik karena hal tersebut merupakan tekanan mental terhadap setiap individu sehingga individu bersikap dan juga bertindak yang sesuai dengan penilaian dalam kelompok masyarakat.

  1. Nova Pratiwi

Pengendalian sosial adalah proses yang tersusun secara sistematis dalam mencegahegala bentuk  penyimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarkat serta dilakukan dalam upaya mengajak dan mengarahkan masyarakat agar berperilaku yang dsesuaengan i norma dan nilai.

  1. Horton

Pengendalian sosial atau yang dikenal dengan istilah kontrol sosial adalah bagian daripada mekanisme peraturan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dalam upaya mengendalikan segala tindakan agar sesuai dengan norma dan nilai.

Cara Pengendalian Sosial

Sebagai penjelasan lebih lanjut, cara pengendalian sosial yang dapat dilakukan, antara lain;

  1. Melalui institusi dan non-institusi
  2. Secara lisan, simbolik dan kekerasan
  3. Melalui imbalan dan hukuman
  4. Secara formal dan informal
  5. Melalui sosialisasi
  6. Melalui tekanan sosial

Contoh Pengendalian Sosial

Berikut ini contoh pengendalian sosial, misalnya saja;

  1. Polisi mengatur lalu lintas agar tdk terjadi kemacetan

Polisi sebagai bagian daripada sistem pengendalian sosial berupaya agar aturan (norma) lalu lintas ditaati atau seorang hakim sedang mengadili seorang pelanggar norma. Tujuannya memberi sanksi kepada pelanggar sekaligus mengingatkan orang lain untuk tidak melakukan hal yang sama.

Dan penting untuk dipahami, bahwa selain polisi lembaga apa memiliki tugas pengendalian sosial dalam masyarakat, diantarnya;

Lembaga yang Memiliki Tugas Pengendalian Sosial

  1. Pengadilan
  2. Adat
  3. Tokoh masyarakat

Demikianlah ulasan mengenai pengertian pengendalian sosial menurut para ahli dan cara mengendalikannya lengkap. Semoga dapat beramnafaat bagi setiap pembaca yang sedang mencarai referensi tentang “Pengendalian Sosial”.

Rate this post