Pengertian Atmosfer, 5 Macam Struktur, dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Atmosfer

Atmosfer diakui ataupun tidak, pada hakikatnya menjadi salah satu unsur terpenting di dalam kehidupan manusia, alasan karena dengan adanya atmosfer segala tindakan atau kelakukan manusia lebih terarah. Misalnya saja di dalam menyelidiki kemungkinan diadakannya hujan bauatan, memperkirakan cuaca, dan lain sebaginya.

Oleh karena itulah, sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai atmosfer, berikut akan memberikan pembahasan tentang pengertian atmosfer dalam geografi, struktur, dan cirinya.

Daftar Isi

Atmosfer

Atmosfer adalah bagian sistematika udara yang berada mengelilingi bumi. Dimana udara-udara tersebut mengandung berbagai gas oksigen dan hirogen sehingga sangatlah banyak berguna bagi setiap kehiudupan manusia. Termasuk berguna dalam melindungi manusia dari tekanan-tekanan benda-benda luar angkasa.

Pengertian Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan berbagai macam gas yang melingkupi bumi dari bagian permukaan sampai jauh di luar angkasa. Sedangkan untuk kondisi di Bumi, atmosfer terdapat pada ketinggian 0 km di atas permukaan daratan, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan daratan.

Pengertian Atmosfer Menurut Para Ahli

Adapun definisi atmosfer menurut para ahli, antara lain;

  1. UCAR Center For Science Education

Atmosferadalah campuran beragam jenis gas yang mengelilingi planet bumi sehingga dapat melindungi kita dari sebagian besar adanya radiasi ultraviolet (UV) yang sangat berbahaya lantaran berasal dari cahaya matahari.

Susunan Gas yang ada dalam Atmosfer antara lain sebagai berikut;

Macam Gas yang Ada dalam Atmosfer

Adapun bentuk gas yang ada dalam atmosfer. Antara lain;

No Nama Gas Jumlah
1 Nitrogen 78,8 %
2 Oksigen 20,95 %
3 Argon 0,93 %
4 Karbondioksida 0,034 %
5 Neon 0,0018%
6 Helium 0,052%
7 Kripton 0,00011%
8 Xenon Sangat kecil
9 Ozon 0,00005%
10 Metana 0,000015 %
Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Macam Struktur Atmosfer

Susunan yang menjadi bentuk struktur dalam lapisan atmosfer. Diantaranya;

  1. Troposfer (0-12 km)

Struktur lapisan atmosfer secara vertikal yang paling rendah adalah troposfer. Oleh karena itulah banyak pula yang berpendapat bahwa troposfer merupakan lapisan terbawah. Ciri lapisan ini memiliki temperatur kurang 0,6°C, dimana untuk setiap pertambahan ketinggian 100 mdpl atau disebut gejala (Lapse Rate).

Selain itu lapisan dalam atmosfer ini banyak mengandung uap air dan karbondioksida yang, sehingga komposisi ini sangat mempengaruhi peristiwa cuaca di muka bumi.

  1. Mesosfer (12-50 km)

Lapisan mesosfer berada pada ketinggian 0 sampai 12 KM dari permukaan bumi, pada lampisan ini terjadi peningkatan temperatur (temperature inversion), dari temperatur yang awalnya berkisaran -60°C pada ketinggian 10 km tempreratur tersebut perlahan meningkat hingga mencapai pada titik 0°C di ketinggian 50 km. Kenaikan temperatur pada lapisan mesosfer ini disebabkan oleh penyerapan radiasi ultraviolet oleh gas ozon (O3).

  1. Mesosfer (50-80 km)

Lapisan mesosfer adalah lapisan ketiga pada atmosfer di bumi, alpisan ini terlet diantara ketinggian 50 KM sampai dengan 80 KM. Fungsi utama lapisan mesosfer ialah memantulkan gelombang radio, yakni gelombang UHF, VHF, AM, FM, dan SW.

  1. Termosfer (80-375 km)

Pada lapisan termosfer  akan terjadinya fenomena  kenaikan suhu udara secara tajam, karena itulah lapisan ini disebut termosfer (thermos artinya panas), adapula yang memberikan nama lapisan ini ionosfer alasannnya karena terjadi gejala ionisasi, yang menyebabkan terkonsentrasinya proton dan elektron.

  • Exosfer (500-1000 km)

Lapisan exosfer adalah lapisan trakhir dari atmosfer, pada lapisan ini memiliki ciri khas tidak adanya udara (ruang hampa udara) dan gravitasi bumi nol. Selain itu pada lapisan ini terjadi efleksi cahaya matahari yang dipantulkan partikel debu meteoritic, sehingga cahaya matahari yang dipantulkan dikenal sebagai cahaya Zodiakal.

Manfaat Atmosfer

Beberapa fungsi yang menjadi manfaat atmosfer dalam kehidupan manusia antara lain:

  1. Beruguna untuk melindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.
  2. Menjadi bagian daripada penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.
  3. Memiliki beragam kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan hewan untuk bernafas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian atmosfer menurut para ahli, struktur, dan cirinya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang atau akan mencari literasi tentang atmosfer menurut para ahli. Trimakasih.

Rate this post