7 Pengertian Nugget Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Nugget Menurut Para Ahli
Pengertian Nugget Menurut Para Ahli

Nugget adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi sekaligus dibuat oleh setiap orang, baik untuk keperluan sendiri, dijual, ataupun untuk lainnya. Nugget terkesan lebih elegan karena makanan ini tidak mencirikan kemewahan ataupun kekurangan. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, akan menguraikan berbagai pengertian nugget menurut para ahli.

Daftar Isi

Pengertian Nugget

Nugget atau naget adalah makanan yang berasal dari olahan daging dengan menggunakan metode-metode tertentu agar dapat diawatkan dan juga terjaka kwalitas rasa serta kandungan giziznya. Sedangkan menurut para ahli, pengertian nugget adalah sebagai berikut;

Penggertian Nugget Menurut Para Ahli

Adapun definisi nuget menurut para ahli, antara lain;

  1. Maghfiroh (2000)

Nugget merupakan produk olahan daging yang biasanya nugget bisa terbuat dari daging giling yang kemudian dicetak dalam bentuk potongan, berbetuk empat persegi dan juga dilapisi dengan  tepung berbumbu

  1. Astawan (2007)

Nugget adalah suatu bentuk makanan yang dihidangkan atu dibuat dengan dikukus dan kemudian dibekukan sebagai upaya mempertahankan mutu selama dalam penyimpanan.

  1. Alamsyah (2007)

Menurutnya, makanan nugget berbahan utama berasal dari bahan pangan hewani yaitu daging ayam, daging sapi, dan ikan. Selain itu juga ia menambahkan bahwa maknan ini bisa dibuat dengan bahan dasar dari sayuran.

  1. Moedjiharto (2002)

Menurtnya, nuggget atau naget adalah suatu produk olahan yang dibuat dengan menggunakan restrukturisasi. Teknologi ini diperlukan untuk melakukan pemotongan daging dibuat mengekecil dan selanjutnya nugger dierkatkan untuk dibuat ukuran yang lebih besar

  1. Manulang dan Tanoto (1995)

Menurutnyam nugger adalah suatu makanan yang dibuat dengan bahan dasar olahan daging sebagai bentuk emulsi minyak di dalam air.

  1. Rahardjo (1995)

Menurutnya, faktor yang mempengaruhi keberhasilan produk nugget dititik beratkan pada kemampuan mengikat antara partikel daging dan bahan-bahan lain yang ditambahkan).

  1. Gozali (2001)

Proses pembuatan naget menurutnya, meliputi tahap pencampuran adonan, pencetakan adonan dan pengukusan. Selanjutnya naget kukus diiris dalam bentuk potongan empat persegi dan dilapisi dengan bahan pelapis dan digoreng.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian nugget menurut para ahli lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan serta pengatahuan lebih kepada setiap pembaca agar mengenetahui tentang “Nugget”.

4.6/5 - (82 votes)