3 Pola Hubungan Antar Kelompok Sosial

Diposting pada
Bentuk Pola Hubungan Antar Kelompok Sosial
Pola Hubungan Antar Kelompok Sosial

Pola hubungan antar kelompok menjadi satu satu materi yang cukup penting dalam membahas serta medalami sebuah arti kelompok sosial dalam masyarakat. Hal ini diungakapkan karena dengan mengatahui pola hubunganya secara tidak langsung seseorang bisa dengan mudah mengklarifikasikannya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan memberikan pengertian sekaligus penjelasan atas 3 pola hubungan antar kelompok sosial manurut para ahli.

Daftar Isi

Pola Hubungan Antar Kelompok Sosial

Diakui ataupun tidak. Setidaknya ada sejumlah dimensi yang terjadi dalam hubungan antar kelompok, diantarnya dimensi demografi, dimensi sikap, dimensi institusi, dimensi gerakan sosial, dimensi tipe utama, dan hubungan antar kelompok.

Penjelasannya;

  1. Hubungan Antar Kelompok Sosial Menurut Kinloch

Menurutnya, ada beberapa kriteria dalam membagi hubungan kelompok sosial, diantaranya;

  1. Kriteria fisiologis, yaitu kriteria yang didasarkan pada persamaan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), usia (tua-muda), dan ras.
  2. Kriteria kebudayaan. Kriteria ini mencakup kelompok yang diikat oleh persamaan kebudayaan, seperti kelompok etnik (misalnya, Batak, Minangkabau, Sunda, Ambon).
  3. Kriteria ekonomi, dalam hal ini suatu kelompok dibedakan dibedakan atas dasar ekonomi (tinggi dan rendah)
  4. Kriteria perilaku. Kriteria ini didasarkan pada cacat fisik, cacat mental, dan penyimpangan terhadap aturan masyarakat.
  1. Pola Hubungan Antar Kelompok Masyarakat Menurut Lieberson

Yaitu;

  1. Pola dominasi kelompok pendatang atas pribumi (migrant superordination). Contohnya adalah kedatangan bangsa Eropa ke benua Asia, Afrika, dan Amerika.
  2. Pola dominasi kelompok pribumi atas kelompok pendatang (indigenous superordination). Contohnya adalah dominasi kelompok kulit putih Perancis atas kelompok pendatang dari Aljazair, Cina, ataupun Turki.
  1. Pola Hubungan Antar Kelompok Menurut Banton

Yaitu;

  1. Akulturasi, ialah suatu bentuk peleburan budaya yang menjadi satu
  2. Dominasi, kekuasaan yang dimiliki golongan atau ras tertentu kepada golongan yang lainnya. Hubungan ini seringkali menimbulkan istilah minoritas
  3. Paternalisme, adalah gaya kepemimpinan yang dipergunakan sebagai bahan penjajalan
  4. Pluralisme, adalah bentuk idiologi yang mengedepankan sisi kemanusiaan
  5. Integrasi, biasa diartikan sebagi bentuk kesatuan antar masyarakat dan kelompok

Demikianlah penjelasan mengenai 3 pola hubungan antar kelompok sosial manurut para ahli dan penjelasannya secara lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari pengetahuan tentang “hubungan-hubungan yang ada dalam kelompok sosial di masyarakat”.

4/5 - (1 vote)