11 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur, Sifat, dan Fungsinya

Diposting pada
Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli,
Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli

Stratifikasi sosial diakui ataupun tidak, sejatinya menjadi salah materi dalam ilmu sosial, seperti sosiologi, hukum, ekonomi, psikolagi, dan lainnya. Stratifikasi sosial sangat penting untuk dipahai, hal ini lantaran menyangkut proses kehidupan setiap manusia dalam kelompoknya.

Disisi lainnya, secara umum adanya stratifikasi sosial dalam masyarakat itu sendiri, terbentuk karena adanya tugas dan penempatan seorang dalam masyarakat, hadiah (reward) berdasarkan penilaian materi dan nonmateri, serta kelangkaan pekerjaan karena membutuhkan keahlian. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan memberikan pembahasan mengenai pengertian stratifikasi sosial, ciri, unsur, sifat, dan fungsinya.

Daftar Isi

Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial adalah bagian daripada keadaan masyarakat yang dianalisis secara bertingkat, mulai dari tingkatan paling bawah, sedang, dan atas. Stratifikasi sosial muncul karena adanya pengrahaan atas kwalitas dan kemampuan setiap individu.

Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi stratifikasi sosial menurut para ahli, diantaranya;

  1. Max Weber

Stratifikasi sosial menurutnya adalah penggolongan individu dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan hirarki menurut dimensi kekuasaan, privilege dan prestise

  1. Cuber

Stratifikasi sosial adalah suatu pola yang ditempatkan di atas kategori dari hak yang berbeda

  1. Pitirin A. Sorokin

Definisi stratifikasi sosial adalah pembedaan masyarakat ke dalam kelas yang tersusun secara bertingkat, atau berkelas. Kelas sosial sendiri Pitrin menambah terdiri atas: kelas sosial tinggi (upper class), kelas sosial menengah (middle class), dan kelas sosial rendah (lower class).

  1. Robert M. Z. Lawang

Stratifikasi sosial menurutnya, adalah suatu bentuk penggolongan seseorang terhadap kelompoknya yang berdasarkan pada sistem sosial tertentu ke dalam lapisan bersifat hierarkis.

  1. Horton Dan Hunt

Arti stratifikasi sosial adalah perbedaan status yang dijalankan masyarakat berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu.

  1. Soerjono Soekanto

Startifikasi sosial menurutnya, ialah penduduk tingkatan pada masyarakat ke dalam golongan-golongan yang terpola.

  1. Bruce J. Cohen

Stratifikasi sosial adalah sistem yang berlaku pada masyarakat, dimana sistem tersebut berdarkan pada kualitas yng dimiliki oleh setiap individu.

  1. Astrid S. Susanto

Stratifikasi sosial secara pskologi adalah hasil kebiasaan yang menyebabkan lahirnya hubungan manusia secara terpla sehingga memiliki nilai untuk menentukan hubungan antar sesama dengan hubungan vartikal ataupun horizontal.

  1. P.J. Bouman

Stratifikasi sosial adalah penggolangan suatu masyarakat yang ditandai dengan ditandai kesadaran perbedaan, sehingga mampu memunculkan keistimewaan natar masyarakat yang bersangkutan.

  1. Robin William J.R.

Menurutnya, astratifikasi sosial adalah lapisan kehidupan yang ada pada masyarakat secara bertingkat yang didasari pada objek penyelidikan dan pengamatan.

  1. Hassan Sadilly

Stratifikasi sosial adalah lapisan yang menyangkut tentang keadaan masyarakat dengan bagan bertingkat, baik tingkatan berbetuk horizontal ataupun vartikal. Yang memiliki ciri khas atau sifat terbuka.

Ciri Stratifikasi Sosial

Karakteristik yang ada dalam stratifikasi sosial. Antara lain;

  1. Terjadi secara sendirinya sebagai bagian dari proses dalam masyarakat
  2. Faktor penentu dari stratifikasi sosial berbeda-beda. Misalkan dalam masyarakat berburu, faktor penentunya adalah kepandaian berburu.
  3. Statifikasi sosial dibentuk dengan sengaja sebagai bagian subsistem sosial untuk mewujudkan tujuan tertentu

Unsur Stratifikasi Sosial

Sedangkan dasar yang dipergunakan masyarakat dalam menentukan lapisan sosial atau stratifikasi sosial biasanya tak lepas dari kekayaan, kekusaan, keturunan, dan pendidikan. Untuk unsur-unsur stratifikasi sosial diantarnya;

  1. Status atau kedudukan menjadi unsur terpenting dalam proses terciptanya stratifikasi sosial, hal ini lantaran status atau kedudukan seseorang menjadi alasan suatu kelompok atau masyarakat menghormatinya, misalnya saja Jokowi berstatus sebagai Presiden Indonesia yang kedududkannya menjadi simbul Negara Indonesia, maka pantas jikalau setiap kali ia datang di berbagai daerah selalu dtinggu oleh masyarakat.
  2. Peran (role) adalah sesuatu yang dinamis. Seseorang dinyatakan telah melaksanakan perannya apabila telah menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya. Adapun untuk konflik peran terjadi apabila seseorang memiliki peran dari dua status yang berbeda.

Sifat Stratifikasi Sosial

Sifat stratifikasi sosial terbagi menjadi 3 hal, diantaranya;

  1. Stratifikasi sosial tertutup adalah suatu jenis stratifikasi yang biasanya ditandai dengan sulitnya eseorang atau anggota dari setiap strata untuk naik ke strata lapisan yang lebih tinggi, contoh stratifikasi tertutup adalah kasta pada masyarakat Bali.
  2. Statifikasi sosial terbuka adalah stratifikasi yang masih memiliki kemungkinan untuk masuk ke strata yang lebih tinggi besar.
  3. Statifikasi sosial campuran adalah stratifkasi gabungan antara kedua jenis stratifikasi tertutup dan terbuka, biasanya dialami oleh orang yang bermigrasi ke tempat dari stratifikasi sosial tertutup ke stratifikasi sosial terbuka.

Fungsi Stratifikasi Sosial

Untuk adanya stratifikasi sosial berfungsi;

  1. Distribusi hak istimewa yang objektif
  2. Sistem pertanggaan pada strata yang diciptakan menyangkut prestise dan penghargaan
  3. Kriteria sistem pertentangan
  4. Penentu simbol status atau kedudukan
  5. Tingkat kesulitan untuk bertukar kedudukan
  6. Alat solidaritas di antara individu/kelompok yang menduduki posisi yang sama

Contoh Stratifikasi Sosial

Adapun untuk contoh dari adanya stratifikasi sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Pendidikan

Prihal pendidikan adanya penggambaran stratifikasi sosial terbentuk karena sifatnya yang terbuka. Dimana setiap orang dalam hal ini memiliki kesempatan yang sama, asalkan adanya kemauan setiap individunya, Penggambarannya seperti halnya adalah seorang anak petani yang hanya lulusan SD kemudian anaknya menjadi sarjana karena mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.

Demikianlah penjelasan atas “Stratifikasi Sosial”. Yang didalamnya menyangku tentang pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli, ciri, unsur, sifat dan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang menggali pengatahuan tentang stratifikasi sosial pada masyarakat.

Rate this post