2 Pengertian Mekanisasi Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
pengertian mekanisasi
pengertian mekanisasi

Mekanisasi secara umum sejatinya dapat diberi pengertian sebagai semacam upaya yang mengacu pada hukum gerak dari berbagai elemen yang menyusun benda atau organisme sebagai keseluruhan (mekanika) dalam ruang dan waktu dengan saling terkait satu sama lainnya.

Penggunaan istilah ini sendiri juga mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dalam ilmu pertanian, biologi, kimia, dan lainnya.

Daftar Isi

Mekanisasi

Mekanisasi bisa dikatakan sebagai pengalihan pola gerak yang menghubungkan bagian yang satu dengan bagian yang lain dalam benda atau organisme secara seirama dan serentak ke dalam pikiran individu guna menghasilkan rasa ketergantungan pada sistem sebagai keseluruhan.

Pengertian Mekanisasi

Adapun definisi mekanisasi menurut para ahli, antara lain;

  1. Imam (2021)

Mekanisasi adalah suatu bentuk upaya untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan di banyak bidang karya, terutama bidang yang sangat tumit dan membutuhkan ketelitian luar biasa, seperti halnya bidang pertanian.

Sehingga dari aspek lain, mekanisasi menyertakan pula berbagai dampak buruk yang sungguh berbahaya bagi perkembangan dan perwujudan individu. Salah satu aspek yang terkena imbas mekanisasi dan adalah cara individu memandang diri sendiri, menyikapi pekerjaan, berhadapan dan memperlakukan sesama.

  1. Marcuse

Mekanisasi pada dasarnya berada dalam wilayah pikiran dan perilaku sebagai mekanika keseragaman. Pengertian ini tentusaja mengindiksikan, bahwa mekanisasi dapat dijumpai di banyak bidang karya mulai dari industri pesawat terbang hingga ke industri rumah tangga.

Contoh Mekanisasi

Untuk contoh mekanisasi dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Bila seseorang ingin berpergian dengan pesawat terbang atau kereta api, cukup menyalakan komputer dan membuka jaringan internet, mengetik nama maskapai atau perusahaan, membayar tiket dan memilih tempat duduk. Untuk industri rumah tangga sudah ada mesin cuci untuk pakaian dan piring mangkok.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian makanisasi menurut para ahli dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai mekanisasi.

4.9/5 - (102 votes)