Pengertian Powerbank, Manfaat, dan Kelemahan

Diposting pada
Pengertian Powerbank
Pengertian Powerbank

Diakui ataupun tidak, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan handphone sebagai alat komunikasi menjadi semakin penting.

Alasannya karena handphone yang dahulu hanya digunakan hanya sebatas untuk menelpon dan sms, kini handphone atau yang lebih kita kenal sekarang sebagai smartphone bisa digunakan sebagai GPS, penyimpan data, alat browsing, MP3 playerm menonton video, dan lain sebagainya. Dari sifatnya yang multifungsi tersebut, handphone membutuhkan pengisian baterai sampai 4 kali dalam sehari, salah satu hal yang bisa menjadi solusinya ialah penggunaan “Powerbank”.

Daftar Isi

Powerbank

Diakui ataupun tidak, powerbank dalam penggunannya dapat digambarkan seperti baterai yang mampu memberikan daya pada gadget tertentu. Dimana dalam bentuknya power bank didesain sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaatkan untuk beberapa jenis gadget, dari smartphone, tablet, hingga kamera digital.

Pengertian Powerbank Menurut Para Ahli

Adapun definisi powerbank menurut para ahli, antara ain;

  1. Murganto (2013), Powerbank adalah perangkat yang mampu menyimpan daya hingga kapasitas tertentu dan bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mensuplai daya pada produk tertentu.

Manfaat Powerbank

Fungsi atau manfaat kegunaan power bank untuk gadget antara lain;

  1. Baterai cadangan

Artinya, powerbank sebagai arti baterai cadangan ini dapatlah untuk dimanfaatkan sebagai baterai utama ketika henphone atau gadget yang kita miliki tersebut kehabisan tenaga.

Dengan kemampuan tentusaja powerbank dapat menyimpan sesuai dengan keadaan atau kapasitas masing-masing, power bank juga bahkan menurut pengalaman dapat digunakan untuk beberapa jam yang melebihi daya tahan pada baterai utama.

Kelemahan Powerbank

Kelemahan pada powerbank akan menjadi masalah apabila pengguna handphone tidak dapat menjangkau sumber listrik untuk melakukan proses pengisian daya baterai atau charging.

Alasannya karena alat pengisi daya baterai handphone konvensional yang bersumber energi listrik PLN terdapat beberapa kelemahan, yaitu dalam pengisiannya harus dekat dengan sumber energi listrik PLN hal ini akan menjadi masalah ketika kita beraktifitas di luar ruangan, masalah sama juga timbul ketika adanya pemutusan aliran listrik.

Walaupun sekarang muncul teknologi powerbank, tetapi juga ada beberapa kelamahan. Kapasitas powerbank yang terbatas dan apabila kapasitas daya dalam powerbank habis perlu diisi ulang kembali. Padahal pasokan energy listrik yang ada tidak sebanding dengan dengan energi yang dibutuhkan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian powerbank menurut para ahli, manfaat powerbank, dan kelemahan yang ada dalam powerbank. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekaligsu pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencarai refrensi tentang “powerbank”.

Rate this post