14 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Diposting pada

 

Pengertian Musik Menurut Para Ahli
Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Indonesia secara garus besar memang sudah terkenal sebagai Negara dengan seni dan kreativitas yang beragam. Tidak dipungkiri pula bahwa salah satunya ialah seni musik yang sampai saat menjadi sebuah kreativitas yang paling digemari oleh masyarakat. Mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Dengan aneka kemajuan zaman yang semakin modern, masyarakat dituntut berkembang khususnya bidang seni musik. Semula hanya bermodal satu alat musik, sekarang telah banyak berkembang seperangkat alat musik lengkap dengan kecanggihan baru yang lebih baik.

Daftar Isi

Musik

Musik adalah suatu bentuk seni yang memaikan kreatifitas dengan menggunakan medium suara, vokal, dan juga kesunyian sehiangga dala perkembangan dunia music pun sudah tidak kalah dengan perkembangan teknologi. Banyak masyarakat luas yang berlomba-lomba membuat alat musik buatan mereka sendiri. Mulai dari aplikasi alat musik di smartphone dan lain sebagainya

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Adapun definisi musik menurut para ahli, antara lain;

  1. Adjie Esa Poetra, Menurutnya, pengertian musik adalah suatu bentuk kesenian yang bermuara pada bunyi.
  2. Suhastjarja, Definisi musik ialah segala bentuk ungkapan mengenai rasa indah setiap insane (manusia) yang ditungkan dalam pemikiran, nada, dan bunyi sehingga mengandung berbagai ritme dan harmoni oleh pendengarnya.
  3. Rina, Musik menurutnya, adalah suatu bentuk cabang kesenian yang diungkapkan dengan bunyi ataupun suara.
  4. Sylado, Musik menurutnya, adalah segala sesuai yang yang hidup karena adanya alunan suara dan ilusi.
  5. Merriam, Arti musik adalah adalah gambaran mengenai suara hati yang berasal dari segala dari hal yang berkaitan tingkah lakuknya.
  6. Soeharto, Definisi musik alunan bunyi yang di dalamnya mengendung unsur dasar berupa irama, melodi, dan harmoni.
  7. Ade Prianto Nugroho, musik secara umum ialah suatu seni yang mampu melukiskan kehidupan manusia, baik secara keindahan yang kemudian berusaha untuk disajikan dalam suara.
  8. Jamalus, Musik adalah suatu jenis karya seni berupa bunyi yang biasanya diungkapkan dengan lagu atau suara.
  9. Sunarto, Menurutnya musik ialah penghayatan manusia yang berusaha untuk diungkapkan dalam bunyi
  10. Lexicographer, Musik berarti kombinasi antara nada, vokal, dan instrumental
  11. Reed dan Sidnell, Musik di definisikan sebagia suara yang mangandung lantunan lagu sehingga di dalamnya terkandung berbagai jenis unsur.
  12. David Ewen, Seni musik ialah suatu bentuk pengetahuan dan juga seni yang diungkapkan dengan jenis suara.
  13. Wikipedia, Memberi arti musik sebagai suatu bentuk mengenai fenomena intuisi yang menghasilakan macam-amacam alat musik.
  14. Dalam KBBI, Musik ialah suara yang diungkapakn secara sistematis dengan mennggunakan lagu dan irama yang dihasilakan dari alat musi.

Dampak adanya Musik

Dengan adanya seni musik tentunya dapat menimbulkan dampak positif terhadap beberapa aspek yaitu:

  1. Ekonomi, Melalui musik diharpkan para pecinta music alan membuka terobosan baru dalam perkembangan yang modern.
  2. Sosial, Dengan adanua seni musick secara sosial mampu mnciptakan generasi penerus yang peduli akan perkembangan teknologi dalam hal ini perkembangan laser yang dapat dibuat menjadi suatu alat musik.
  3. Budaya, Kegiatan memperkenakan seni music secarabudaya tentu dapat memberikan pemahaman dan penerapan secara langsung, bahwa budaya untuk terus mengembangan budaya seni.
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapatlah disimpulkan bahwa musik adalah seni suara yang di dalamnya mengendung, melodi atau lagi yang diiringi dengan alat tradisional dan modern. Adapun jenis alat tradisional dalam bermusik misalnya adalah gendang, tabuhan beduk, dan lainnya. Sedangkan untuk jenis musik modern misalnya saja adalah gitar, sruling, dram, dan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian musik menurut para ahli dan dampak di masyarakat. Semoga saja melalui artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Rate this post