12 Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Perubahan Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Perubahan Sosial

Faktor yang mempengaruhi adanya proses terjadinya perubahan sosial di masyarakat pada hakekatnya terbagi menjadi dua, pertama adalah faktor internal yang bersumber dari dalam masyarakat dan faktor ekternal yang bersumber dari luar kehidupan masyarakat. Disisi lainnya, penjelasan mengenai faktor internal dan eksternal perubahan sosial dalam masyarakat ini sangatah penting untuk diketahui, mengingat setiap kali ada pelajaran tentang perubahan sosial dalam disiplin ilmu sosiologi faktor pendoroang perbuahan sosial ini kerapkali selalu muncul.

Oleh karena itulah artikel kali ini akan menjelaskan tentang faktor pendorong terjadinya perubahan sosial, termasuk budaya, hukum, dan lain sebaginya.

Daftar Isi

Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah penggambaran adanya realitas yang berbeda dalam kehidupan manusia yang bisa disebabkan karena adanya pengaruh maupun gejolak dalam masyarakat sehingga dalam hal ini kadangkala masyarakat mampu menerimanya namun kadangkala juga terjadi konflik di dalamnya.

  1. Faktor Internal Perubahan Sosial

Faktor internal dalam terjadinya perubahan dapat diartikan sebagai faktor pendoroang perubahan di masyarakat yang bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri. Adapun bentuknya seperti;

  1. Pertambahan Penduduk dan Urbanisasi dalam Masyarakat
  2. Penemuan Baru
  3. Konflik dalam Masyarakat
  4. Toleransi pada hal baru atau Perubahan yang Menyimpang
  5. Kamauan Dunia Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi
  6. Sikap Menghargai Karya dan Sikap Maju Orang lain
  7. Rasa Tidak Puas
  8. Terjadinya Pemberontakan
Contoh Faktor Internal Perubahan Sosial

Misalnya saja adanya keiginan Provinsi Timor Leste yang awalnya menjadi bagian daripada wilayah NKRI namun karena adanya keginan masyarakat disana untuk merdeka, hingga akhirnya setelah terjadinya konflik berkepanjangan dan melihat gejolak dalam masyarakat yang ada di Timor Leste. Maka pemerintah melalui PBB melakukan referendum yang memuculkan kemenangan atas Timor Leste kemudian menjadi Negara Timor Timor.

Kemerdekaan yang ada dalam contoh tersebut juga menjadi bagian daripada perubahan sosial secara interenal bagimana tidak setelah merdeka mereka haruslah mandiri terlepas dari semua bantuan maupun pembangunan yang awalnya di topang Indonesia.

  1. Faktor Eksternal Pendorong Perubahan Sosial

Faktor eksternal pendorong perubahan sosial dalam masyarakat dapat diartikan sebagai faktor yang bersumber dari luar masayarakat. Antara lain;

  1. Perubahan Alam Fisik atau Lingkungan
  2. Kontak Atau Penggaruh Budaya Asing
  3. Perang Dengan Negara Lain
  4. Perubahan Ekonomi Dunia
Contoh Faktor Ekternal Perubahan Sosial

Prihal ini contoh kasusnya adanya pandemi atas Virus Corona yang menyebabkan berapa kebijakan bahwa kebiasaan masyarakat berubah. Kasusnya seperti saat proses pembelajaran awalnya dilakukan secara luring atau tatap muka namun pada saat terjadinya Corona dilakukan secara daring (online).

Demikianlah penjelasan mengenai beragam faktor internal dan eksternal perubahan sosial dalam masyarakat. Semoga dari penjelasan tersebut pembaca dapat mengembangan sendiri, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang di inginkan.

Rate this post