Pengertian Kincir Air dan Cara Kerjanya

Diposting pada
Pengertian Kincir Air Menurut Para Ahli
Pengertian Kincir Air

Kincir air pada hakikatnya menjadi salah satu solusi yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam upaya membangkitkan ekonomi kerakyaratan. Atau bisa juga adanya kincir anggin ini disebut sebgaai upaya menyetarakan pembangunan yang ada di desa terpencil.

Tujuan kincir air mapun kincir angin dibangun ialah meningkatkan energi dimana melalui pembangkit listrik tenaga air (PLTA) masyarakat di desa akan sangat terbantu dengan adanya listrik di daerah tersebut. Sehingga atas realitas inilah maka pembuatan kincir air sederhana perlu untuk dilakukan.

Daftar Isi

Kincir Air

Diakui ataupun tidak, dalam proses adanya kincir angin yang terjadinya pembuatan seperti lampu pijar yang menyala. Dengan demikian masyarakat tidak perlu menggunakan lilin atau lampu minyak untuk penerangan pada malam hari, hanya cukup dengan memanfaatkan kincir air sebagai tenaga listrik.

Pengertian Kincir Angin

Kincir air adalah komponen putaran air yang memberikan energi pada poros yang berputar, sehingga kincir air merupakan sarana untuk merubah energi air menjadi energi mekanik berupa torsi pada poros kincir.

Ada beberapa tipe kincir air yang setidaknya haruslah pembaca ketahui bersama, salah satu diantaranya ialah Kincir air overshot, dimana untuk kincir air ini sendiri bekerja bilamana air yang mengalir jatuh ke dalam  bagian sudu-sudu daripada sisi bagian atas, dan karena hal tersebut disebabkan oleh  gaya berat air  pada suatu roda kincir berputar.

Cara Kerja Kincir Air

Pada hakekatnya untuk suatu prinsip kerja daripada listrik tenaga air ini adalah mengupayakan atau mengubah energi yang terdapat pada air yang mengalir di dalam sungai atau laut menjadi energi mekanik dimana kemudian energi mekanik inilah mampu diubah menjadi suatu bentuk pada energi listrik. Alat utama yang selalu dibutkan dalam pembuatan kincir air adalah turbin dan juga generator. Kedua alat turbin dan juga generator ini tidak boleh dilupakan dalam pembuatan kincir air.

Deskripsi Cara Kerja ini membutukan suatu bentuk Alat utama pada pembangkit listrik tenaga air adalah berupa turbin  dan generator lalu air yang telah mampu ditampung di dalam bendungan dan kemudian dialirkan melalui dasar bendungan sehingga membentuk air terjun yang dapat dikelola dengan pembuatan Kincir Air dalam PLTA.

Air terjun inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin karena air akan menabrak suatu bagian daripada sudut – sudut baling-baling turbin sehingga kemudian membuat turbin tersebut menjadi berputar-putar dengan sangat keras atau kencang. Turbin ini terhubung secara langsung dengan generator, sehingga bila turbin bergerak secara berputar, maka secara otomatis generator juga akan ikut bergerak berputar.

Selama bergerak berputar, generator ini akan menghasilkan tenaga listrik. Tenaga listrik inilah yang kemudian dialirkan ke rumah-rumah yang berada di wilayah tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kincir air dan mekanisme kerjanya. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mendalami refrensi tentang “Kincir Air”.

 

5/5 - (2 votes)