6 Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli
Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli

Permainan sudah ada sejak zaman dahulu dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Perkembangan ini sendiri bisa saja dipicu oleh adanya teknologi yang juga berkembang semakin pesat. Permainan pada zaman dahulu masih menggunakan alat-alat yang sangat sederhana, yang seringkali disebut juga dengan permainan tradisional.

Meskipun bentuk daripada permainan tradisional ini sangatlah jarang ditemukan di masyarakat perkotaan. Lantaran kalah dengan adanya permainan yang bersifat modern.

Daftar Isi

Permainan Tradisional

Permainan tradisional adalah permainan yang dilakukan secara sederhana dengan menggunakan  alat yang sederhanya pula sehingga kelebihan permainan tradisional  ini dapat membuat pelakuknya atau mereka lebih mengenal alam dan lingkungan.

Permainan tradisional sangat erat kaitannya dengan zaman tahun 90 an, disaat pada saat itu anak-anak tumbuh kembang tanpda adanya pengaruh teknologi. Terutama berkebangnya anak masih menganggap berbagai sisi kehidupan sederhana, termasuk menyadari tentang tentang pentingnya kearifan lokal.

Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi permianan tradisional menurut para ahli, antara lain;

  1. Kurniati (2011)

Menurutnya, permainan anak tradisional dapat mestimulasi anak dalam mengembangkan kerjasama, membantu anak menyesuaikan diri, saling berinteraksi secara positif, dapat mengkondisikan anak dalam mengontrol diri, mengembangkan sikap empati terhadap teman, menaati aturan, serta menghargai orang lain.

  1. BP-PLSP (Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda)

Permainan tradisional adalah permianan yang dilakukan sebagai hasil pengendalian budaya yang di dalam prosesnya terdapat nilai-nilai pendidikan. Nilai pendidikan ini menjadi salah satu unsur pengenalan dalam dunia anak yang lebih dekat dengan masyarakat.

  1. Atik Soepandi

Pengertian permainan tradisional adalah permainan yang menggunakan alat-alat sederhana yang mengandung unsur budaya dan pendidikan. Unsur buday dan pendidikan dalam permainan tradisional menjadi satu lantaran dalam kegiatannya selalu bertumbuh pada kemampuan intelektualitas.

  1. Homo Ludens

Permainan tradisional adalah permianan yang dilakukan untuk menanamkan budaya dan karekter terhadap pelakunya. Budaya karakter ini terjadi secara langsung ataupun tidak langsung, misalnya karakter pantang menyerah, soprtifitas, dan lain sebagainya.

  1. Domingos, dkk (2013)

Menurutnya, permianan tredisional seperti nekeran/kelereng merupakan salah satu jenis ragam permainan kreatif yang berfungsi melatih anak untuk fokus, melatih anak untuk memberi penghargaan kepada ketercapaian seorang teman, serta melatih anak untuk percaya diri.

  1. Yucel Gelisli dan Elcin Yazici (2015)

Bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar anak. Anak-anak bisa menggabungkan semua pengetahuan, keterampilan yang dibutuhkan di masa depan melalui permainan, serta mampu menjelaskan diri mereka sendiri dan menunjukkan keterampilan mereka.

Contoh Permainan Tradisional

Sebagai contoh permainan tradisional di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Kelereng

Kelereng merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Sebutan kelereng di berbagai daerah berbeda-beda yaitu taneker (bahasa Madura), gundu (bahasa Betawi), keneker (bahasa Jawa), kelici (bahasa Sunda), dan guli (bahasa Melayu).

Walaupun memiliki sebutan yang berbeda, namun permainan ini tetap sama di berbagai daerah. Kelereng dapat dimainkan oleh perempuan dan laki-laki. Biasanya kelereng ini dimainkan secara bersama-sama, dalam bentuk kerjasama ataupun saling berlawanan.

Para pemain akan membuat lingkaran besar dan meletakkan kelereng di dalam lingkaran. Setiap pemain akan berusaha mengeluarkan kelereng dari lingkaran. Jika pemain tersebut berhasil maka kelereng yang telah keluar dari lingkaran akan menjadi miliknya. Permainan ini sangat menyenangkan karena setiap pemain akan berkompetisi untuk mengumpulkan kelereng sebanyak mungkin dan menjadi pemenang.

Kesimpulan

Dari penjelasan, maka sejatinya dapat dikatakan bahwa permainan tradisional adalah jenis permainan yang mengikutsertakan kamampuan dengan budaya. Sehingga dalam bentuk permianan ini dinilai tidak memiliki dampak negatif terhadap anak.

Demikinalah penjelasan mengenai pengertian permainan tradisional menurut para ahli dan contohnya di masyarakat. Oleh karena itulah permainan tradisional merupakan salah satu budaya bangsa dan wajib dijaga kelestariannya. Trimakasih,

3.8/5 - (44 votes)