2 Pengertian Standardisasi Mutu Pangan Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Diposting pada
Pengertian Standardisasi Mutu Pangan
Pengertian Standardisasi Mutu Pangan

Indonesia merupakan salah satu arti negara berkembang dengan jumlah penduduk yang besar dan memiliki wilayah teritorial yang luas. Kondisi atas realitas tersebutlah pada dasarnya menjadikan Indonesia memiliki peluang untuk menjadi basis produksi bagi komoditi global, dan sebaliknya juga menjadi potensi pasar bagi komoditi negara-negara lain.

Oleh karena itu beberapa tahun belakangan ini dalam setiap produk di Indonesia haruslah memiliki standardisasi mutu pangan. Alasannya karena mampu mewujudkan aspek kesehatan serta menjaga arti nilai yang berlaku dalam perundang-undangan.

Daftar Isi

Standardisasi Mutu Pangan

Secara umum istilah standardisasi adalah suatu proses sosial dan interaksi sosial yang dipergunakan untuk merumuskan,  menerapkan, menetapkan, dan  juga merevisi standar-standar yang menjadi ketentuan makanan dengan tertib melalui sebuah bentuk kerjasama kepada semua pihak yang terkait.

Pengertian Standardisasi Mutu Pangan Menurut Para Ahli

Adapun definisi standardisasi mutu pangan menurut para ahli, antara lain;

  1. Standar Nasional  Indonesia  (SNI)

Dalam aturan pemerintah pada PP No. 102/2000 SNI atau biasa kita menyebutnya dengan Standar Nasional  Indonesia (SNI) adalah suatu jenis rangkaian pelaksanaan kegiatan pengumpulan, pengolahan serta penyusanan di dalam Rancangan Standar Nasional  Indonesia  (RSNI)  sehingga tercapai kesepakatan dengan pihak yang terkait.

  1. Direktorat Standardisasi Produk Pangan

Dalam salah satu Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya yang dilakukan sejalan sampai dengan pada bidang pengaturan dan standardisasi suatu produk-produk pangan.

Tujuan Standardisasi Produk Pangan Lokal

Standardisasi produk di Indonesia sangatlah diperlukan, bagi semua usaha-usaha yang bergerak di komoditi pangan. Dengan Tujuan;

  1. Menjaga mutu pangan dari produk berbahaya
  2. Menjaga kesetabilan harga pangan

Demikinlah tulisan mengenai pengertian standardisasi mutu pangan menurut sumber yang telah kami baca. Semoga dapat bermanfaat kepada setiap pembaca yang sedang membutuhkan refrensi mengengai materi “Standardisasi Mutu Pangan”.

Rate this post