Pengertian Tsunami, Penyebab, Dampak, Tanda, dan Contohnya

Diposting pada

Tsunami Adalah

Fenomena yang kita sebut tsunami adalah serangkaian gelombang besar dengan panjang gelombang dan periode yang sangat panjang, yang biasanya dihasilkan oleh gangguan, aktivitas bawah laut yang keras dan impulsif di dekat pantai atau di laut. Ketika perpindahan tiba-tiba dari volume besar air terjadi, atau jika dasar laut tiba-tiba mengalami kenaikan atau karena adanya gempa bumi, gelombang tsunami besar dapat terjadi.

Ombak mengalir keluar dari daerah asal dan bisa sangat berbahaya dan merusak ketika mencapai pantai. Gelombang tsunami sering terlihat seperti dinding air dan dapat menyerang garis pantai dan berbahaya selama berjam-jam, dengan gelombang datang setiap 5 hingga 60 menit. Artikel ini akan mengulas tentang pengertian, penyebab, dampak, tanda-tanda, dan contoh bencana tsunami.

Daftar Isi

Tsunami

Gelombang tsunami tidak menyerupai arus bawah laut normal atau gelombang laut karena panjang gelombangnya jauh lebih lama. Alih-alih muncul sebagai gelombang pecah, tsunami pada awalnya mungkin menyerupai gelombang yang naik dengan cepat.

Untuk alasan ini, ini sering disebut sebagai “gelombang pasang”, meskipun penggunaan ini tidak disukai oleh komunitas ilmiah karena mungkin memberikan kesan yang salah tentang hubungan sebab akibat antara pasang surut dan tsunami.

Meskipun dampak tsunami terbatas pada wilayah pesisir, kekuatan penghancurnya bisa sangat besar, dan dapat mempengaruhi seluruh cekungan lautan.

Pengertian Tsunami

Kata tsunami (diucapkan tsoo-nah‘-mee) berasal dari bahasa Jepang “tsu” (yang berarti pelabuhan) dan “nami” (yang berarti “gelombang”). Seringkali istilah “gelombang laut seismik atau pasang surut” digunakan untuk menggambarkan fenomena yang sama.

Namun istilah ini menyesatkan, karena gelombang tsunami dapat ditimbulkan oleh gangguan non seismik lainnya seperti letusan gunung berapi atau tanah longsor bawah laut, dan memiliki karakteristik fisik yang berbeda gelombang pasang.

Gelombang tsunami sama sekali tidak terkait dengan pasang surut astronomi – yang disebabkan oleh pengaruh luar bumi, gravitasi dari bulan, matahari, dan planet-planet. Dengan demikian, kata Jepang “tsunami”, yang berarti “gelombang pelabuhan” adalah istilah yang benar, resmi, dan mencakup semua. Ini telah diadopsi secara internasional karena mencakup semua bentuk generasi gelombang impulsif.

Pengertian Tsunami Menurut Para Ahli

Adapun definisi tsunami menurut para ahli, antara lain:

BNPB No. 8 Tahun 2011

Tsunami  ialah serangkaian  gelombang  ombak  laut  raksasa  yang  timbul  karena  adanya  pergeseran  di  dasar  laut  akibat gempa bumi.

Bakornas  PB  (2007)

Tsunami  dapat  didefinsikan sebagai  gelombang  laut dengan periode panjang yang ditimbulkan oleh gangguan impulsif dari dasar laut. Gangguan  impulsive tersebut  dapat  berupa  gempa bumi  tektonik,  erupsi  vulkanik  atau  longsoran.

 NOAA

Tsunami adalah serangkaian gelombang yang disebabkan oleh gempa bumi atau letusan gunung berapi bawah laut. Di kedalaman lautan, gelombang tsunami tidak secara dramatis meningkat. Tetapi saat ombak bergerak ke daratan, mereka membangun ketinggian yang lebih tinggi saat kedalaman laut berkurang.

Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut dan bukan jarak dari sumber gelombang. Gelombang tsunami dapat bergerak secepat pesawat jet di atas perairan yang dalam, hanya melambat ketika mencapai perairan dangkal. Sementara tsunami sering disebut sebagai gelombang pasang surut, nama ini tidak disarankan oleh ahli kelautan karena pasang surut tidak ada hubungannya dengan gelombang raksasa ini.

 Penyebab Tsunami

Tsunami dapat disebabkan oleh adanya beberapa hal, antara lain;

Gempa bumi bawah laut

Tsunami dapat terjadi karena adanya gempa bumi bawah laut karena gempa bumi bawah laut menimbulkan banyak getaran yang dapat mendorong timbulnya gelombang tsunami. Mayoritas tsunami yang terjadi di dunia disebabkan oleh gempa bumi bawah laut, dengan persentase yaitu hamper 90% kejadian tsunami di dunia.

Gempa bumi bawah laut adalah jenis gempa bumi tektonik yang timbul sebagai akibat adanya pertemuan atau tubrukan  lempeng tektonik. Meskipun gempa bumi bawah laut menjadi penyebab utama terjadinya tsunami, tapi bukan berarti semua gempa bumi bawah laut dapat menimbulkan tsunami.

Gempa bumi bawah laut dapat menyebabkan tsunami jika memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  1. Pusat gempa terletak di kedalaman 0 hingga 30 kilometer dibawah permukaan air laut
  2. Gempa yang terjadi berskala di atas 6,5 skala richter
  3. Jenis sesar gempa adalah sesar naik turun

Longsor bawah laut

Longsor dapat terjadi di dasar laut, seperti halnya di darat. Daerah dasar laut yang curam dan sarat dengan sedimen, seperti tepi lereng benua, lebih rentan terhadap tanah longsor di bawah laut. Tsunami yang disebabkan oleh terjadinya longsor bawah laut dikenal dengan nama Tsunamic Submarine Landslide.

Terjadinya longsir bawah laut pada umunya disebabkan oleh adanya gempa bumi tektonik atau letusan gunung bawah laut. Getaran kuat yang ditimbulkan oleh longsor itulah yang  dapat menyebabkan terjadinya tsunami.

Letusan gunung berapi bawah laut

Tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi memang terbilang jarang terjadi, tapi peristiwa tersebut dapat terjadi melalui beberapa cara:

  1. Runtuhnya pantai, pulau, dan gunung berapi bawah laut yang merusak yang mengakibatkan tanah longsor besar.
  2. Aliran piroklastik, yang merupakan campuran padat dari blok panas, batu apung, abu dan gas, terjun menuruni lereng vulkanik ke laut dan mendorong air ke luar
  3. Gunung berapi kaldera runtuh setelah letusan menyebabkan air di atasnya turun tiba-tiba.

Meskipun relatif jarang terjadi, letusan gunung berapi yang keras juga merupakan gangguan impulsif, yang dapat menggantikan volume air yang besar dan menghasilkan gelombang tsunami yang sangat merusak di daerah sumber langsung.

Berdasarkan mekanisme tersebut, gelombang bisa dihasilkan oleh perpindahan air yang terjadi secara tiba-tiba yang disebabkan oleh ledakan gunung berapi, oleh kegagalan lereng gunung berapi, atau mungkin oleh ledakan phreatomagmatic dan keruntuhan/menelan ruang magmatik vulkanik.

Adanya hantaman benda luar angkasa

Tsunami yang disebabkan oleh hantaman benda luar angkasa (mis. Asteroid, meteor) adalah kejadian yang sangat langka. Meskipun hal ini jarang terjadi, bahkan belum ada dokumentasi yang menyebutkan peristiwa ini, tapi hal ini bisa saja terjadi. Para ilmuwan menyadari bahwa jika benda-benda langit ini harus menghantam lautan, sejumlah besar air pasti akan dipindahkan sehingga dapat menyebabkan tsunami.

Para ilmuwan telah menghitung bahwa jika asteroid yang cukup besar, berdiameter 5-6 km, menghantam bagian tengah cekungan laut besar seperti Samudra Atlantik, itu akan menghasilkan tsunami yang akan melakukan sampai ke Pegunungan Appalachian di bagian atas, dua pertiga dari Amerika Serikat.

Dampak Tsunami

Tsunami dapat membawa dampak yang buruk bagi kehidupan manusia. Dampak buruk tersebut diantaranya yaitu;

Kerusakan

Jumlah energi dan air yang terkandung dalam tsunami dapat menyebabkan kehancuran ekstrem ketika menyerang daratan. Meskipun gelombang awal tsunami sangat besar, tapi sebagain besar kerusakan disebabkan oleh massa air yang sangat besar di belakang gelombang awal, karena ketinggian laut terus meningkat dengan cepat dan banjir dengan kuat ke daerah pantai.

Itu adalah kekuatan di balik ombak, air deras tak berujung yang menyebabkan kehancuran dan hilangnya nyawa. Ketika raksasa yang memecahkan gelombang tsunami menghantam garis pantai, mereka dapat menghancurkan segala yang ada di jalan mereka, misalnya menghancurkan kapal, bangunan, jembatan, mobil, pohon, saluran telepon, kabel listrik-dan apa saja yang menghalangi jalan mereka.

Setelah gelombang tsunami merobohkan infrastruktur di pantai, mereka dapat melanjutkan perjalanan beberapa mil ke daratan, menyapu lebih banyak pohon, bangunan, mobil, dan peralatan buatan manusia lainnya.

Kematian

Salah satu dampak terbesar dan terburuk dari tsunami adalah kematian karena melarikan diri dari tsunami hampir tidak mungkin. Ratusan dan ribuan orang terbunuh oleh tsunami. Sejak 1850 saja, tsunami bertanggung jawab atas hilangnya lebih dari 430.000 jiwa. Hanya ada sedikit peringatan sebelum tsunami menghantam daratan. Saat air mengalir ke darat, sangat sedikit waktu untuk memetakan rencana pelarian.

Orang-orang yang tinggal di daerah pantai, kota dan desa tidak punya waktu untuk melarikan diri. Kekuatan kekerasan dari tsunami menghasilkan kematian instan, paling umum dengan tenggelam. Bangunan runtuh, sengatan listrik, dan ledakan dari gas, tangki yang rusak dan puing-puing mengambang adalah penyebab kematian lainnya.

Penyakit

Daerah yang dekat dengan pantai dibanjiri air laut, merusak infrastruktur seperti saluran pembuangan dan pasokan air bersih untuk minum. Banjir dan kontaminasi air minum dapat menyebabkan penyakit menular di daerah yang terkena tsunami.

Dampak lingkungan

Tsunami tidak hanya menghancurkan kehidupan manusia, tetapi memiliki dampak buruk pada serangga, hewan, tumbuhan, dan sumber daya alam. Tsunami mengubah lanskap. Peristowa ini mencabut pohon dan tanaman dan menghancurkan habitat hewan. Hewan darat terbunuh karena tenggelam dan hewan laut terbunuh jika bahan kimia berbahaya tersapu ke laut, sehingga meracuni kehidupan laut.

Dampak tsunami terhadap lingkungan tidak hanya berkaitan dengan bentang alam dan kehidupan hewan, tetapi juga dengan aspek lingkungan buatan manusia. Sampah padat dan puing-puing bencana adalah masalah lingkungan paling kritis yang dihadapi oleh negara yang dilanda tsunami.

Biaya

Rekonstruksi dan pembersihan setelah tsunami adalah masalah biaya yang sangat besar. Infrastruktur harus diganti, bangunan tidak aman dihancurkan dan sampah dibersihkan. Kehilangan pendapatan dalam ekonomi lokal dan kerugian di masa depan dari kehancuran infrastruktur akan menjadi masalah untuk beberapa waktu mendatang.

Total biaya finansial tsunami bisa jutaan atau bahkan milyaran dolar dari kerusakan struktur dan habitat pantai. Sulit untuk memberikan angka pasti pada biaya moneter tetapi biaya tersebut dapat mewakili bagian penting dari PDB suatu negara.

Efek psikologis

Para korban peristiwa tsunami sering kali menderita masalah psikologis yang dapat berlangsung berhari-hari, bertahun-tahun, atau seumur hidup. Hal tersebut dikarenakan mereka telah menderita kesedihan dan depresi ketika rumah, bisnis, dan orang-orang terkasih mereka terenggut dari mereka.

Tanda-Tanda Tsunami

Tanda-tanda terjadinya tsunami, antara lain:

Terjadinya gempa atau getaran yang berpusat dari bawah laut

Tsunami diawali oleh adanya gempa bumi atau semacam getaran yang berasal dari bawah atau dari dalam lautan. Gempa yang terjadi tersebut berpusat atau mempunyai kedalam kurang dari 30 kilometer dan getarannya melebihi 6,5 scala richter.

Air laut tiba- tiba surut

Setelah terjadi gempa atau getaran, kondisi selanjutnya ialah surutnya air laut secara tiba- tiba. Hal tersebut tanda-tanda yang paling jelas saat akan terjadi tsunami. Jika air surut semakin jauh, maka kekuatan tsunami yang ditimbulkan akan semakin besar. Oleh karena itu, saat surut air ini terjadi maka langkah yang paling tepat yaitu segera melakukan evakuasi agar tidak banyak korban berjatuhan.

Sebenarnya surutnya air laut tersebut disebabkan oleh permukaan laut yang turun secara mendadak sehingga ada kekosongan ruang yang menyebabkan air laut pantai tertarik. Dan saat gelombang tsunami telah tercipta yang baru, maka air akan kembali ke pantai dengan wujud gelombang yang sangat besar.

Tanda- tanda alam yang tidak biasa

Tanda- tanda alam yang tidak biasa tersebut seperti gerakan angin yang tidak biasa, perilaku hewan yang aneh. Perilaku aneh hewan misalnya kelelawar aktif di siang hari, banyak burung terbang bergerombol (padahal biasanya tidak pernah terlihat), dan juga beberapa perilaku binatang darat.

Misalnya yang terjadi di Thailand, sebelum terjadinya tsunami, gajah-gajah Thailand saling berlarian menuju ke bukit untuk menyelamatkan diri.

Terdengar suara gemuruh

Tanda-tanda lain sebelum terjadinya tsunami yaitu adanya suara gemuruh. Pengalaman masyarakat yang mengalami bencana tsunami tahun 2004 di Aceh, beberapa saat sebelum tsunami terjadi mereka mendengar suara gemuruh yang sangat keras dari dalam laut, yaitu seperti suara kereta pengangkut barang. Beberapa diantara mereka juga mendengar suara ledakan dari dalam lautan.

Contoh Tsunami

Beberapa contoh peristiwa tsunami yang pernah terjadi, diantaranya yaitu:

Tsunami di Aceh, Indonesia – 26 Desember 2004

Gempa bumi berkekuatan 9,1 di lepas pantai Sumatra diperkirakan terjadi pada kedalaman 30 km. Zona patahan yang menyebabkan tsunami panjangnya sekitar 1.300 km, secara vertikal memindahkan dasar laut beberapa meter di sepanjang itu.

Berikutnya terjadi tsunami setinggi 50 m, mencapai 5 km ke daratan dekat Meubolah, Sumatra. Tsunami ini juga merupakan yang paling banyak dicatat, dengan hampir seribu gabungan pengukuran pasang surut dan saksi mata dari seluruh dunia melaporkan kenaikan tinggi gelombang, termasuk tempat-tempat di AS, Inggris dan Antartika. Diperkirakan $ 10 miliar kerusakan disebabkan oleh bencana alam, dengan sekitar 230.000 orang dilaporkan tewas.

Tsunami di Pantai Pasifik Utara, Jepang-11 Maret 2011

Tsunami dahsyat melaju 800 km per jam dengan gelombang setinggi 10 m melanda pantai timur Jepang, menewaskan lebih dari 18.000 orang. Tsunami disebabkan oleh gempa berkekuatan 9,0 yang mencapai kedalaman 24,4 km – menjadikannya gempa terbesar keempat yang pernah tercatat.

Sekitar 452.000 orang dipindahkan ke tempat penampungan, dan masih tetap terlantar dari rumah mereka yang hancur. Guncangan hebat itu menghasilkan darurat nuklir, di mana pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi mulai membocorkan uap radioaktif. Bank Dunia memperkirakan bahwa Jepang dapat membutuhkan waktu hingga lima tahun untuk mengatasi kerugian $ 235 miliar secara finansial.

Itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai pengertian tsunami menurut para ahli, penyebab, dampak, tanda-tanda, dan contoh kejadiannya di Indonesia dan Dunia. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan kepada pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post