10 Pengertian Sikap Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Sikap Menurut Para Ahli

Manusia bisa dikatakan sebagai makhluk yang relatif sangat unik dibadingkan dengan mahluk lainnya, alasannya karena manusia sendiri memiliki perbedaan dengan manusia lainnya. Termasuk dalam perbedaan fungsi sikap atau attitude yang sampai saat ini, sikap tersebut menjadi konsep paling penting dalam membedakan manusia satu dengan yang lainnya.

Sebenarnya telah banyak ditemukan kajian yang mengenai pengertian sikap, proses terbentuknya sikap, maupun perubahan sikap. Banyak pula penelitian telah dilakukan para ahli dalam mengemukakan pengertian sikap bahkan para ahli tersebut akhirnya mendefenisikan berbeda-beda.

Daftar Isi

Sikap

Sikap yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan attitude adalah suatu keadaan inividu yang menggerakkannya untuk dapat bertindak secara benar sehingga pada akhirnya mampu untuk berbuat sikap positif dan negatif, dalam kegiatan sosial sebagai upaya menanggapi suatu situasi di lingkungan sekitarnya.

Pengertian Sikap Menurut Para Ahi

Berikut ini akan ditulisakan definisi sikap menurut para ahli, antara lain;

  1. Sarnoff, Memberikan pengertian bahwa sikap adalah kesediaan seseorang untuk dapat bereaksi secara positif atau beraksi secara negatif terhadap berbagai objek tertentu.
  2. Krech dan R.S Crutchfield, Sikap adalah suatu bentuk organisasi yang bersifat menetap dari berbagai bentuk proses motivasional , emosional, perseptual, dan kognitif. Sehingga dapat dikatkan bahwa sikap ini menjadi aspek individu.
  3. La Pierre, Makna sikap adalah pola perilaku , tendensi atau kesiapan antisipatif, predisposisi seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi sosial.
  4. Soetarno, Sikap adalah berbagai bentuk pandangan ataupun perasaan yang memiliki kecenderungan dalam bertindak terhadap suatu objek tertentu.
  5. G.W Alport, Sikap adalah kesiapan seseorang untuk bertindak terhadap keadaan tertentu.
  6. Tri Rusmi Widayatun, Pengertian  sikap adalah suatu keadaan mental dan syaraf dari kesiapan individu, yang dilakukan melalui pengalaman sehingga dapat memberikan pengaruh dinamik atau terarah terhadap obyek dan situasi yang berkaitan dengan keadaanya.
  7. Howard dan Kendler, sikap adalah suatu kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, posotitif atau negatif terhadap berbagai keadaan sosial, apakah itu institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan lain sebagainya.
  8. Notoadmojo, Sikap adalah reaksi atau respon individu yang bersifat rahasia (tertutup) pada suatu objek tertentu.
  9. Trustone, Sebagai hali psikologi beliau memberikan pengertian bahwa sikap adalah tindakan positif atau negative terhadap objek psikologis.
  10. Jalaluddin Rakhmat, Memberikan pengertian sikap sebagai kecenderungan individu untuk bertindak, berpersepsi, berpikir, dan merasa disaat menghadapi objek, ide, situasi, atau nilai.

Demikialah untuk ulasan atas pengertian sikap menurut para ahli yang disertakan pula dengan kesimpulannya. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca semuanya.

5/5 - (1 vote)