13 Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Supervisi Pendidikan

Istilah supervisi barangkali tidak terasa asing lagi bagi seseorang yang mendalami arti pendidikan atau lebih tepatnya adalah supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan sejatinya berasal dari saduran Bahasa Inggris dari kata “supervision” yang memiliki makna dasar pengawasan.

Sehingga secara kasat mata pengertian supervisi pendidikan adalah kepengawasan di bidang pendidikan. Adapun untuk seseorang yang melakukan kegiatan supervisi pendidikan disebut “Supervisor” yang tujuannya adalah memimbing, mengawasi, dan mengevaluasi peran serta pendidikan yang ada di Indonesia.

Daftar Isi

Supervisi Pendidikan

Supervisi dalam seuatu pendidikan dapat diartikan sebagai serangkaian atau proses kegiatan belajar mengajar untuk membantu mengembangkan, mengawasi, dan mengelola proses pendidikan demi tercapainya tujuan lembaga pendidikan yang ada.

Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Adapun definisi supervisi pendidikan menurut para ahli, antara lain;

  1. P Adam dan Frank G Dickey

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu program yang terencana dalam upaya memperbaiki mata pelajaran pelajaran.

  1. Kerney

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah prosedur pengarahan dan pemberian evaluasi kritis terhadap proses Intruksional pendidikan. Sasaran akhir dari supervisi pendidikan ialah menyediakan bentuk pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada semua siswa yang ada.

  1. Boardman, Douhglass dan Bent

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah usaha mendorong, mengkoordinasikan, dan membimbing perkembangan seorang guru. Baik usaha tersebut secara perseorangan atau kelompok yang sehingga guru mendapatkan pengertian yang lebih baik dan efektif.

  1. Haris dan Benssent

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu tindakan administratif agar dapat dengan mudah mempengaruhi tercapainya tujuan-tujuan pengajaran sekolah.

  1. Kimball Wiles

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan ialah kegiatan supervisor dalam kaitanya dengan hubungan antar manusia dan manusia lain, yang bekerja dengan semua orang dalam lingkungan pendidikan yang ada.

  1. Sergiovanni dan Starret

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan yang bertanggungjawab terhadap perbaikan pengajaran. Sehingga semua tujuan umum sekolah atau pendidikan dapat dengan mudah dicapai oleh lembaga pendidikan.

  1. ASCD

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah semua orang yang bertanggungjawab membantu anggota staf lainya meningkatkan kemampuan lembaga pendidikan.

  1. Alfonso, Firt dan Neville

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu organisisasi yang kompleks yang mempunyai suatu implikasi konsekuensi terkait pendidikan dalam supervisi pengajaran.

  1. Mosher dan Purpel

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu fungsi kepemimpinan  yang memberikan bimbingan professional dalam memformulasikan kembali pendidikian, lebih spesifik lagi memformulasikan kurikulum pendidikan, sistem dan bentuk-bentuk pendidikan untuk lembaga pendidikan tersebut.

  1. Kerney

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu prosedur pemberian pengarahan dan evaluasi kritis terhadap proses instruksional sehingga mampu menyediakan pelayanan pendidikan yang lebih baik daripada siswa.

  1. Boardman, Douglass dan Bent

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu usaha dalam mendorong, mengkoordinasikan, dan membimbing perkembangan guru di lembaga pendidikan secara baik sehingga guru mendapatkan efektif untuk dapat melaksanakan semua fungsi mengajaran disekolah.

  1. Mantja

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu pengajaran atau pembelajaran dilakukan dalam mengawasi kegiatan sekolah sehingga proses pendidikan berjalan dengan baik.

  1. Neagly dan Evans

Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan proses penekanan kepada aspek pemberhasilan proses belajar mengajar, sehingga ada ahli yang membagi supervisi menjadi supervisi umum yang menunjang kelancaran PBM.

Kesimpulan

Dari defenisi supervisi pendidikan diatas dapat disimpulkan bahwa esensi supervisi tidak untuk menilai unjuk kerja konselor dalam mengelola proses bimbingan, melainkan membantu konselor mengembangkan kemampuan profesionalismenya secara baik dan benar sehingga tujuan pendidikan akan terarah dengan semestinya.

Demikialahn untuk ulasan mengenai pengertian supervisi pendidikan menurut para ahli, semoga mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian.

4/5 - (1 vote)