5 Pengertian Metode Pembelajaran Para Menurut Ahli

Diposting pada

Pengertian Metode Pembelajaran Para Menurut Ahli

Setiap tenaga pendidik (guru) pasti memerlukan strategi atau cara yang digunakan dalam penyampaian materi dengan baik. Meskipun cara yang dipergunakan berbeda-beda, akan tetapi dapat dipastikan bahwa cara tersebut tujuannya yaitu untuk mempemudah pemahaman kepada peserta didik. Istilah kata lain dari cara yang dipergunakan itu adalah metode pembelajaran.

Daftar Isi

Metode Pembelajaran

Metode pembelejaran sejatinya berasal dari dua kata, yaitu metode dan pembelajaran. Metode sendiri dapat diartikan sebagai cara atau strategi yang dipergunakan oleh tenaga pendidik (guru) agar proses pembelajaran yang dilakukan lebih efektif dan efesien sehingga tujuan pendidikan dengan mudah untuk dicapai.

Sedangkan untuk asal muasal kata “metode” dari bahasa yunani “methodos” yang memiliki arti  cara atau jalan. Dari pengertian tersebut dapat dikatakan jika metode dan pembelajaran jika digabungkan menjadi satu, akan memunculkan pengertian berikut ini:

Pengertian Metode Pembejalaran

Metode pembelajaran adalah serangkaian bentuk model perencanaan terkait dengan pembelajaran yang dianggap baik, utuh, dan bersistem sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat dengan mudah untuk diimpelmentasikan secara teratur.

Pengertian Metodologi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Adapun definisi metode pembelajaran menurut para ahli. Antara lain;

  1. Salamun

Memberikan pengertian bahwa metode  pembelajaran adalah suatu cara  pembelajarn yang berbeda  untuk  mencapai  hasil  pembelajaran  yang  berbeda dibawah suatu kondisi yang berbeda. Hal ini tentusaja menunjukan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan harus disesuaiakan dengan hasil pembelajaran atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

  1. Abu Ahmadi

Memberikan pengertian bahwa metode pembelajaran adalah teknik  penyajian yang disampaikan oleh guru untuk kemudian bisa menyemapaikan materi pelajaran kepada murid .

  1. Abdurrahman Ginting

Memberikan pengertian metode pembelajaran adalah cara yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar  pendidikan serta berbagai teknik dan sumberdaya sehingga terjadi proses pembelajaran yang baik.

  1. Menurut Ahmadi

Pegertian metode pembelajaran adalah pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru  ataupun  instruktur dengan baik sehingga intisari materi pelajaran yang disampaikan dengan mudah dipahami oleh peserta didik.

  1. Gagne, Briggs, dan Wagner

Memberikan pengertian metode pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang dengan baik dan berisistim yang kemudian dilakukan dalam upaya memberi pemahaman belajar pada siswa.

Dari penjelasan diatas, dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru atau instriktur pendidikan dilakukan agar peserta didik dapat dengan mudah mehami materi yang disampaikan. Dengan sitem penyempaian yang baik tersebut diharapkan tujuan pendidikan agar terealisasi sesuai rencana yang diharapkan.

Macam Metode Pembelajaran

Bentuk metode pembelajaran. Antara lain;

  1. Metode tutorial
  2. Metode demonstrasi
  3. Metode debat
  4. Metode role playing
  5. Metode problem solving

Demikianlah untuk pengertian motode pembelajaran menurut para ahli disertai juga dengan macam-macamnya semoga bisa menambah wawasan bagi segenap pembaca sekalian, terutama sekali yang sedang membutuhkan referensinya.

3/5 - (1 vote)