10 Langkah Penelitian Pengembangan dan Contohnya

Diposting pada

Langkah Penelitian Pengembangan

Bagi yang ingin melakukan penelitian pengembangan tentusaja membutuhkan prosedur ataupun model langkah-langkah dalam melangsungkan penelitian pengembangan. Alasannya tak lain, karena hal ini penting untuk dilakukan sebab adanya langah yang baik hasil penelitian yang diinginkan tidak mungkin dapat dipercaya atau kontibel dengan penelitian ilmiah.

Daftar Isi

Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan adalah bentuk metode penelitian yang senantisa dipergunakan untuk menghasilkan produk, melakukan proses pengujian efektifitas dari adanya produk yang diciptakan tersebut. Sehingga dalam penelitian pengembangan yang paling umum adalah yang melibatkan situasi di mana dilakukan pengembangan produk, kemudian ada analisis setelah itu dijelaskan yang hal ini lebih dekat dekat dengan subjek pendidikan.

Adapun langkah-langkah penelitian pengembangan adalah sebagai berikut:

Langkah Penelitian Pengembangan

Langkah penelitian pengembangan yang dituliskan dalam artikel ini mengutip dari Sugiyono (2011), yang mengatakan bahwa langkah-langkah penelitian dan pengembangan ada sepuluh langkah. Yaitu;

  1. Potensi dan Masalah

Potensi adalah segala sesuatu yang apabila didayagunakan akan memiliki nilai tambah. Sedangkan masalah dapat dijadikan potensi apabila kita dapat mendayagunakanya.

  1. Mengumpulkan Informasi

Setelah potensi dan masalah ditunjukan secara faktual, dan up to date selanjutnya perlu bagi si peneliti untuk mengumpulkan berbagai informasi yang dapat. Hal ini dilakukan untuk bahan perencanaan produk yang diharapkan dapat mengatasi permasalah.

  1. Desain Produk

Desain produk yang dihasilkan dalam ini sesungguhnya bermacam-macam. Baik dalam bidang teknologi, orientasi produk teknologi, adapun yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia adalah produk yang berkualitas, selain itu adalah produk yang bermanfaat ganda.

  1. Validasi Desain

Validasi desain merupakan kegiatan untuk menilai apakah rancangan produk , dalam hal ini metode mengajar baru secara rasional akan lebih efektif dari pemikiran rasional, belum berdasarkan fakta lapangan.

  1. Perbaikan Desain

Dalam penelitian pengembangan yang dikenal dengan R & D bertugas memperbaiki desain adalah peneliti yang akan menghasilkan produk yang lebih bagus.

  1. Uji Coba Produk

Perlu adanya uji coba produk dalam model penelitian ini, misalnya dalam bidang pendidikan, desain produk yang dihasilkan seperti metode mengajar baru langsung diuji coba, setelah divalidasi dan revisi oleh para ahli atau yang bersangkuatan.

  1. Revisi Produk

Setelah pengujian terhadap produk berhasil, dan mungkin ada revisi yang tidak terlalu penting selanjutnya produk yang berupa metode mengajar baru diterapkan dalam lingkup pendidikan yang luas.

  1. Uji Coba Pemakaian

Pengujian efektifitas metode mengajar baru pada sampel yang terbatas tersebut menunjukan bahwa metode mengajar baru lebih efektif daripada metode lama.

  1. Revisi Produk

Dilakukan apabila dalam pemakaian dalam lembaga pendidikan terdapat kekurangan dan kelemahan. Dalam uji pemakaian sebaiknya pembuat produk selalu mengevaluasi bagaimana kinerja produk.

  1. Pembuatan Produk Massal

Apabila produk baru tersebut telah dinyatakan efektif melalui berbagai pengujian, maka dapat diproduksi secara massal dan dapat diterapkan disetiap lembaga pendidikan yang ada.

Contoh Penelitian Pengembangan

Adapun untuk contoh yang bisa dilakukan dalam penelitian pengembangan misalnya saja;

  1. Pembuatan Ebook dalam Materi Pendidikan

Riset pengembangan yang bisa dilihat sampai sekarang ialah adanya pembuatan ebook sebagai bagian daripada kumpulan materi pembelajaran sekaligus pendidikan. Ebook dengan aneka bentuk seperti 3D ataupun PDF sejatinya disusun dalam memudahkan peserta didik untuk belajar.

Demikianlah ulasan mengenai langkah penelitian pengembangan atau prosedur penelitian pengembangan yang sudah banyak diterpakan oleh peneliti-peneliti terdahulu, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang penelitian pengembangan.

5/5 - (1 vote)