8 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Populasi menjadi istilah yang tak asing lagi, bagi seseorang yang akan melakukan penelitian atau yang akan mengerjakaran karya tulis ilmiah, baik skripsi, tesis, makalah, atau yang lainnya. Populasi ini sendiri bahkan menjadi dasar dalam pelajaran statistik dan statistika.

Meskipun tak jarang, pupulasi sudah familiar untuk defenisi populasi atau pengertian populasi sendiri ada yang sedang mencari ataupun kebingungan dalam menggartikan apa sih populasi itu?. Oleh karenanya pada artikel ini akan memberikan pengertian populasi.

Daftar Isi

Populasi

Populasi adalah bagian pengambaran keseluruhan objek penelitian ataupun subjek dalam penelitian yang dinilai memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu terhadap rencana penelitian yang akan dilakukan atau yang telah direncanakan oleh peneliti.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Berikut definisi populasi menurut para ahli, antara lain;

  1. Arikunto (2013)

Populasi adalah bagian daripada keseluruhan objek dalam penelitian. Oleh karena itu apabila ditemukan seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi.

  1. Sukardi (2003)

Memberikan pengertian bahwa populasi adalah semua anggota kelompok, baik manusia, hewan, benda, atau peristiwa yang tinggal secara bersama dalam suatu tempat sama dengan perencanaan untuk melakukan penelitian.

  1. Sugiyono dalam Gerrytri (2013)

Mengungkapkan bahwa populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang dinilai mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu sehingga penting untuk ditetapkan oleh peneliti dalam mempelajari kemudian dan menyimpulkannya.

  1. Frankle (2007)

Memberikan pengertian bahwa populasi adalah suatu kelompok yang menarik untuk dilakukan peneliti generalisasi dari hasil studi penelitian yang direncanakan.

  1. Sabar (2007)

Populasi dapat diartikan sebagai keseluruhan dari subyek penelitian yang ingin dilakukan.

  1. Netra (2007)

Pengertian bahwa populasi adalah suatu objek dalam penelitian yang memiliki karakterstik sama.

  1. Furchan (2004)

Memberikan pengertian bahwa populasi adalah seluruh anggota dalam penelitian yang telah dirumusakan dengan jelas melalui hitungan-hitungan yang berlaku.

  1. Hadari Nawawi (1983)

Memberikan pengertian bahwa populasi adalah seluruhan objek dalam penelitian, baik terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan, benda, peristiwa, gejala-gejala, ataupun nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karaktersitik sama terhadap rencana penelitian yang ingin dilakukan.

Jenis Populasi

Bentuk populasi dalam penelitian. Antara lain;

  1. Populasi Teoretis

Populasi teoritis dapat diartikan sebagai populasi yang batasan penelitiannya telah ditetapkan secara kualitatif. Contohnya pendafar Pegawai Negri Sipil (PNS) yang ditetapkan pemerintah minimal harus menempuh pendidikan S1, dan lain sebagainya.

  1. Populasi yang Tersedia

Populasi ini dapat diartikan sebagai populasi yang memimiliki batasan kuantitatif. Contohnya, sebanyak 300 pondok pesantren di Indonesia mengikuti Liga Santri Nusantra. Itu artinya bahwa pondok pestran yang telah ditentukan memiliki karakteristik yang sesuai dengan populasi teoretis yang telah ditetapkan dalam rencana penelitian.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa sesungguhnya populasi ini adalah seluruh elemen yang ada dalam penelitian atau rencana penelitian. Oleh karena itu tak jarang ada yang menyebutkan bahwa populasi adalah model penelitian sensus, yang mana semua unsur dalam karakteristik yang sesuai dengan rencana penelitian akan diwawancarai atau diteliti secara bersama.

Adapun untuk macam atau jenis populasi yang umumnya sering dilakukan oleh banyak penelitian, ada dua, yaitu populasi teoretis (teoritical population) dan populasi yang tersedia (accessible population).

Demikianlah untuk pengertian populasi yang disertakan pula dengan pengertian populasi menurut para ahli. Semoga dapat bermanfaat dan membantu bagi siapapun yang ingin memahami populasi.

3.5/5 - (2 votes)