7 Macam Kebutuhan Peserta Didik di Sekolah

Diposting pada

Kebutuhan Peserta Didik di Sekolah

Peserta didik atau murid memang memiliki peran yang sangar vital bagi kemajuan bangsa dan Negara. Mereka bukan hanya sebagai generasi penerus bangsa, akan tetapi menjadi harapan seluruh elemen bangsa di masa mendatang.

Sampai saat ini atau bahkan di masa mendatang arti pendidikan yang ada di Indonesia pada dasarnya tergolong menjadi dua, yaitu pendidikan formal seperti sekolah dan pendidikan non formal seperti pondok pesantren, pelatihan dan lain sebagainya.

Daftar Isi

Kebutuhan Peserta didik

Kebutuhan peserta didik adalah segala sesuatu yang arus dipenuhi, artinya jika ada salah satu kebutuhan peserta didik yang tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan bahwa peserta didik tersebut akan  menuntut kebutuhan atau menyalahkan kebutuhan yang tidak diperoleh.

Hingga pada akhirnya peserta didik akan manja, atau bahkan bisa jadi berbuat kriminal supaya di anggap ada oleh orang sekitarnya.

Macam Kebutuhan Peserta Didik

Ada 7 kebutuhan yang harus diperoleh peserta didik yang saling berkiatan dan tidak boleh terlupakan. Berikut penjelasannya;

  1. Kebutuhan Agama

Kebutuhan agama sebenarnya sudah ditanamkan oleh seseorang sejak lahir, sebab secara langsung ataupun tidak langsung seorang manusia telah membutuhkan agama. Yang dimaksud agama di sini adalah iman, dimana defenisi iman adalah diyakini dalam hati, diresapkan dalam perasaan dan dilaksanakan dengan amal perbuatan.

  1. Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan dasar manusia termasuk peserta didik yang bersifat instink, tidak dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan pendidikan. Kebutuhan jasmani misalnya adalah kesehatan.

  1. Kebutuhan Rasa Aman

Rasa aman juga menjadi kebutuhan bagi peserta didik. Rasa aman menjadi kebutuhan yang akhirnya mampu mendorong individu untuk kemudian memperoleh ketentraman, kepastian dan juga keteraturan dari lingkungan dimana dia berasal.

  1. Kebutuhan Kasih Sayang

Kasih sayang juga menjadi kebutuhan bagi peserta didik, kasih sayang dianggap sebagai kebutuhan yang mampu mendorong seorang manusia untuk mengendalikan ikatan emosional dengan orang lain ataupun orang tua. Kasih sayang umumnya diaktualisasikan dalam bentuk kebutuhan memiliki dan dimiliki, mencintai dan dicintai, menyayangi dan disayangi dan sebagainya.

  1. Kebutuhan Akan Penghargaan

Penghargaan juga menjadi kebutuhan yang harus diperoleh peserta didik. Penghargaan merupakan kebutuhan setiap orang untuk merasa dihargai atau berharga dalam hidupnya. Penghargaan kepada peserta didik di sekolah misanya adalah peringkatan juara, meskipun tidak memperoleh hadiah atau hadihanya kecil tetapi hal ini sangat penting dilakukan, karena mampu menjadi pendorong peserta didik untuk lebih optimal dalam belajar.

  1. Kebutuhan Rasa Bebas

Rasa bebas juga menjadi suatu kebutuhan bagi peserta didik. Kebutuhan ini diperlukan untuk merasa bebas dari kungkungan-kungkungan yang mengikat.

Rasa bebas bukan berarti peserta didik tidak terkontrol, namun tetapi memiliki batasan-batasan yang menjadi prioritas utamanya. Misalnya kebutuhan rasa bebas ketika peserta didik memilih jurusan di perguruan tinggi atau lain sebaginya.

  1. Kebutuhan Rasa Sukses

Pada umunya seorang inividu atau peserta didik sangat menginginkan segala iktiarnya dalam menempuh pendidikan baik di SD, SMP, ataupun SMA dapat berhasil dengan baik, terutama secara akademik. Oleh karena itulah rasa sukses menjadi priortas akhir tapi utama dalam memahami kebutuhan peserta didik.

Demikianlah ulasan mengenai macam kebutuhan peserta didik di sekolah yang harus terpenuhi. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

2/5 - (1 vote)