7 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Istilah pendidikan dalam arti karakter pada saat ini memang sedang gencar digelorakan oleh pemerintah. Alasan pemerintah menggencarkan pendidikan karekter karena melihat situasi dan kondisi bangsa yang semakin hari semakin mengalami penururan, terutama penurunan terhadap karakter. Hal ini terselihat ketika sebagian besar pendidikan yang diselenggarakan hanya menjadi tontonan bukan lagi menjadi tuntunan.

Sudah sepantasnya dalam kaedah pendidikan di jaman sekarang mengedepankan karakter. Karena karekter ini nantinya akan membuat para peserta didik bukan hanya membedakan mana yang baik dan buruh, akan tetapi mampu membuat para pelajar untuk mengimplemantasikan nilai baik dan buruk.

Daftar Isi

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai suatu pendidikan yang tidak hanya mengedepankan aspek kognitif dari peserta didik, akan tetapi tetapi peserta didik juga mampu membentuk aspek afektif. Karena keefektifan inilah nantinya akan menentukan peserta didik tersebut menjadi orang baik atau bukan setelah dewasa.

Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Adapun definisi pendidikan karakter menurut para ahli, antara lain;

  1. T. Ramli (2003)

Memberikan pengertian bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak. Sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik.

  1. Suyanto (2009)

Menurutnya pendidikan karaketr adalah suatu cara berpikir dan juga berperilaku yang memiliki ciri khas untuk menjalani hidup dengan bekerja sama, baik bekerjasama dalam keluarga, masyarakat, agama, bangsa, maupun  negara.

  1. Elkind (2004)

Memberikan pengertian bahwa pendidikan karakter adalah segala sesuatu metode pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik sehingga mampu mempengaruhi karakter murid. Disini terlihat bahwa guru bukan hanya mengajarkan materi pelajaran tetapi mampu untuk menjadi keteladanan.

  1. John W. Santrock

Memberikan pengertian bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dengan juga memberi pelajaran kepada murid tentang pengetahuan moral dalam upaya mencegah prilaku yang tidak dianjurkan atau prilaku yang dilarang.

  1. Thomas Lickona

Memberikan pengertian pendidikan karakter adalah usaha tenaga pendidik untuk membantu peserta didik dalam memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai yang tidak melanggar hukum.

  1. Kertajaya (2010)

Memberikan pengertian bahwa karakter dalam pendidikan adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh seseorang secara individu. Dimana cirri tersebut  mengakar pada kepribadian sehingga mampu untuk mendorong bagaimana seseorang bertindak, berperilaku,  dan menanggapi sesuatu.

  1. Wikipedia

Memberikan pengertian bahwa pendidikan karakter adalah bentuk dalam lembaga pendidikan yang memuat suatu ajaran tindakan yang baik bagi generasi selanjut di masa mendatang.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah diambil intisari bahwa tujuan daripada pendidikan karakter adalah mengarahkan peserta didik untuk dapat memiliki dan memahami serta mengimplementasikan norma-norma yang baik dan diterima oleh masyarakat.

Sehingga disini terlihat peserta didik bukan hanya dituntut untuk cerdas namun juga dituntut agar memiliki prilaku yan tidak menyimpang.

Demikialanlah pengertian pendidikan karakter menurut para ahli, semoga dapat membantu pembaca dalam mengulas lebih dalam tentang pendidikan karakter.

5/5 - (1 vote)