2 Pengertian Komprehensi Teks Menurut Para Ahli

Diposting pada

Komprehensi Teks Menurut Para Ahli

Komprehensi teks barangkali menjadi suatu istilah yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Istilah ini memang jarang dikemukakan, akan tetapi pada dasarnya komprehensi teks menjadi salah satu sub pembelajaran dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang ada disetiap jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi.

Daftar Isi

Komprehensi Teks

Komprehensi teks atau biasanya disebut dengan pemahaman teks ialah salah satu inti dari seseorang dalam menyerap ilmu pengatahuan, pemahaman teks ini didapatkan setelah kita membaca buku, jurnal, atau karya tulis ilmiah yang lainnya.

Pengertian Komprehensi Teks

Komprehensi teks adalah bagian daripada kemampuan membaca untuk memahami ide pokok, detail penting, dan seluruh pengertian. Pemahaman ini berkaitan erat dengan kemampuan mengingat bahan yang dibacanya. Komprehensi teks berkaitan erat dengan usaha memahami hal-hal penting dari teks yang dibaca.

Membaca dengan cara komprehensi teks bukanlah sebuah kegiatan yang pasif. Sebenarnya, pada peringkat yang lebih tinggi, membaca itu bukan sekadar memahami lambang-lambang tertulis, melainkan memahami, menerima, menolak, membandingkan, dan meyakini pendapat-pendapat yang ada dalam bacaan.

Pengertian Komprehensi Teks Menurut Para Ahli

Pengertian komprehensi teks menurut para ahli di antranya;

  1. Webster Collegiate Dictionary, Pengertian komprehensi teks adalah kapasitas pemikiran untuk memahami dan mengerti makna yang disampaikan oleh para ahli.
  2. Rubin (1993), Memberikan pengertian bahwa komprehensi teks adalah proses pemikiran yang kompleks untuk membangun sejumlah pengetahuan.

Dari pengertian komprehensif teks menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa komprehensif teks yaitu memahami informasi secara langsung yang ada dalam teks bacaan itu dan memahami informasi yang tidak secara langsung dalam teks.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian komprehensif teks menurut para ahli, semoga dapat menambah wawasan sekaligus mampu menambah pengatahuan bagi siapapun yang sedang mencari arti komprehenisf teks atau pemahaman teks.

Rate this post