Pengertian Surat Resmi Menurut Para Ahli, 7 Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Surat Resmi

Pada hakekatnya bentuk surat terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi atau surat tidak resmi (informal) dan surat resmi (formal). Adapun pada bagian ini akan mengulas lebih dalam tentang pengertian surat resmi dan ciri-ciri surat resmi.

Namun yang pastinya, penggunaan jenis surat resmi berdasarkan isinya ini tidak semata-mata untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk kepentingan organisasi, perusahaan, atau instansi.

Daftar Isi

Surat Resmi

Surat resmi adalah bagian daripada serangkaian sarana komunikasi lewat tulisan yang digunakan dalam situasi resmi atau formal dan dibuat sesuai dengan aturan atau kaidah surat-menyurat yang sudah di standardisasikan. Surat resmi digunakan oleh perorangan, organisasi, perusahaan, dan instansi  pemerintah maupun swasta.

Pengertian Surat Resmi Menurut Para Ahli

Definisi surat resmi menurut para ahli, antara lain;

  1. Barthos (2003), Surat Resmi adalah sarana komunikasi dan sekaligus sebagai alat penyampaian pesan yang diberikan kepada wakil dari penulis atau pengirim secara langsung melalui kegiatan formal. Sehingga dalam tatarannya berlaku sebagai piranti tata usaha dan pengukur maju mundurnya suatu kegiatan usaha

Ciri Surat Resmi

Karakteristik yang ada dalam bentuk surat resmi, antara lain;

  1. Bahasa yang digunakan dalam surat resmi adalah bahasa baku: bahasa baku adalah bahasa yang sudah distandardisasikan: minimal memiliki subjek dan predikat, tidak pleonasme (boros menggunakan kata), harus sejajar (paralelisme), harus jelas tidak ambigu, menggunakan kata baku, dan sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD).
  2. Bahasa yang digunakan dalam surat resmi harus efektif, singkat, padat, dan jelas maknanya (eksplisit bukan implisit).
  3. Surat resmi biasanya disajikan dalam bentuk  lurus (full block) atau  setengah lurus (semi block).
  4. Terdapat kepala surat (kop surat) apabila dikeluarkan oleh lembaga resmi.
  5. Surat Resmi terdapat nomor, lampiran, perihal, tanggal, alamat tujuan.
  6. Disertai stempel atau cap khusus pada kondisi tertentu.
  7. Surat resmi disusun secara sistematis dan sesuai dengan aturan surat-menyurat resmi Bahasa  Indonesia.

Contoh Surat Resmi

Untuk contoh penggunaan dalam surat resmi. Antara lain;

  1. Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran kerja bisa dikatakan bagian daripada contoh nyata penulisan dalam surat resmi, alasannya karena ditunjukan kepada perusahaan maupun badan usaha dari inidvidu kepada pihak lainnya yang secara sadar dibuat dengan langkah penyusunan sistematis.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian surat resmi menurut para ahli, ciri, dan contoh penggunannya. Semoga bermanfaat bgai kalian yang sedang menulis surat resmi, dan trimakasih atas kunjungannya.

Rate this post