2 Pengertian Laporan Menurut Para Ahli, Bentuk, Jenis, Syarat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Laporan

Laporan pada hakikatnya hal yang sangat sering dilakukan oleh seseorang individu atau kelompok. Baik untuk tugas selokah, tugas perkuliahan, organisasi, lembaga pemerintah, dan lain sebaaginya.

Laporan ini sendiri dibuat karena menjadi kewajiban, oleh karena itulah sangat seringnya kita membuat laporan, pada ulasan kali ini akan membahas mengenai pengertian laporan, bentuk laporan, dan syarat-syarat dalam membuat laporan.

Daftar Isi

Laporan

Diakui ataupun tidak, penulisan setiap laporan adalah suatu bentuk penyampaian serangkaian berita, keterangan, pemberitahuan, ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis yang tentusaja haruslah dibuat secara sistematis dan logis.

Pengertian Laporan

Pengertian laporan adalah sebagai uraian yang disampaikan atau dilaporkan dari satu pihak ke pihak lainnya, sehingga dalam hal inilah suatu hal yang dilaporkan dalam kegiatan kedinasan, yakni hasil dari kegiatan yang diserahkan anak buah kepada pimpinannya yang mempunyai wewenang untuk menerima, mengoreksi, dan menilai.

Pengertian Laporan Menurut Para Ahli

Adapun definisi lapora menurut para ahli. Antara lain;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan. Laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan seperti kegiatan kerja perusahaan, pengamatan meteorologi, catatan kejadian, dan kegiatan penelitian.

  1. F.X. Soejadi

Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responbility) yang ada di antara mereka.

Bentuk Laporan

Laporan yang disampaikan terdiri dari beberapa macam, yaitu:

  1. Bentuk Formulir

Laporan bentuk ini dibuat dalam jumlah yang besar. Pelapor hanya menulis keterangan kolom yang disediakan pada formulir. Misalnya: formulir perjalanan dinas, formulir rapat, formulir riwayat hidup, dan lain sebaginya.

  1. Bentuk Artikel, Risalah, atau Naskah

Laporan yang dibuat seperti karangan singkat di surat kabar, dalam artikel  dicantumkan pula teori, pendapat, dan masalah.

  1. Bentuk Surat

Laporan yang dibuat seperti format surat dan aturannya sama dengan penulisan dalam surat resmi sehingga penuliannya pun di tunjukan secara lengkap.

  1. Bentuk Buku

Laporan yang bentuknya serupa dengan buku. Jumlah halaman banyak, tebal, dan dijilid. Laporan ini dibuat dalam kegiatan-kegiatan berskala besar.

Jenis Laporan

Adapun untuk jenis-jenis laporan seringkali kita buat, diantaranya;

  1. Berdasarkan media: laporan lisan dan laporan tulisan.
  2. Berdasarkan waktu pelaksanaan:  laporan berkala dan laporan insidental.
  3. Laporan berkala adalah penyampaiannya periodik sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, misalnya, laporan harian, laporan mingguan, laporan bulanan, laporan tahunan, dan sebagainya. Laporan insidental  adalah laporan yang dibuat di luar jadwal yg telah ditetapkan (mendadak).
  4. Berdasarkan cakupannya: laporan umum dan laporan khusus. Laporan umum berisi uraian menyeluruh dari semua unsur secara garis besar. Laporan khusus adalah laporan berisi secara rinci terhadap satu unsur permasalahan, bisa berdasarkan periode, wilayah, atau sasaran.

Syarat Penulisan Laporan

Sebuah laporan yang kita tuliskan dikatakan baik jika memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Objektif, Laporan sesuai dengan keadaan sebenarnya, tidak direkayasa, ditambah, dan dikurangi, baik sebagian ataupun secara keselurhan
  2. Lengkap, Laporan lengkap baik isi maupun komponennya, rinci dan sistimatis meliputi semua bagian laporan
  3. Tepat Waktu, Laporan disusun dan disampaikan segera setelah selesai kegiatan
  4. Tepat Sasaran, Laporan diserahkan kepada pimpinan yang berhak menerima, mengoreksi, dan menilai
  5. Bahasa Baku, Laporan yang baik disusun dengan menggunakan bahasa baku
  6. Sistematis, Disusun berurutan sesuai ketentuan penulisan laporan secara umum dan sesuai dengan aturan khusus yang diberikan dari pemberi tugas (pimpinan)

Contoh Laporan

Untuk contoh penulisan dalam laporan. Misalnya saja;

  1. Laporan administrasi
  2. Laporan akhir tahun
  3. Laporan berkala
  4. Laporan keuangan
  5. Laporan tahunan
  6. Laporan cuaca
  7. Laporan gawat
  8. Laporan polisi untuk diberitakan
  9. Laporan penelitian
  10. Laporan statistik
  11. Dan kegiatan serta pengamatan lainnya.

Demikianlah ulasan lengkap tentang laporan, baik dari segi pengertian laporan menurut para ahli, bentuk-bentuk laporan, jenis-jenis laporan, dan syarat-syarat laporan. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yang sedang atau akan membuat sebuah laporan.

5/5 - (1 vote)