4 Macam Metode Pidato Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Metode Pidato

Mengemukakan pendapat di depan khalayak umum, seperti halnya pidato barangkali menjadi pengetahuan yang harus dilaksanakan bagi setiap orang. Alasannya karena hal ini sangat sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyakat.

Disisi lainnya, pidato yang dekat dengan kehidupan masyarakat, pada dasarnya memiliki 4 metode pelaksanaannya yang dapat dipergunakan dalam berpidato agar baik, lancar, dan sesuai dengan harapan. Yaitu metode impromptu, naskah, ekstemporan, dan memoriter

Daftar Isi

Metode Pidato

Metode pelaksanaan pidato yang biasa digunakan oleh seorang pemula ataupun seorang pembelajar, dapatlah dikatakan bahwa 4. Yang kesemuanya memailiki kekuarangan dan kelebihan masiang-masing. Adapun yang disaraan dalam tulisan ini, ialah jika seseorang pemula lebih baik menggunakan cara metode memoriter atau metode menghapal selain itu juga metode naskah. Alasannya karena hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Macam Bentuk Metode

Metode pelaksanannya pidato dan penjelasannya. Antara lain;

  1. Impromptu

Metode impromptu yaitu metode berpidato yang dilakukan secara spontanitas oleh seseorang, serta merta tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Metode ini sering disebut metode spontanitas. Untuk menerapkan metode impromptu tidak semua orang bisa menjalankannya, karena perlu keahlian dan juga kebiasaan.

  1. Naskah

Metode naskah, yaitu metode berpidato dengan cara membacakan naskah atau teks yang telah dibuat sebelumnya. Metode naskah ini terlihat menoton, meskipun begitu untuk tata bahasa dan model penyampaian terlihat lebih elegan dan rapi. Alasannya karena proses dalam langkah pembuatan naskah pidato diperlukan riset topik terlebih dahulu.

  1. Ekstemporan

Metode ekstemporan, yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu membuat catatan kecil garis-garis besar konsep pidato atau butir-butir penting yang akan disampaikan. Metode ekstemporan banyak dilakukan oleh sebagain besar seseorang yang berpidato, sebab metode ekstemporan seseorang yang berpidato akan menguasai materi yang disampaiakan dengan mudah.

  1. Memoriter

Metode memoriter, yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu. Metode ini lebih dikenal dengan metode menghafal. Penarapan metode ini sangat cocok bagi seseorang pembelajar pidato, akan tetapi kekuarangnya jika gugup atu down saat tampi berpidato, naskah yang di hafal tersebut akan lupa atau hilang.

Demikianlah ulasan mengenai 4 bentuk metode pelaksanaan berpidato dan penjelasannya, semoga ulasan ini bermanfaat, bagi siapapun yang akan atau pernah melakukan pidato.

5/5 - (1 vote)