3 Ciri Naskah Drama dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Naskah Drama

Setelah pada ulasan sebelumnya kita membahas panjang lebar tentang pengertian drama, contoh drama, dan jenis-jenis sebuah drama. Kemudian pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang ciri khas yang ada dalam naskah drama.

Alasannya mengulas ciri-ciri naskah drama karena pada dasarnya terdapat banyak sekali perbedaan jikalau dibandingkan dengan arti novel atau makna cerpen.

Daftar Isi

Naskah Drama

Naskah teks kepenulisan drama menjadi materi wajib yang harus dipahmi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dimana setiap kepenulisan sistematikanya terdapat konflik beserta unsur yang melekat di dalamnya, namun yang pastinya setiap karya yang dibuat bisa saja fiksi maupun kisah yang benar-benar terjadi dan kemudian di pentaskan dengan berbagai unsur yang harus ada dalam perannya.

Ciri Naskah Drama

Secara garis besar sebuah naskah drama memiliki 3 ciri, diantaranya;

  1. Ciri utama naskah drama, seluruh cerita berbentuk dialog, semua ucapan ditulis dalam teks.
    Contohnya saja dalam kepenulisan ini seperti adanya teks yang mengungkatkan Ardi: Kita bisa selesaikan masalah ini!.
  2. Semua dialog tidak menggunakan tanda petik dua (“….”). Alasannya karena dialog drama bukanlah kalimat langsung. Contoh kepenulisannya misalnya saja Zuqi: Sudahlah! Kamu tidak usah memikirkan ini. Ini bukan masalah yang besar.  Jangan dianggap serius.
  3. Terdapat petunjuk lakuan dalam naskah drama. Prihal ini ciri ini setiap adanya petunjuk ini harus dilakukan  pemain. Ditandai oleh dua tanda kurung. Contohnya saja Ardi : Sudah! Jangan dilanjutkan lagi perkelahian ini. Sebaiknya diselesaikan secara dewasa (sambil berwajah serius).
Kesimpulan

Dari penjelasan tentang ciri naskah drama dana contohnya yang telah disebutkan diatas, dapat disimpulkan bahwasanya sebuah naskah dalam drama memang dibuat atau dibentuk untuk dilakukan oleh seseorang.

Sehingga hal inilah setidaknya mampu untuk membedakan dengan novel atau cerpen, sedangkan pesamaannya drama dan novel atau cerpen ialah sama-sama karangan non fiksi yang dibuat untuk menanamkan sebuah gagasan atau pesan kepada penonton atau pembaca.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri yang ada dalam naskah darama dan contohnya naskah drama, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang akan atau ingin memperdalami tentang drama.

1/5 - (1 vote)