Pengertian Bonus Demografi, Indikator, Manfaat, dan Ancamannya

Diposting pada
pengertian bonus demografi
Pengertian Bonus Demografi

Para ahli banyak yang mengatakan jikalau bonus demografi akan dialami oleh masyarakat Indoesia pada tahun 2020 sampai 2030. Bahkan ada pula yang mengungkapkan bahwa bonus demografi hanya dialami Indonesia sekali seumur hidup.

Oleh karena itulah penting bagi seseorang, baik pelajar, mahasiswa, dosen, akademisi, dan lainnya memahami tentang seluk beluk bonus demografi. Upaya untuk memahami seluk beluk bonus demografi itulah, pada artikel ini akan menberikan penjabaran mengenai pengertian bonus demografi, indikator, dan manfaat beserta ancamannya tentang bonus demografi.

Daftar Isi

Bonus Demografi

Pengertian bonus demografi adalah keadaan tingginya jumlah penduduk  yang usia produktif lebih besar dibandingkan dengan usia tidak produktif. Usia produktif lebih besar dibadingkan usia non produktif itu artinya beban ketergantungan penduduk akan berkurang jikalau dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Banyak Negara yang sukses memaksimalkan keadaan bonus demografi ini. Misalnya saja Negara korea selatan, thaliland, Malaysia, dan nagara-negara lainnya. Akan tetapi banyak pula Negara yang gagal memaksimalkan keadaan bonus demografi, misalnya untuk Negara yang banyak gagal memaksimalkan bonus demografi adalah Negara-negara yang ada di Benua Afrika, seperti ethopia dan lain sebagainya.

Indikator Bonus Demografi

Untuk memahami penjelasan lebih lanjut mengenai indikator bonus demografi. Berikut  beberapa data yang dapat dipergunakan dalam mengtahui indikator keadaan demografi di Indonesia;

  1. Sensus Penduduk

Sensus atau cacah jiwa adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang anggota sebuah populasi. Lembaga yang berwenang melakukan sensus adalah Badan Pusat Statistik (BPS). Dari BPS ini kita dapat mengetahui indikator bonus demografi.

Bentuk Indikator Bonus Demografi

Antara lain;

  1. Jumlah penduduk, usia produktif ebih besar dibandingkan dengan usia non produktif.
  2. Usia produktif lebih besar mengakibatkan beban hidup akan menjadi lebih ringan, karena usia non produktif akan diatanggung oleh usia produktif
  3. Bonus Demografi akan dimulai dengan transisi demografi yang melihat dari hasil sensu sebelunya.

Manfaat Bonus Demografi

Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari keadaan bonus demografi, salah satunya manfaat terbesarnya merubah Indonesia jadi Negara berkembang ke Negara maju. Ini bukan mustahil, sebab dengan keadaan bonus demografi usia kerja di Indonesia lebih  besar dibandingkan usia yang tidak bekerja.

Adapun untuk persyaratan yang dapat mendatangkan keuntungan dari bonus demografi adalah sebagai berikut;

Keuntungan Bonus Demografi

Ada 5 persyaratan agar bonus demografi berubah menjadi keuntungan. Diantranya, yakni;

  1. Kualitas penduduk

Kuantitas penduduk pada saat Indonesia mengalami bonus demografi sudah tidak dapat diragukan lagi, dari jumlahnya bahkan terbesar di Asia Tenggara. Kuantitas tanpa disertai dengan kualitas yang baik tentusaja akan menimbulkan banyak polemik, oleh karenannya indikator bonus demografi yang ada dalam masyarakat harus disertai dengan pendidikan yang baik.

  1. Tersedianya Lapangan Kerja

Lapangan kerja sama satu upaya yang penting dilakukan pada saat Indonesia mengalami bonus demografi, lapangan kerja bisa di dapatkan dengan menarik sejumlah invetor dari negara maju, selain itu juga bisa dilakukan dengan mendorong masyarakat untuk mau berijiwa enterpreneur.

  1. Meningkatkan program KB

Program Keluarga Berecana menjadi salah satu fungsi keluarga menurut BKKBN. Perogram ini dilakukan demi menekan sejumlah pelonjakan pertumbuhan keluarga, dampaknya jika Indonesia tidak menekan jumlah pertumbuhan keluarga maka berbagai masalah sosial akan terjadi, seperti masalah pengangguran serta meningkatnya angka kriminalitas.

  1. Meningkatkan tabungan Keluarga

Tabungan keluarga dalam bonus demografi berfunfsi untuk memberikan investasi di masa depan. Tabungan ini memberikan jaminan bagi generasi penerus untuk bisa lebih produktif dalam mangsa pasar yang kretaif, karena pada saat ini segala sesuatu membuthkan modal.

  1. Mendorong wanita untuk masuk pada lapangan kerja

Wanita indentik dengan seseorang ke-2 dalam keluarga, ataupun dalam politik padahl derajat wanita sama dengan laki-laki, oleh karenanya inidktor bonus demografi harus mampu mendorong wanita untuk bisa bekerja, misalnya saja memalui melalui Indutri kratif.

Ancaman Bonus Demografi

Ancaman bonus demografi akan dialami oleh suatu bangsa, termasuk Indonesia jikalau masyarakatnya mengabaikan tentang IPM (Indeksi Pembangunan Manusia). IPM ini dilihat dari berbagai sisi, yaitu; kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

  1. Kesehatan mengamcam bonus demografi jika bangsa Indonesia misalnya merokok, meminum-miniman keras yang berakibat pada perunan angka kerja. Karena usia produktif akan berubah menjadi usia tidak produktif, sederhananya usia 30 sudah sakit-sakitan, dan lain sebagainya.
  2. Pendidikan, faktor pendidikan yang gagal akan menyebabkan banyaknya masyakat yang menganggur, hal ini dikernakan masyakat tidak dapat bekerja semakismal mungkin. Karena tidak terserap di dunia kerja. Hal ini menjadi ancaman jika bonus demografi tidak diseimbangkan dengan pendidikan.
  3. Ekonomi menjadi penentu suatu Negara dapat memaksimalkan keadaan bonus demografi. Dengan perekonomian yang baik Negara dapat dengan mudah memajukan pendapatan masyarakat, sebaliknya ekonomi yang buruk akan menjadikan masyarakat Indonesia hanya menjadi babu di negri sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian bonus demografi, indikator, dan manfaat beserta ancaman bonus demografi di Indonesia. Semoga ulasan ini dapat memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pemahaman kita tentang “Bonus Demografi“.

5/5 - (2 votes)