11 Pengertian Esai Menurut Para Ahli

Diposting pada

pengertian esai menurut para ahli

Diakui atupun tidak, memahami serta mengerti arti esai menurut ahli ini, setidaknya akan memberikan gambaran mengenai ulasan esai secara mendalam. Bahkan bisa saja dalam sistematika kepenulisannya mengetahui sekaligus mengerti bahwa sepenuhnya essay menjadi bagian daripada arti karya tulis ilmiah.

Disisi lainnya, yang tidak kalah penting jenis kepenulisan esai ini juga menjadi ketentuan pokok yang dipelajari dalam lembaga pendidikan. Karena dengan penulisannya yang baik tak jarang esay turut serta menyumbangkan pemikiran dan mengasah kemampuan kepenulisan.

Daftar Isi

Essay

Arti esai pada dasarnya sudah dikenal sejak lama, bahkan menurut catatan sejarah esai pertama kali dikenal pada tahun 1500-an yang pada saat itu dipelopori oleh seorang filsuf Perancis, yakni Montaigne.

Montaigne menulis sebuah buku yang mencantumkan beberapa anekdot dan observasinya mengenai esai. Adapun untuk di Indonesia sendiri, esai pertamaklinya dipopulerkan oleh HB Jassin melalui berbagai tinjauan karya sastra Indonesia yang kemudian dibukukan dengan sebuah judul “Kesusastraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esai  pada tahun 1985). Hingga pada saat ini istilah esai begitu lekat di hati masyarakat.

Pengertian Esai Menurut Para Ahli

Ada banyak definisi essay menurut para ahli, antara lain;

  1. H.B Jassin, Pengertian bahwa esai adalah uraian tulisan yang membicarakan bermacam ragam masalah, baik politik, sosial, hukum, pertanian dan lain sebaginya. Esai tidak tersusun secara teratur akan tetapi ada garis besar yang dapat dipetik dari bermacam tulisan yang diutarakan.
  2. Umar Muktar, Eesai adalah karangan prosa yang mengupas secara sepintas akan tetapi akurat, padat, dan berisi mengenai berbagai masalah, seperti politik, kesusastraan, seni, dan budaya dari sudut pandang penulisnya.
  3. Soetomo, Esai sebagai karangan pendek mengenai suatu masalah yang yang perhatian publik untuk diselidiki dan dibahas.
  4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Esai sebagai karya tulis atau karangan ilmiah yang dalamnya memaparkan tentang masalah tertentu dari sudut pandang pribadi penulis dengan disertai data yang valid.
  5. Apriliani, Arti esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dan lugas dari sudut pandang penulisnya.
  6. Wikipedia, Esai ialah tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang masalah-masalah tertentu  yang coba ditelaah oleh penulisnya sendiri.
  7. Kuncoro, Mudrajad, Esai adalah komposisi prosa yang singkat dan padat. Di dalam esai mengekspresikan opini penulis tentang subyek tertentu yang disertai dengan data.
  8. Jassin dalam Pujiono, Esai ialah suatu tulisan ilmiah yang membicarkan bermacam ragam masalah, yang tidak tersusun secara sistematis atau teratur.
  9. Fajri dalam Pujiono, Esai adalah suatu tulisan yang menguraikan tentang masalah secara sepintas dari sudut pandang penulisnya sendiri.
  10. Sumardjo, Jakob dan Saini K.M, Esai ialah suatu karangan pendek tentang fakta yang kemudian dikupas menurut pandangan pribadi penulisnya.
  11. Budiman, Arief dalam Djuharie, Arti esai ialah suatu karangan yang sedang panjangnya, biasanya esai dikemukakan seperti bentuk prosa, yang mempersoalkan masalah tertentu secara mudah dan sepintas.
Kesimpulan

Dari berbagai arti diatas, dapatlah dikatakan jikalau esai adalah bagian daripada karya tulis yang sifatnya singkat karena hanya menggambarkan opini seseorang tentang objek masalah yang ingin dinilai melalui jalan pikiran penulisnya sendiri yang biasanya disertai dengan data maupun fakta.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian esai menurut para ahli, semoga tulisan esai para ahli ini dapat memberikan pemahaman sekaligus memberikan wawasan kepada siapapun yang sedang atau ingin menulis esai dengan baik dan benar.

1.3/5 - (121 votes)