8 Jenis Esai dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Esai

Penulis esai yang sudah banyak kita lihat di media, baik media cetak ataupun media online. Pada dasarnya memilki karakteristik tersendiri disetiap tulisannya. Oleh karena itulah penting bagi siapapun yang akan menulis esai mengetahui jenis sistematika dalam kepenulisan esai.

Alasan penting untuk mengetahui jenis esai karena hal tersebut berpengaruh besar terhadap tulisan yang di paparkan atau dikembangkan. Kemudian sebagai penjelasan lebih lanjut tentang macam esai berikut bentuk esai beserta penjelasan lengkapnya.

Daftar Isi

Esai

Tulisan dalam arti esai yang dibuat oleh penulis memiliki karaketristik disetiap tulisannya. Karakteristik tersebut erat kaitannya dengan jenis-jenis esai yang sudah diapaparkan. Tergantung daripada tulisan yang dibuat sehingga mengacu pada salah satu jenis esai.

Jenis Esai

Sistematika dalam kepenulisan esai terdiri atas beberapa jenis. Diantaranya;

  1. Esai Formal

Esai formal dapat diartikan sebagai suatu esai yang ditulis dengan tujuan dan situasi yang resmi, misalnya esai formal ini mengupas tentang topik yang ditujukan kepada pembaca yang serius terhadap disiplin ilmu yang digeluti. Di sini penulis esai formal mengupas secara ilmiah sehingga gaya penulis esai dilakukan dengan mengikuti aturan penulisan yang formal dan runtun (sesuai dengan kaedah kepenulisan esai).

  1. Esai Informal

Esai informal ialah esai yang tujuan dan situasinya tidak resmi kebalikan dari esai formal. Bahasa tulisan esai informal dibuat santai dan ringan. Contoh esai informal ialah mengupas secara tuntas kepada pembaca dengan bahasa yang ringan, bahkan seringkali pula dibumbuhi dengan tulisan humor.

  1. Esai Kritik

Esai kritik dapat diberi pengertian sebagai suatu esai yang menilai baik buruk, manfaat atau tidaknya kebijakan, kelebihan dan kekurangan suatu karya yang ada di dalam masyarakat. Misalnya esai kritik ini ialah seseorang yang menulis kritik tentang suatu karya sastra, penulis dapat membicarakan dan menilai berbagai unsur intrinsik maupun ekstrinsiknya yang diaggap layak untuk dipahami oleh khalayak umum.

  1. Esai Cerita

Esai cerita dapat diberi pengertian sebagai suatu  esai yang bertujuan menghadirkan barang, orang atau sesuatu hal yang dilukiskan di depan angan-angan pembaca, sehingga esai cerita ini si pembaca seperti melihat bentuknya dan merasakannya dengan disertai dengan dalil-dalil atau landasan teori yang disampaikan. Contoh esai cerita ini dapat kit abaca dalam banyak tulisan Emha Ainun Najib.

  1. Esai Argumentatif

Esai argumentatif dapat diberi pengertian sebagai suatu tulisan yng diutarakan untuk meyakinkan pembaca agar menerima ide, pandangan, sikap, atau kepercayaan yang penulis utarakan. Penulis esai argumentatif harus  berusaha menunjukkan agar pembaca berpihak kepada penulis, kemudian berbuat sesuatu hal yang diharapakn oleh si penulisa esai.

  1. Esai Paparan

Esai paparan dapat diberi pengertian sebagai suatu tulisan yang bertujuan menjelaskan suatu hal kepada pembaca, secara sistematis disertai dengan landasan ilmiah. Esai paparan ini hampir sama dengan esai formal karena ada kaedah-kaedah tertentu yang harus dilakukan oleh penulis.

  1. Esai Lukisan

Esai lukisan ialah esai yang tulisannya bertujuan melukiskan atau menggambarkan sesuatu keadaan kepada pembaca, sehingga dalam esai paparan ini si pembaca akan senantisa berusaha untuk memahami hal yang disampaikan oleh penulis.

  1. Esai Ajakan

Esai ajakan yang dikenal dengan persiasif ialah esai yang dapat diartikan sebagai suatu tulisan  yang bertujuan untuk mengajak pembacasecara umum agar mengikuti pendapat yang disampaikan penulis. Esai ajakan biasa juga disebut dengan esai persuasif.

Adapun jikalau mengutip pendapat lain, jenis esai itu ada 4 diantaranya ada esai deskriptif, esai ekspositori, esai naratif, dan esai dokumentatif

Demikialah pembahasan mengenai jenis esai beserta penjelasannya secara langkap. Semoga pembahasan esai ini dapat memberikan pemahaman atau pengetahuan baru bagi siapapun yang ingin menulis sebuah karya ilmiah, seperti essay.

 

Rate this post